Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
VARIASI MENGAJAR

VARIASI MENGAJAR

Ratings: (0)|Views: 698 |Likes:
Published by robinpratama
Referensi Untuk Mahasiswa FKIP Unja
Referensi Untuk Mahasiswa FKIP Unja

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: robinpratama on Mar 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/05/2013

pdf

text

original

 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 Pengertian mengajar adalah penyerahan kebudayaan berupa pengalaman-pengalamankecakapan kepada anak didik atau usaha mewariskan nilai-nilai kebudayaan kepada generasimuda/penerus, sejalan dengan pendapat De Quelyudan Gazali dalam Abdurrahman(1990: 73) mengatakan bahwa belajar adalah menanamkan pengetahuan pada seseorang dengan cara paling singkat dan tepat .Usman (1995: 6) menyatakan mengajar merupakan suatu perbuatan yang memerlukantanggung jawab yang cukup berat, karena berhasilnya pendidikan pada siswa sangat bergantung pada pertanggungjawaban guru dalam melaksanakan tugasnya.Mengajar pada prinsipnya membimbing siswa dalam kegiatan belajar mengajar ataumengandung pengertian bahwa mengajar merupakan suatu usaha mengorganisasi lingkungandalam hubungannya dengan anak didik dan bahan pengajaran yang menimbulkan proses belajar (Usman, 1995: 6). Sejalan denganitu, Hamalik (2001: 8) menyatakan bahwa mengajar adalah usaha guru untuk mengorganisasilingkungan sehingga menciptakan kondisi belajar bagi siswa. Pengertian ini mengandung makna bahwa guru dituntut untuk dapat berperan sebagai organisator kegiatan belajar siswa dan jugahendaknya mampu memanfaatkan lingkungan, baik yang ada di kelas maupun yang ada di luar kelas yang menunjang kegiatan belajar mengajar.
 
Dalam proses mengajar ada variasi bila guru dapat menunjukkan adanya perubahandalam gaya mengajar, media yang digunakan berganti-ganti, dan ada perubahan dalam polainteraksi antara guru-siswa. Variasi lebih bersifat proses daripada produk.
BAB II
 
A. TUJUAN VARIASI MENGAJAR 
 Penggunaan variasi mengajar adalah untuk menarik perhatian para anak didik agar lebih berkonsentrasi kepada pelajaran yang diberikan oleh guru. Tujuan tersebut dapat adaah :1.
 
Meningkatkan dan Memelihara Perhatian Siswa terhadap Relevandi Proses Belajar Mengajar.Perhatian siswa dalam pelajaran yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaranamat penting karena mempengaruhi keberhasilan tujuan belajar mengajar yangditunjukan oleh penguasaan materi pelajaran pada setiap siswa. Indikator penguasaansiswa terhadap materi pelajaran adalah terjadinya perubahan didalam diri siswa.2.
 
Memberikan kesempatan Kemungkinan Berfungsinya MotivasiSiswa tidak akan belajar dengan baik dan tekun jika tidak ada dorongan kuat yangmenggerakan siswa tersebut , dorongan tersebut disebut Motivasi. Oleh sebab itumotivasi memegang peranan penting dalam belajar. Motivasi setiap siswa berbedaterhadap suatu bahan pelajaran , oleh karena itu seorang guru selalu ingin memberikan
 
motivasi terhadap siswa yang kurang memberikan perhatian terhadap materi pelajaranyang diberikan.Motivasi dapat dibedakan berdasarkan timbulnya yaitu :
-
 
Motivasi Intrinsik, motivaasi yang timbul dari diri sendiri
-
 
Motivasi Ekstrinsi yaitu motivasi yang timbul akibat dorongan dari pihak luar dirinyaMasalah akan muncul apabila ada siswa yang tidak ada motivasi di dalam dirinya, makamotivasi ekstrinsik yang merupakan dorongan dari luar dirinya sangat diperlukan, dan peranan guru pada saat seperti ini sebagai alat yang mendorong manusia untuk berbuatdan sebagai arah yang menentukan arah perbuatan dan alat unttuk menyeleksi perbuatan.3.
 
Membentuk sikap positif terhadap guru dan sekolahTanggap siswa kepada gurunya bermacam-macam, masalah akan muncul apabila adasiswa tertentu yang kurang senang terhadap gurunya , yang mengakibatkan bidang pelajaran yang dipegang oleh guru tersebut menjadi tidak disenangi.Ketidak sukaan siswa terhadap guru tersebut mungkin terjadi karena :
-
 
guru tersebut kurang bervariasi dalam mengajar atau
-
 
gaya mengajar guru tidak sejalan dengan gaya belajar siswa.,
-
 
guru kurang dapat menguasai keadaan kelas

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
adambitor1713 liked this
Yudistira liked this
adambitor1713 liked this
Liely Mulyari liked this
Bintang Kecil liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->