Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab 2

Bab 2

Ratings: (0)|Views: 74 |Likes:

More info:

Published by: Herdy Taimenas Bungzu on Mar 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/04/2012

pdf

text

original

 
2. TINJAUAN PUSTAKA
 
2.1
 
Pengertian Kapal
Menurut KEPRES nomor 51 tahun 2002, kapal adalah kendaraan airdengan bentuk dan jenis apapun, yang digerakan dengan tenaga mekanik, tenagaangin, atau ditunda, termasuk kendaraan yang berdaya dukung dinamis, kendaraandibawah permukaan air, serta alat apung dan bangunan terapung yang tidak berpindah-pindah.Menurut KEPMEN nomor: KEP. 02/MEN/2002 kapal perikanan adalahkapal atau perahu atau alat apung lainnya yang digunakan untuk melakukanpenangkapan ikan termasuk survei atau eksplorasi kelautan.Klasifikasi kapal perikanan baik ukuran, bentuk, kecepatan maupunkonstruksinya sangat ditentukan oleh peruntukan kapal perikanan tersebut.Demikian pula dengan kapal penangkap, masing-masing memiliki ciri khas,ukuran, bentuk, kecepatan dan perlengkapan yang berbeda.Kapal perikanan secara umum terdiri dari: kapal penangkap ikan, kapalpengangkut hasil tangkapan, kapal survei, kapal latih dan kapal pengawasperikanan.1.
 
Kapal Penangkap IkanKapal penangkap ikan adalah kapal yang dikonstruksi dan digunakankhusus untuk menangkap ikan sesuai dengan alat penangkap dan teknik penangkapan ikan yang digunakan termasuk menampung, menyimpan danmengawetkan.2.
 
Kapal Pengangkut Hasil TangkapanKapal pengangkut hasil tangkapan adalah kapal yang dikonstruksi secarakhusus, dilengkapi dengan palkah khusus yang digunakan untuk menampung, menyimpan, mengawetkan dan mengangkut ikan hasiltangkapan.3.
 
Kapal SurveiKapal survei adalah kapal yang dikonstruksi khusus untuk melakukankegiatan survei perikanan dan kelautan.4.
 
Kapal Latih
 
Kapal latih adalah kapal yang dikonstruksi khusus untuk pelatihanpenangkapan ikan.5.
 
Kapal Pengawas PerikananKapal pengawas perikanan adalah kapal yang dikonstruksi khusus untuk kegiatan pengawasan kapal-kapal perikanan.
2.2
 
Bentuk Kapal Penangkapan Ikan Berdasarkan Alat tangkap
Menurut Umar Tangke (2011), kapal penangkap ikan berdasarkan alattangkapnya dapat dibedakan menjadi:1.
 
Kapal Pukat HelaKapal penangkap ikan yang mengoperasikan pukat hela yang dilengkapidengan salah satu atau beberapa perlengkapan penangkapan ikan berupapangsi pukat, penggantung, tempat peluncur dan batang renang.2.
 
Kapal Pukat CincinKapal penangkap ikan yang mengoperasikan pukat cincin yang dilengkapidengan salah satu atau beberapa perlengkapan penangkapan ikan berupablok daya, derek tali kerut, sekoci kerja dan tempat peluncur.3.
 
Kapal Penggaruk Kapal penangkap ikan yang mengoperasikan alat tangkap penggaruk yangdilengkapi dengan salah satu atau beberapa perlengkapan penangkapanikan berupa pangsi penggaruk dan batang rentang.4.
 
Kapal Jaring AngkatKapal penangkap ikan yang mengoperasikan alat tangkap jaring angkatyang dilengkapi dengan salah satu atau beberapa perlengkapanpenangkapan ikan berupa pangsi jaring angkat, batang rentang depan danbelakang serta lampu pengumpul ikan.5.
 
Kapal Jaring InsangKapal pengakap ikan yang mengoperasikan alat tangkap jaring insangyang dilengkapi dengan perlengkapan penangkapan ikan berupa pangsipenggulung jaring.
 
6.
 
Kapal Pemasang PerangkapKapal penangkap ikan yang mmengoperasikan alat tangkap ikan denganperangkap yang dilengkapi perlengkapan penangkapan ikan berupa pangsipenarik tali perangkap.7.
 
Kapal PancingKapal penangkap ikan yang dipergunakan untuk mengoperasikan pancingyang dilengkapi dengan salah satu atau beberapa perlengkapanpenangkapan ikan berupa penarik/penggulung tali
(line hauler)
, pengaturtali, pelempar tali, bangku umpan, ban berjalan, bak umpan hidup ataumati dan alat penyemprot air kapal
long line
kapal
 pole and line (huhate)
8.
 
Kapal dengan PompaKapal penangkap ikan yang mengoperasikan pompa penyedot untuk menangkap ikan.9.
 
Kapal Serba Guna
(Multi Purpose)
 Kapal penangkap ikan yang mengoperasikan lebih dari 1 alat penangkapanikan yang dilengkapi dengan salah satu atau beberapa perlengkapanpenangkapan ikan yang sesuai dengan jenis alat penangkapan ikan yangdigunakan.
2.3 Bagian-bagian Kapal
Menurut Pasaribu (1995), bagian-bagian kapal yang penting ditunjukkandalam gambar berikut, gambar ini tidak berbeda banyak dari kapal sungai.(Gambar 1. Bagian-bagian Kapal) (Sumber: Google Image)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->