Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
87Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Informasi Manajemen Absensi

Sistem Informasi Manajemen Absensi

Ratings: (0)|Views: 42,781|Likes:
Published by Putri Ruth Dyawati
Penyusunan dan Penulisan Laporan Tugas Akhir
Penyusunan dan Penulisan Laporan Tugas Akhir

More info:

Published by: Putri Ruth Dyawati on Mar 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/05/2013

pdf

text

original

 
 
1
 
Sistem Informasi ManajemenAbsensi PT. Kharisma Suma Jaya Sakti
BAB IPENDAHULUAN
1.1
 
LATAR BELAKANG
Seiring dengan kemajuan zaman yang sangatmengutamakan teknologi sebagai pemicu dari perkembangan itusendiri terutama dibidang komputer, dewasa ini sangat dibutuhkanoleh berbagai perusahaan atau instansi pemerintah. Komputer sangatmemegang peran penting dalam mendukung aktifitasnya, komputer merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan darikehidupan manusia yang memanfaatkannya.Kemajuan teknologi komputer mempunyai pengaruh penting bagi perkembangan pengolahan data yang akanmenghasilkan informasi yang cepat, tepat dan akurat yang sangatmembantu manajemen dalam mengambil keputusan, terutama di bidang informasi. Dapat kita amati bahwa di dunia kerja sekarang iniatau di dunia usaha sangat dibutuhkan suatu mekanisme yang bisameningkatkan kinerja yang efektif dan efisien, maksudnya adalahsuatu kinerja yang tepat waktu/tepat guna (menghemat waktu,tenaga) untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Untuk itulah harusdiadakannya mekanisme yang terkomputerisasi di suatu perusahaanatau instansi pemerintah, salah satunya adalah masalah pencatatankeluar masuk kerja karyawan yang disebut dengan absensi dengandemikian diharapkan dapat lebih menghemat waktu danmemperlancar kinerja karyawan/pegawai, selain itu juga diharapkansemua pekerjaan dapat dikerjakan dengan cepat, tepat dan aman.Begitu juga dengan PT. Kharisma Suma Jaya Sakti yang bergerak dibidang perdagangan yaitu penjualan Spare Parts AsliSepeda Motor Honda mengharapkan dapat memenuhi permintaanyang meningkat dibidang penjualan guna memberikan pelayanan
 
 
2
 
Sistem Informasi ManajemenAbsensi PT. Kharisma Suma Jaya Sakti
yang memuaskan maka PT. Kharisma Suma Jaya Sakti memerlukansuatu sistem yang baik.Sesuai dengan perkembangan jaman yang semakin pesatPT. Kharisma Suma Jaya Sakti menuntut adanya peningkatan dalamdisiplin kerja. Salah satu permasalahan yang harus ditangani adalahmasalah absensi. Mengingat pentingnya masalah ini maka diperlukankomputerisasi dalam pengolahan data absensi karena untuk mempermudah kerja Deptartemen Umum (GA. Departement) danAccounting, informasi dari komputerisasi absensi ini dapat denganmudah digunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkan, selain itu juga meningkatkan bidang keadministrasian yang menunjangkelancaran proses kerja disuatu perusahaan, keberhasilan dalam proses kerja tidak luput dari sistem kerja yang dipakai oleh suatu perusahaan. Dengan demikian suatu perusahaan diharuskanmenggunakan sistem Informasi absensi yang baik. Dengan adanyasistem informasi diharapkan dapat memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan atau untuk mengendalikan perusahaan.Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik dengan permasalahannya sehingga penulis mengambil judul
“SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ABSENSIKARYAWAN PT. KHARISMA SUMA JAYA SAKTIDENGAN MENGGUNAKAN PHP & MYSQL“1.2
 
IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan uraian latar belakang yang telah penulisuraikan maka, penulis akan membuat suatu identifikasi masalah yangsedang dihadapi oleh PT. Kharisma Suma Jaya Sakti. Adapunmasalah yang dapat diidentifikasikan adalah sebagai berikut :1.
 
Masih kurangnya jaminan akan tempat penyimpanan dataabsensi dengan aman dari berbagai macam gangguan,seperti data itu hilang ataupun mungkin rusak karena rayap
 
 
3
 
Sistem Informasi ManajemenAbsensi PT. Kharisma Suma Jaya Sakti
(karena data telah lama tersimpan dalam lemari penyimpanan berkas), robek, kehujanan, dan kebakaran,meskipun ada data yang sebagian tersimpan di dalamkomputer.2.
 
Adanya kecurangan dalam proses absensi sehinggamengakibatkan data dalam absensi tidak valid dan dalam proses penggajian tidak sesuai dengan prosedur yg ada.3.
 
Keterlambatan dalam penerimaan data absensi, sehinggaterjadi keterlambatan pula dalam pengolahan data dan berakibat informasi yang dibutuhkan akan diterima denganlambat.4.
 
Kurangnya koordinasi diantara divisi sehinggamengakibatkan adanya salah paham antar divisi sertaketidak absahan suatu informasi.5.
 
Jadwal dan perencanaan yg telah ditetapkan perusahaantidak berjalan dengan lancar.
1.3
 
PEMBATASAN MASALAH
Dengan mengidentifikasikan terhadap masalah-masalahyang ada, agar lebih terarah dan dapat dipahami dengan mudah,maka perlu dilakukannya pembatasan masalah. Pembatasan terhadapmasalah absensi pada PT. Kharisma Suma Jaya Sakti tersebut antaralain :1.
 
Analisa dan penelitian yang dilakukan hanya sebatasmenangani masalah pengolahan data absensi karyawan dankegiatan karyawan pada PT. Kharisma Suma Jaya Sakti.Penulis membatasi penelitian dan penulisan ini padalaporan data absensi karyawan, data yang dimaksud adalahdata yang berasal dari karyawan itu sendiri, seperti :identitas karyawan, alpa, sakit, cuti, dan kehadiran.2.
 
Analisa pengolahan data yang dilakukan ini dititikberatkan pada prosedur pengolahan data absensi dan akanmenghasilkan sistem informasi absensi yang dipergunakansebagai laporan daftar absensi karyawan.

Activity (87)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Bella Ayu Shita liked this
Andy Setyaputra liked this
Heri Saputra liked this
Andy Setyaputra liked this
Andy Setyaputra liked this
Irwan Novianto liked this
Heriansyah Daffa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->