Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Aliran Dalam Seni Rupa

Aliran Dalam Seni Rupa

Ratings: (0)|Views: 547 |Likes:
Published by giriiiii

More info:

Published by: giriiiii on Mar 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2013

pdf

text

original

 
Berbagai aliran dalam seni rupa berkembang terus dari jaman ke jaman, antaralain :
 Aliran ini merupakan suatu aliran seni rupa yang mengutamakan kesesuaiandengan keadaan mahluk hidup, alam, dan benda mati sebenarnya. Contoh yangpaling terlihat adalah pada lukisan potret diri, pemandangan alam, ataulandscape. Tokoh-tokoh dalam Naturalisme adalah : Soeboer Doellah, WilliamBlis Baker,, Hokusai, Frasco Mural, Basuki Abdullah, William Hogart, Frans Hail.
 Aliran ini menunjukkan suatu keadaan sosial yang sesungguhnya dan biasanyamemprihatinkan dan sedang bergejolak di dunia atau suatu tempat tertentu.Contoh aliran seni rupa ini antara lain melukiskan kemiskinan, kesedihan, atauperistiwa yang memilukan. Tokoh-tokoh dalam Realisme adalah : Karl Biullov,Ford Madox Brown, William Harnet, Jean Francois Millet, Alexander Gierynski,Nikolai Ge, Edgar Degas, Trisno Soemardjo, Basuki Abdullah.
 Aliran ini umumnya ditandai oleh tema-tema yang fantastis, penuh khayal, ataupetualangan para pahlawan purba. Juga banyak menampilkan berbagai perilakudan karakter manusia yang dilebih-lebihkan.Para pelukis ini antara lain Eugene delacroik (1798-1963), Jean Baptiste CamilleCorot(1796-1875) dan Rousseau (1812-1876). Gaya ini juga berkembang diJerman, Belanda, dan Perancis. Aliran Romantisme merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modernIndonesia. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenanganromantis dan keindahan di setiap objeknya. Pemandangan alam adalah objekyang sering diambil sebagai latar belakang lukisan.
 
Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda danditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri di zamankolonial. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Raden Saleh.
 Aliran ini dalam dunia seni rupa berawal dari ungkapan yang mengejek padakarya Claude Monet (1840-1926) pada saat pameran di Paris tahun 1874. Karyaini menggambarkan bunga teratai dipagi hari yang ditampilkan dalam bentukyang samar dan warna kabur dan oleh sebagian kritikus seni disebut sebagai“impresionistik “, suatu lukisan yang menampilakan bentuk yang sederhana danterlampau biasa.
 Adalah suatu aliran dalam seni rupa yang melukiskan suasana kesedihan,kekerasan, kebahagiaan, atau keceriaan dalam ungkapan rupa yang emosionaldan ekspresif. Salah seorang pelukis yang beraliran Ekspresionisme adalahVincent van Gogh (1853-1890). Lukisan lukisannya penuh dengan ekpresigejolak jiwa yang diakibatkan oleh penderitaan dan kegagalan dalam hidup.salahsatu lukisan nya yang terkenal adalah “Malam Penuh Bintang “(1889), yangmengekspresikan gairah yang tinggi sekaligus perasaan kesepian. Tokoh dalamEkspresionisme salah satunya adalah Affandi.
Kubisme adalah suatu aliran dalam seni rupa yang bertitik tolak daripenyederhanaan bentuk-bentuk alam secara geometris (berkotak-kotak). Padatahun 1909 berkembang aliran kubisme Analistis yang mengembangkan konsepdimensi empat dalam seni lukis. Dan dimengerti sebagai konsep dimensi ruangdan waktu dalam lukisan.
 
Pada setiap sudut lukisan terlihat objek yang dipecah-pecah dengan posisi waktuyang berbeda. Sedangkan Kubisme Sintetis, pelukisannya disusun denganbidang yang berlainan yang saling tumpang dan tembus. Adalah aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek kedalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu. Salah satutokoh terkenal dari aliran ini adalah Pablo Picasso.
 Aliran seni ini awalnya berkembang di Rusia penggagasnya antara lain Vladimir Tattin, Antoine Pevsner, dan Naum Gabo. Gaya ini mengetengahkan berbagaikarya seni berbentuk tiga dimensional namun wujudnya abstrak. Bahan-bahanyang dipergunakan adalah bahan modern seperti besi beton, kawat, bahkanplastik.
Seni ini menampilkan unsur-unsur seni rupa yang disusun tidak terbatas padabentuk-bentuk yang ada di alam. Garis, bentuk, dan warna ditampilkan tanpamengindahkan bentuk asli di alam. Kadinsky dan Piet Mondrian marupakansebagian perupa beraliran abstrak ini. Seni Abstrak ini pada dasarnya berusahamemurnikan karya seni, tanpa terikat dengan wujud di alam.Dalam seni, abstrakterbagidua kategori besar yaitu:a. Abstrak ekspresionismeDi Amerika abstrak ini terdapat dua kecenderungan yaitu:- Color Field Painting, yaitu lukisan yang menampilkan bidang-bidang lebar dan warnayang cerah. Pelopornya : Mark Rothko,Clyfford Stll, Adolf Got Lieb, Robert Montherwell dan BornetNewman.- Action Painting, yaitu lukisan yang tidak memerhatikan bentuk,yang penting adalah aksiatau cara dalammelukiskannya.Tokohnya adalah : Jackson Polack, Willem deKoning FransKliner dan; adik Twarkov.Di Perancis abstrak ekspresionisme diikuti oleh : H. Hartum

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fahrul Bahari liked this
Fahrul Bahari liked this
Chantqa Dinda P liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->