Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dan Supervisor

Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dan Supervisor

Ratings: (0)|Views: 103 |Likes:
Published by thofamauludin

More info:

Published by: thofamauludin on Mar 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2012

pdf

text

original

 
Kepala Sekolah sebagai Administrator dan Supervisor
A.
 
Administrasi dan Supervisi Pendidikan
 Menurut Sondang P. Siagian, administrasi adalah keseluruhan proseskerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu,untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
 Sedangkan menurut Ars. The Liang Gie dalam Pengertian Kedudukan danIlmu Administrasi mengataknan bahwa administrasi adalah segenap rangkaiankegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilaksanakan oleh sekelompokorang dalam bekerjasama untuk mencpai tujuan tertentu.
 Menurut Drs. M. Ngalim Purwanto dalam Administrasi pendidikan, adalahsegenap proses pengarahan dan pengintegrasian segala sesuatu baik personel,spiritual dan material yang bersangkut paut dengan pencapain tujuan pendidikan.
 Dari pengertian administrasi di atas dapat disimpulkan bahwa administrasipendidikan adalah suatu ilmu tentang penyelenggaraan pendidikan di sekolah, agartercapai tujuan pendidikan di sekolah itu.Di atas telah dikemukakan pengertian administrasi pendidikan, maka kita perlumelengkapi dengan pengertian supervisi. Menurut Drs. M. Ngalim Purwanto dalamAdministrasi Pendidikan, supervisi adalah suatu aktivitas pembinaan yangdirencanakan untuk membantu para guru dan pegawai lainnya dalam melakukanpekerjaan mereka secara efektif.
 Menurut N.A. Ametembun dalam supervisi Pendidikan, supervisi pendidikanadalah pembinaan ke arah perbaikan situasi pendidikan. Pembinaan bermaksudberupa bimbingan atau tuntutan ke arah situasi pendidikan termasuk pengajaranpada umumnya, dan peningkatan mutu belajar mengajar pada khususnya.
 Dari kedua pengertian di atas dapat disimpulkan pengertian supervisipendidikan adalah pembinaan yang direncanakan dalam perbaikan situasipengajaran dengan lebih meningkatkan pendayagunaan sumber personel danmaterial dalam pencapain tujuan pendidikan secara lebih efektif dan efisien.
B.
 
Kepala Sekolah
 
 
1.
 
Pengertian kepala sekolah
 Kepala sekolah adalah guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepalasekolah. (Sudarman 2002: 145).
 Meskipun sebagai guru yang mendapat tugastambahan, kepala sekolah merupakan orang yang paling betanggung jawab terhadapaplikasi prinsip-prinsip administrasi pendidikan yang inovatif di sekolah.Sebagai orang yang mendapat tugas tambahan berarti tugas pokok kepalasekolah tersebut adalah guru yaitu sebagai tenaga pengajar dan pendidik, di siniberarti dalam suatu sekolah seorang kepala sekolah harus mempunyai tugas sebagaiseorang guru yang melaksanakan atau memberikan pelajaran atau mengajar bidangstudi tertentu atau memberikan bimbingan. Berarti kepala sekolah menduduki duafungsi yaitu sebagai tenaga kependidikan dan tenaga pendidik.Namun ketika memperhatikan pasal-pasal pada Permendiknas Nomor 13Tahun 2007 ternyata para Calon Kepala Sekolah dihadapkan pada penafsiranganda. Artinya kualifikasi dan kompetensi tersebut bisa diartikan sebagai syaratmemasuki wilayah profesi kepala sekolah. Setelah yang bersangkutan diangkatsebagai kepala sekolah maka statusnya sebagai pendidik/ guru menjadi lepas.Namun bisa pula ditafsirkan sebagai memperkuat status lama yakni "hanya" seorangguru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah. Jika itu yang terjadi makasebelah kakinya masih menginjakkan ke wilayah profesi guru, dan sebelah lagimenginjak profesi kepala sekolah.Berarti seorang Kepala Sekolah walaupun dipersyaratkan harus berasal dariseorang guru namun setelah diangkat sebagai kepala sekolah maka yangbersangkutan sebaiknya tidak lagi berstatus Guru / Pendidik melainkan sebagaiTenaga Kependidikan/ Kepala Sekolah Profesional dengan tugas dan fungsi yangsudah jelas memerlukan perhatian khusus layaknya profesi kependidikan lain sepertiPengawas Sekolah, Laboran, dan Pustakawan. 
 Seorang kepala sekolah pada hakekatnya adalah pemimpin yangmenggerakkan, mempengaruhi, memberi motivasi, serta mengarahkan orang didalam organisasi atau lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan yang telahditentukan sebelumnya.
2.
 
Kompetensi kepala sekolah
 
 
Para pakar pendidikan dan administrasi pendidikan cendrung sependapatbahwa kemajuan besar dalam bidang pendidikan hanya mungkin dicapai jikaadministrasi pendidikan itu sendiri dikelola secara inovatif serta bertanggung jawabdalam merencanakan dan melaksanakan administrasi tersebut di suatu sekolah.Untuk itu kepala sekolah harus memiliki kemampuan professional yang menurutSanusi ada empat kemampuan profesional kepala sekolah yaitu:a.
 
Kemampuan untuk menjalankan tanggung jawab yang diserahkan kepadanya selakuunit kehadiran murid.b.
 
Kemampuan untuk menerapkan keterampilan-keterampilan konseptual, manusiawi,dan teknis pada kedudukan jenis ini.c.
 
Kemampuan untuk memotivasi para bawahan untuk bekerja sama secara sukareladalam mencapai maksud-maksud unit dan organisasi.d.
 
Kemamapuan untuk memahami implikasi-implikasi dari perubahan social, ekonomis,politik, dan educational; arti yang mereka sumbangkan kepada unit; untuk memulaidan memimpin perubahan-perubahan yang cocok di dalam unit didasarkan atasperubahan-perubahan social yang luas.(2002 :133)
 Sedangkan menurut PERMEN DINKNAS No 13 tahun 2007 tentang Standarkepala sekolah/ Madrasah, kepala sekolah harus memiliki kompetensi ataukemampuan yang meliputi:a.
 
Kompetensi Kepribadianb.
 
Kompetensi Manajerialc.
 
Kompetensi Kewirausahaand.
 
Kompetensi Supervisie.
 
Kompetensi Sosial
3.
 
Tugas dan fungsi kepala sekolah
 Stoop & Johnson (1967) mengemukakan empat belas peranan kepala sekolahdasar, yaitu:a.
 
kepala sekolah sebagai business manager,b.
 
kepala sekolah sebagai pengelola kantor,c.
 
kepala sekolah sebagai administrator,d.
 
kepala sekolah sebagai pemimpin profesional,

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->