Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
100Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH Klp 4 Ekologi (Irmawan)

MAKALAH Klp 4 Ekologi (Irmawan)

Ratings:

4.8

(49)
|Views: 10,827 |Likes:
Published by anon-279821

More info:

Published by: anon-279821 on Nov 24, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2013

pdf

text

original

 
MAKALAHMT KULIAH : EKOLOGI PERAIRAN LANJUTAN
SIKLUS MATERI DAN ALIRAN NUTRIEN PADAEKOSISTEM ESTUARIA
KELOMPOK IV :IQBAL CAHYADI S M (P33002 08 0011)IRMAWAN SYAFITRIANTO (P33002 08 004)SITTI FARIDA (P33002 08 006)FATTIMA (P33002 08 00 )
PROGRAM STUDI ILMU PERIKANANPROGRAM PASCASARJANA (MAGISTER)UNIVERSITAS HASANUDDINMAKASSAR2008
I.PENDAHULUAN
 
1.1 Latar Belakang
Ekologis pertama kali diperkenalkan oleh seorang bangsa Jerman bernamaErnst Haeckel pada tahun 1870, dimana dalam tulisannya dikemukakan bahwaekologi berasal dari bahasa Yunani yaitu “Oikos” berarti lingkungan tempat hidupdan “Logos” yang berarti ilmu. Sehingga ekologi dapat didefinisikan sebagai ilmuyang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme hidup denganlingkungannya (Dirjen Perikanan Deptan 1984).Lingkungan mempunyai arti luas, antara lain menyangkut sifat fisika dansifat kimia tempat tinggal organisme tersebut. Sedang orgnisme adalah sesuatuyang hidup atau mahkluk hidup yang pada umumnya terdiri dari individu. Individusejenis akan membentuk populasi. Berbagai populasi organisme yangmenempati daerah tertentu membentuk suatu komunitas. Bila mana komunitastersebut dengan lingkungannya (abiotik) berfungsi bersama-sama terbentukekosistem. Jadi ekosistem terbatas pada suatu daerah tertentu dari alam, terdiridari mahkluk hidup dan benda mati yang berhubungan erat dan salingmempengaruhi (berintegrasi) untuk membentuk suatu keadaan tertentu yanglebih kompleks antara bagian yang hidup dan bagian yang mati.Ekosistem atau kawasasan pesisir pantai merupakan daerah terjadinyainteraksi antara tiga unsur alam utama yaitu daratan, perairan dan udara. Bentukekosistem pesisir pantai yang dijumpai sekarang merupakan keseimbangandinamik dari proses penghancuran dan pembentukan dari ketiga unsur alamtersebut. Sebagai tempat peralihan antara daratan dan laut, dimana kawasan iniditandai oleh kelandaian (
gradient 
) perubahan ekologi yang tajam. Ekosistempantai ini juga sebagai zona penyangga (
buffer zone
) bagi banyak hewan yangberimigrasi (ikan, udang, dan burung) untuk mencari makan, berkembang biakdan membesarkan anaknya (Pariwono, 1996, dalam Fachrul. M.F, 2007).
 
Estuaria adalah ekosistem yang kompleks sebab merupakan tempatpertemuan antara limpasan air sungai yang bersifat tawar dan air laut yang asin.Keadaan ini menyebabkan estuaria umumnya memiliki kisaran variasi salinitasyang tinggi sehingga didiami organisme yang bervariasi dari waktu ke waktu.Estuaria juga menerima pasokan nutrien yang besar dari daratan yang terbawaoleh arus sungai. Oleh sebab itu estuaria merupakan wilayah yang subur dandisukai oleh terutama pada periode larva hingga juvenil. Disamping membawapasokan nutrien, masukan air tawar ikut pula membawa pencemar dari daratyang menyebabkan estuaria menjadi tempat yang tidak layak untuk didiami olehorganisme.Posisi penting estuaria tersebut tidak lantas menyebabkan estuariamendapatkan perhatian khusus dari masyarakat, pemerintah maupun akademisidi Indonesia. Hal ini terlihat dari minimnya kajian-kajian mengenai estuariatermasuk siklus materi dan aliran nutrient. Mengingat pentingnya pemahamantentang hal tersebut, maka dianggap perlu untuk menyusun makalah danmelakukan presentase tentang siklus materi dan aliran nutrient pada estuaria.
1.2 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah dengan judul
Siklus Materi Dan AliranNutrient Ekosistem Estuaria
adalah untuk meningkatkan pengetahuan danwawasan dalam hal kondisi dan pengelolaan ekosistem estuaria.Adapun kegunaanya adalah akan menjadi bahan referensi bagi yangmemerlukannya. Selain itu, merupakan salah satu persyaratan dalammenyelesaikan mata kuliah Ekologi Perairan Lanjutan pada program studi IlmuPerikanan Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin.

Activity (100)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
MeLy' Zhaa liked this
Delvi Dwi Sandra liked this
Wayan Ema Astuti liked this
duh mang ga bisa di edit yahhhhh..........musti bayar yah???
Tzu Ghenk Leong liked this
Astryanti Arfah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->