Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
bab 5 bunyi

bab 5 bunyi

Ratings: (0)|Views: 106 |Likes:
Published by Hamid Arif

More info:

Published by: Hamid Arif on Mar 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/06/2012

pdf

text

original

 
253
13
Bab
Setelah mempelajari bab ini, kamu harus mampu:Hasil yang harus kamu capai:
Bunyi
Pada bab sebelummya kamu telah mempelajarigetaran dan gelombang. Gelombang adalah gangguan yangmerambat pada medium tertentu atau tanpa medium.Gelombang yang merambat pada rekuensi tertentuakan menggetarkan gendang telingamu, lalu memberikaninormasi ke otak sebagai suara atau bunyi tertentu.Gelombang bunyi termasuk ke dalam gelombang longitudinalkarena perambatannya membentuk pola rapatan danrenggangan. Gelombang bunyi membutuhkan mediumdalam perambatannya.Pada bab ini, kamu akan mempelajari pengertian bunyidan hal-hal yang berkaitan dengan bunyi. Bunyi yang teraturmenghasilkan nada yang enak didengar, sedangkan bunyi yang tidak teratur menghasilkan suara yang bising.
Sumber:
www.fas.nus.edu.sg 
memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
A
.
 
Pengertian Bunyi
B
.
 
Nada
C
.
 
Resonansi
D
.
 
PemantulanGelombang Bunyi
 
254
Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar untuk Kelas VIII
Untuk mempermudahmu dalam mempelajari bab ini, pelajarilah diagram alur yang disajikan sebagai berikut.
merambatmelaluigejala yang diamatiparameterterdiriatasterdiriatasdipengaruhiolehcontohcontohcontohcontoh
PemantulangelombangCepat rambatbunyiFrekuensigelombang bunyiFrekuensitidak teraturDesahNadaAmplitudo
Bunyi
FrekuensiteraturBandul, garputala,dan senar gitarKelelawar, kapalpenangkap ikan, gaung,dan gemaResonansiZat perantaraGasZat cairZat padat
 
Diagram Alur
 
255
Bunyi
 
Ayo Coba 13.1
Pikirkan jawaban pertanyaan berikut sebelum kamu membaca uraian materi bab ini. Kemudian, periksa kembali jawabanmu setelah kamu selesai membaca uraian bab ini. Apakah ada yang harus diperbaiki dengan jawaban tersebut?1. Apabila kita pegang kerongkongan kita pada waktuberbicara kita akan merasakan adanya getaran,membuktikan apakah itu?2. Apabila kita berteriak di bulan, orang yang beradadi dekat kita tidak akan mendengar apa-apa, mem-buktikan apakah hal itu?3. Pada suatu tikungan kita mendengarkan rel keretaapi, ketika itu kita mendengar suara gemuruh keretaapi mendekat, tetapi ketika dilihat keretanya belumnampak, membuktikan apakah kejadian tersebut?
A. Pengertian Bunyi
Tuhan telah menciptakan telinga sebagai alat untuk mendengar. Setiap saat kamu bisa mendengar bunyi orangberbicara, suara nyanyian, suara musik, suara binatang,suara lonceng, dan sebagainya. Oleh karena itu, kamu wajib mensyukuri nikmat Tuhan yang telah dilimpahkankepadamu. Dapatkah kamu bayangkan jika kamu tidak memiliki alat pendengaran? Salah satu cara mensyukurinyaadalah dengan mempelajari gejala alam, khususnya tentangbunyi. Apakah yang disebut dengan bunyi? Bagaimanakahbunyi merambat? Untuk menjawab pertanyaan tersebut,lakukanlah kegiatan Ayo Coba 13.1 berikut.
Tujuan
Mengamati getaran sebagai sumber bunyi
 Alat dan bahan
Gitar dan gendang.
Cara kerja
1. Siapkan alat dan bahan.2. Petiklah gitar dan sentuhlah senarnya perlahan-lahan padasaat mengeluarkan bunyi.3. Letakkan sobekan kertas pada gendang, lalu pukullah gendangtersebut.4. Peganglah tenggorokanmu pada saat berbicara.
Pertanyaan
1. Pada saat senar dipetik, apa yang kamu rasakan?2. Pada saat gendang berbunyi, apa yang terjadi pada kertas?3. Pada saat kamu berbicara, apa yang terasa di tenggorokanmu?4. Apakah sumber bunyi itu?
Key Point
Hal Penting
Bunyi adalah bentuk energi yang merambatdalam bentuk gelombanglongitudinal.
Sound is a form of energy that comes in the form of longitudinal waves.
Tes Materi Awal
Berdasarkan kegiatan Ayo Coba 13.1, pada saat memetik gitar, memukul gendang, dan memegang tenggorokan ketikakamu bicara, kamu merasakan adanya getaran. Akan tetapi, jikabenda-benda itu sudah tidak bergetar, bunyi pun akan hilang. Jadi,dapat disimpulkan bahwa sumber bunyi adalah getaran.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->