Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengaruh Globalisasi Terhadap Budaya Nasional

Pengaruh Globalisasi Terhadap Budaya Nasional

Ratings: (0)|Views: 447 |Likes:
Published by Sami Aji

More info:

Published by: Sami Aji on Mar 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/24/2012

pdf

text

original

 
PENGARUH GLOBALISASI TERHADAPBUDAYA NASIONAL
URAIAN ISI
A. GLOBALISASI DAN BUDAYA
Gaung globalisasi, yang sudah mulai terasa sejak akhir abad ke-20, telahmembuat masyarakat dunia, termasuk bangsa Indonesia harus bersiap-siapmenerima kenyataan masuknya pengaruh luar terhadap seluruh aspek kehidupanbangsa. Salah satu aspek yang terpengaruh adalah kebudayaan. Terkait dengankebudayaan, kebudayaan dapat diartikan sebagai nilai-nilai (values) yang dianutoleh masyarakat ataupun persepsi yang dimiliki oleh warga masyarakat terhadapberbagai hal. Atau kebudayaan juga dapat didefinisikan sebagai wujudnya, yangmencakup gagasan atau ide, kelakuan dan hasil kelakuan (Koentjaraningrat),dimana hal-hal tersebut terwujud dalam kesenian tradisional kita. Oleh karena itunilai-nilai maupun persepsi berkaitan dengan aspek-aspek kejiwaan ataupsikologis, yaitu apa yang terdapat dalam alam pikiran. Aspek-aspek kejiwaan inimenjadi penting artinya apabila disadari, bahwa tingkah laku seseorang sangatdipengaruhi oleh apa yang ada dalam alam pikiran orang yang bersangkutan.Sebagai salah satu hasil pemikiran dan penemuan seseorang adalahkesenian, yang merupakan subsistem dari kebudayaan Bagi bangsa Indonesiaaspek kebudayaan merupakan salah satu kekuatan bangsa yang memiliki kekayaannilai yang beragam, termasuk keseniannya. Kesenian rakyat, salah satu bagian darikebudayaan bangsa Indonesia tidak luput dari pengaruh globalisasi. Globalisasidalam kebudayaan dapat berkembang dengan cepat, hal ini tentunya dipengaruhioleh adanya kecepatan dan kemudahan dalam memperoleh akses komunikasi danberita namun hal ini justru menjadi bumerang tersendiri dan menjadi suatumasalah yang paling krusial atau penting dalam globalisasi, yaitu kenyataan bahwaperkembangan ilmu pengertahuan dikuasai oleh negara-negara maju, bukannegara-negara berkembang seperti Indonesia.
 
Mereka yang memiliki dan mampu menggerakkan komunikasi internasional justru negara-negara maju. Akibatnya, negara-negara berkembang, sepertiIndonesia selalu khawatir akan tertinggal dalam arus globalisai dalam berbagaibidang seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, termasuk kesenian kita. Wacanaglobalisasi sebagai sebuah proses ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmupengetahuan dan teknologi sehingga ia mampu mengubah dunia secara mendasar.Komunikasi dan transportasi internasional telah menghilangkan batas-batasbudaya setiap bangsa. Kebudayaan setiap bangsa cenderung mengarah kepadaglobalisasi dan menjadi peradaban dunia sehingga melibatkan manusia secaramenyeluruh.Simon Kemoni, sosiolog asal Kenya mengatakan bahwa globalisasi dalambentuk yang alami akan meninggikan berbagai budaya dan nilai-nilai budaya. Dalamproses alami ini, setiap bangsa akan berusaha menyesuaikan budaya merekadengan perkembangan baru sehingga mereka dapat melanjutkan kehidupan danmenghindari kehancuran. Tetapi, menurut Simon Kimoni, dalam proses ini, negara-negara harus memperkokoh dimensi budaya mereka dan memelihara strukturnilai-nilainya agar tidak dieliminasi oleh budaya asing. Dalam rangka ini, berbagaibangsa haruslah mendapatkan informasi ilmiah yang bermanfaat dan menambahpengalaman mereka. Terkait dengan seni dan budaya, Seorang penulis asal Kenyabernama Ngugi Wa Thiong’o menyebutkan bahwa perilaku dunia Barat, khususnyaAmerika seolah-olah sedang melemparkan bom budaya terhadap rakyat dunia.Mereka berusaha untuk menghancurkan tradisi dan bahasa pribumi sehinggabangsa-bangsa tersebut kebingungan dalam upaya mencari indentitas budayanasionalnya. Penulis Kenya ini meyakini bahwa budaya asing yang berkuasa diberbagai bangsa, yang dahulu dipaksakan melalui imperialisme, kini dilakukandalam bentuk yang lebih luas dengan nama globalisasi.
B. GLOBALISASI DALAM KEBUDAYAAN TRADISIONAL DI INDONESIA
Proses saling mempengaruhi adalah gejala yang wajar dalam interaksi antarmasyarakat. Melalui interaksi dengan berbagai masyarakat lain, bangsa Indonesiaataupun kelompok-kelompok masyarakat yang mendiami nusantara (sebelumIndonesia terbentuk) telah mengalami proses dipengaruhi dan mempengaruhi.Kemampuan berubah merupakan sifat yang penting dalam kebudayaan manusia.
 
Tanpa itu kebudayaan tidak mampu menyesuaikan diri dengan keadaan yangsenantiasa berubah. Perubahan yang terjadi saat ini berlangsung begitu cepat.Hanya dalam jangka waktu satu generasi banyak negara-negara berkembang telahberusaha melaksanakan perubahan kebudayaan, padahal di negara-negara majuperubahan demikian berlangsung selama beberapa generasi. Pada hakekatnyabangsa Indonesia, juga bangsa-bangsa lain, berkembang karena adanya pengaruh-pengaruh luar. Kemajuan bisa dihasilkan oleh interaksi dengan pihak luar, halinilah yang terjadi dalam proses globalisasi. Oleh karena itu, globalisasi bukanhanya soal ekonomi namun juga terkait dengan masalah atau isu makna budayadimana nilai dan makna yang terlekat di dalamnya masih tetap berarti.Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang majemuk dalamberbagai hal, seperti anekaragaman budaya, lingkungan alam, dan wilayahgeografisnya. Keanekaragaman masyarakat Indonesia ini dapat dicerminkan puladalam berbagai ekspresi keseniannya. Dengan perkataan lain, dapat dikatakan pulabahwa berbagai kelompok masyarakat di Indonesia dapat mengembangkankeseniannya yang sangat khas. Kesenian yang dikembangkannya itu menjadi model-model pengetahuan dalam masyarakat.
C. PERUBAHAN BUDAYA DALAM GLOBALISASI ; KESENIAN YANGBERTAHAN DAN YANG TERSISIHKAN
Perubahan budaya yang terjadi di dalam masyarakat tradisional, yakniperubahan dari masyarakat tertutup menjadi masyarakat yang lebih terbuka, darinilai-nilai yang bersifat homogen menuju pluralisme nilai dan norma socialmerupakan salh satu dampak dari adanya globalisasi.Ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah dunia secara mendasar.Komunikasi dan sarana transportasi internasional telah menghilangkan batas-batas budaya setiap bangsa. Kebudayaan setiap bangsa cenderung mengarahkepada globalisasi dan menjadi peradaban dunia sehingga melibatkan manusiasecara menyeluruh. Misalnya saja khusus dalam bidang hiburan massa atauhiburan yang bersifat masal, makna globalisasi itu sudah sedemikian terasa.Sekarang ini setiap hari kita bisa menyimak tayangan film di tv yang bermuaradari negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea, dll melalui

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
manarul91 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->