Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teori Sampling dan Estimasi

Teori Sampling dan Estimasi

Ratings: (0)|Views: 1,421 |Likes:
Published by Sami Aji

More info:

Published by: Sami Aji on Mar 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/29/2013

pdf

text

original

 
Teori Sampling dan Estimasi
1
 
BAB IPENDAHULUAN
Kata statistik berasal dari bahasa latin, yaitu statis yang berarti Negara atau untuk menyatakan hal-hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan, yang berkaitan denganangka mengenai penduduk suatu Negara dan pendapatan masyarakat termasuk kumpulanangka yang dibutuhkan untuk menyelesaikan beberapa masalah.Dengan berkembangnya zaman, cakupan statistik tidak hanya bertumpu padaangka-angka untuk pemerintahan saja, tetapi diberbagai bidang seperti penelitian-penelitian di bidang ekonomi, sains, pertanian, social dan pendidikan. Statistik dalam artiluas yaitu metode atau ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan,penganalisian, penafsiran dan penarikan kesimpulan data yang ada.Statistik dikelompokkan menjadi dua, yaitu statistik deskriptif dan statistik induktif (infernsia). Tujuan dari statistik induktif adalah untuk memperoleh informasi tentang suatupopulasi berdasarkan informasi yang diperoleh dari sampel. Apabila data dikumpulkan dariseluruh elemen dalam suatu populasi, maka akan diperoleh informasi yang sesungguhnya(parameter). Sedangkan jika melakukan penarikan sampel (mengumpulkan data sebagianelemen dari suatu populasi), maka akan diperoleh data pendugaan (statistik).
 
Teori Sampling dan Estimasi
2
 
BAB IITEORI SAMPLING DAN ESTIMASIA.
 
TEORI SAMPLING
Untuk menginterpretasikan suatu persoalan terhadap suatu populasi, peneliti perlumendapat informasi secara lengkap dan jelas. Untuk kondisi jumlah elemen/anggotapopulasi yang banyak, tingkat kesulitan dalam mendapat informasi secara lengkaplebih disebabkan karena banyaknya faktor penghambat (tidak sempat dimintaiketerangan faktor waktu, tenaga, akurasi) dan masih banyak lagi kendala yangdihadapi.Sebagai langkah dalam mengambil keputusan cukup digunakan sampel (contoh),untuk dijadikan sebagai bahan dalam melakukan interpretasi terhadap populasinya.Table 1Lambang Parameter dan Statistik Besaran Lambing Parameter(Populasi)Lambang Statistik (Sampel)Rata-rata
π
 
̅
 Varisa
2
S
2
 Simpangan baku
SJumlah Observasi H NProporsi P P
 
Teori Sampling dan Estimasi
3
 
B.
 
METODE SAMPLING
Metode sampling yaitu cara pengumpulan data yang hanya mengambil sebagianpopulasi. Ada tiga macam metode sampling, yaitu :1.
 
Sampling tunggal, sampel yang diperlukan hanya satu sampel dari sebuahpopulasi dan besarnya sampel harus memadai sehingga dapat mewakilipopulasinya (representatif).2.
 
Sampling ganda, yaitu dari sebuah populasi dapat diambil satu, satu sampelkedua, jika yang pertama dianggap belum cukup mewakili dalam pengambilankeputusan. Kemudian digabungkan untuk dijadikan sebagai bahan analisis.3.
 
Sampling multiple (lebih dari dua), yaitu untuk memenuhi asumsi bahwapengambilan keputusan masih dirasa belum cukup hanya dari dua sampel saja.Alasan-alasan dipilihnya metode sampling, yaitu :1.
 
Objek penelitian yang homogen2.
 
Objek penelitian yang mudah rusak 3.
 
Penghematan biaya dan waktu4.
 
Masalah ketelitian5.
 
Ukuran populasi6.
 
Faktor ekonomisUntuk menentukan anggota sampel dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu samplingrandom (acak) dan nonrandom.1.
 
Sampling Random (acak)Sampling random yaitu sampel yang diambil dari populasi dan memilikikesempatan yang sama untuk dipilih. Disebut yang probabilitas, selain itu hasildari sampling random memiliki sifat yang objektif. Ada beberapa yang termasuk sampling random, yaitu :a)
 
Sampling random sederhanab)
 
Sampling random sistematisc)
 
Sampling random berlapis (stratified)d)
 
Sampling random kelompok (cluster)

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rahmah Febrina liked this
Aprina Siregar liked this
pd_smg liked this
Harry Pendiem liked this
IR Cahyadi liked this
murianda liked this
Firuzz Evo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->