Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ketuban Pecah Dini

Ketuban Pecah Dini

Ratings: (0)|Views: 997 |Likes:
Published by Cyntya Harlyana
Premature Rupture of The Membran
Premature Rupture of The Membran

More info:

Published by: Cyntya Harlyana on Mar 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/23/2013

pdf

text

original

 
1
KETUBAN PECAH DINIBAB IPENDAHULUAN
Pengelolaan Ketuban Pecah Dini (KPD) merupakan masalah yang masih kontroversial dalamilmu kebidanan. Pengelolaan yang optimal dan yang baku masih belum ada, selalu berubah.KPD sering kali menimbulkan konsekuensi yang dapat menimbulkan morbiditas danmortalitas pada ibu maupun bayi terutama kematian perinatal yang cukup tinggi. Kematian perinatal yang cukup tinggi ini antara lain disebabkan karena kematian akibat kurang bulan,dan kejadian infeksi yang meningkat karena partus tak maju, partus lama, dan partus buatanyang sering dijumpai pada pengelolaan kasus KPD terutama pada pengelolaan konservatif.Dilema sering terjadi pada pengelolaan KPD dimana harus segera bersikap aktif terutama pada kehamilan yang cukup bulan, atau harus menunggu sampai terjadinya proses persalinan,sehingga masa tunggu akan memanjang berikutnya akan meningkatkan kemungkinanterjadinya infeksi. Sedangkan sikap konservatif ini sebaiknya dilakukan pada KPD kehamilankurang bulan dengan harapan tercapainya pematangan paru dan berat badan janin yangcukup.Ada 2 komplikasi yang sering terjadi pada KPD, yaitu : pertama, infeksi, karena ketubanyang utuh merupakan barier atau penghalang terhadap masuknya penyebab infeksi. Dengantidak adanya selaput ketuban seperti pada KPD, flora vagina yang normal ada bisa menjadi patogen yang akan membahayakan baik pada ibu maupun pada janinnya. Oleh karena itumembutuhkan pengelolaan yang agresif seperti diinduksi untuk mempercepat persalinandengan maksud untuk mengurangi kemungkinan resiko terjadinya infeksi ; kedua, adalahkurang bulan atau prematuritas, karena KPD sering terjadi pada kehamilan kurang bulan.Masalah yang sering timbul pada bayi yang kurang bulan adalah gejala sesak nafas ataurespiratory Distress Syndrom (RDS) yang disebabkan karena belum masaknya paru.
 
2
 
BAB IIPEMBAHASAN
2.1 Definisi.Ketuban Pecah Dini (
amniorrhexis ± premature rupture of the membrane
PROM )adalah pecahnya selaput korioamniotik sebelum terjadi proses persalinan. Secara klinisdiagnosa KPD ditegakkan bila seorang ibu hamil mengalami pecah selaput ketuban dandalam waktu satu jam kemudian tidak terdapat tanda awal persalinan, dengan demikianuntuk kepentingan klinis waktu 1 jam tersebut merupakan waktu yang disediakan untuk melakukan pengamatan adanya tanda-tanda awal persalinan. Bila terjadi pada kehamilan< 37 minggu maka peristiwa tersebut disebut KPD Preterm (PPROM =
 preterm premature rupture of the membrane - preterm amniorrhexis.
Pengertian KPD menurut WHO yaitu Rupture of the membranes before the onsetof labour. Hacker (2001) mendefinisikan KPD sebagai amnioreksis sebelum permulaan persalinan pada setiap tahap kehamilan. Sedangkan Mochtar (1998) mengatakan bahwaKPD adalah pecahnya ketuban sebelum in partu, yaitu bila pembukaan pada primikurang dari 3 cm dan pada multipara kurang dari 5 cm. Hakimi (2003) mendefinisikanKPD sebagai ketuban yang pecah spontan 1 jam atau lebih sebelum dimulainya persalinan.Periode Laten : adalah
interval waktu
dari kejadian pecahnya selaputchorioamniotik dengan awal persalinan.Arti klinis Ketuban Pecah Dini adalah :1.
 
Bila bagian terendah janin masih belum masuk pintu atas panggul maka kemungkinanterjadinya prolapsus talipusat atau kompresi talipusat menjadi besar.2.
 
Peristiwa KPD yang terjadi pada primigravida hamil aterm dengan bagian terendahyang masih belum masuk pintu atas panggul seringkali merupakan tanda adanyagangguan keseimbangan feto pelvik..
 
3
 
3.
 
KPD seringkali diikuti dengan adanya tanda-tanda persalinan sehingga dapat memicuterjadinya persalinan preterm dengan segala akibatnya.4.
 
Peristiwa KPD yang berlangsung lebih dari 24 jam (
prolonged rupture of membrane
)seringkali disertai dengan infeksi intrauterine dengan segala akibatnya.5.
 
Peristiwa KPD dapat menyebabkan oligohidramnion dan dalam jangka panjangkejadian ini akan dapat menyebabkan hilangnya fungsi amnion bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.2.2 EpidemiologiBeberapa peneliti melaporkan insidensi KPD berkisar antara 8 ± 10 % dari semuakehamilan. Hal ini menunjukkan, KPD lebih banyak terjadi pada kehamilan yang cukup bulan dari pada yang kurang bulan, yaitu sekitar 95 %, sedangkan pada kehamilan tidak cukup bulan atau KPD pada kehamilan preterm terjadi sekitar 34 % semua kelahiran prematur.KPD merupakan komplikasi yang berhubungan dengan kehamilan kurang bulan,dan mempunyai kontribusi yang besar pada angka kematian perinatal pada bayi yangkurang bulan. Pengelolaan KPD pada kehamilan kurang dari 34 minggu bertujuan untuk menghilangkan kemungkinan terjadinya prematuritas dan
 R
espiratory Distress Syndrom
 (RDS).2.3 EtiologiEtiologi terjadinya ketuban pecah dini tidak jelas dan tidak dapat ditentukan secara pasti. Beberapa laporan menyebutkan faktor-faktor yang berhubungan erat dengan KPD,namun faktor-faktor mana yang lebih berperan sulit diketahui. Kemungkinan yangmenjadi faktor predesposisi adalah :1.
 
Infeksi yang terjadi secara langsung pada selaput ketuban maupun ascenden darivagina atau infeksi pada cairan ketuban bisa menyebabkan terjadinya KPD. Penelitianmenunjukkan infeksi sebagai penyebab utama ketuban pecah dini.2. Servik yang inkompetensia, kanalis sevikalis yang selalu terbuka oleh karena kelainan pada serviks uteri (akibat persalinan, kuretase).

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hanaya Humairah liked this
Jeffri Andhika liked this
innomad liked this
yudhikaiway liked this
R'punzel Curly liked this
Faraha Daud liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->