Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
45Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Kalibrasi Termometer Digital

Makalah Kalibrasi Termometer Digital

Ratings: (0)|Views: 2,669 |Likes:
Published by Pangeran_Kacang

More info:

Published by: Pangeran_Kacang on Mar 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/19/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
 Engineer 
tidak dapat dipisahkan dengan penggunaan alat ukur. Akurasi pembacaanalat ukur tersebut sangat vital di dalam dunia keteknikan karena akibat dari
error 
yangterjadi dari ketidak-akuratan alat ukur dapat berakibat fatal, misalnya saja pada saatmembuat suatu instrumen, ketidak akuratan pengukuran material penyusunnya dapatmembuat kerja dari instrumen tersebut tidak optimal, atau bahkan tidak dapat bekerjasama sekali.Kalibrasi diperlukan untuk memastikan bahwa alat ukur bekerja sesuai denganstandar yang ada. Sehingga kemampuan untuk melakukan kalibrasi terhadap alat ukursangat diperlukan dalam dunia keteknikan.
Oleh karena itu dalam makalah ini mahasiswadikenalkan dan diberikan pemahaman mengenai kalibrasi,
yang salah satunya adalah kalibrasialat ukur suhu yang berupa termometer digital.
1.2
 
Permasalahan
Permasalahan yang dibahas dalam makalah kalibrasi suhu ini adalah mengenaibagaimana cara melakukan pembacaan standard dan pembacaan alat serta bagaimanacara mengetahui nilai koreksi dan error regresi dalam proses pengukuran suhu denganmenggunakan termometer digital.
1.3
 
Tujuan
Tujuan dari makalah kalibrasi suhu ini adalah agar mahasiswa mengetahui danmemahami bagaimana cara melakukan pembacaan standard dan pembacaan alat sertamemahami bagaimana cara mengetahui nilai koreksi dan error regresi pada prosespengukuran.
 
BAB IIDASAR TEORI2.1 Pengukuran
( measurement )
 
Definisi dari pengukuran adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menentukan nilai suatu besaran dalam bentuk angka (kuantitatif). Jadi mengukur adalahsuatu proses mengaitkan angka secara empirik dan obyektif pada sifat-sifat obyek ataukejadian nyata sehingga angka yang diperoleh tersebut dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai obyek atau kejadian yang diukur. Sedangkan, sistem pengukuran adalahsekumpulan aktivitas, prosedur, alat ukur,
software
dan orang yang bertujuanmendapatkan data pengukuran terhadap karakteristik yang sedang diukur.Dalam pengukuran terdapat beberapa komponen yaitu material, instrumen, pelakupengukuran, metode yang digunakan, serta lingkungan. Kelima komponen tersebut dapatmemengaruhi hasil pengukuran termasuk terjadinya ketidakpastian pengukuran. Manfaatpengukuran adalah sebagai sarana untuk mendapatkan data guna mengambil keputusanperlu/tidaknya meng-adjust proses manufaktur. Sarana untuk menentukan keterkaitanantara dua variabel atau lebih (misalkan temperatur tuang aluminium dengan porositas).Kualitas data pengukuran ditentukan oleh bias (error) dan variansi.
2.2 Macam-Macam Karakteristik Statik dari Alat Ukur
Terdapat beberapa macam karakteristik statik dari alat ukur yaitu diantaranya adalahrentang ukur (range). Dimana range adalah besar daerah ukur antara batas ukur bawahdan batas ukur atas. Misal rentang pengukurannya 0-25 Volt. Kemudian jangkauan(span), adalah rentang dari skala minimum sampai dengan skala maksimum. Misalrentang pengukurannya 0-25 Volt, maka jangkauannya 25 Volt. Berikutnyasensitivitas,yaitu perubahan pada reaksi alat ukur yang dibagi oleh hubungan perubahanaksinya.Resolusi adalah besar pernyataan dari kemampuan peralatan untuk membedakan artidari dua tanda harga atau skala yang paling berdekatan dari besaran yang ditunjukkan.Misal, nilai 10,003, maka resolusi dari alat ukur itu yaitu 0,001. Repeatabilitas adalah
 
Kemampuan alat ukur untuk menunjukkan hasil yang sama dari proses pengukuran yangdilakukan berulang-ulang dan identik. Kesalahan (Error) adalah penyimpangan variabelyang diukur dari harga yang sebenarnya. Akurasi adalah kemampuan dari alat ukur untuk memberikan indikasi pendekatan terhadap harga sebenarnya dari obyek yang diukur.Presisi adalah kedekatan nilai-nilai pengukuran individual yang didistribusikan sekitarnilai rata-ratanya atau penyebaran nilai pengukuran individual dari nilai rata-ratanya.Dalam pengertian lain, yaitu seberapa dekat satu hasil pengukuran dengan hasil yanglainnya dengan pengukuran yang berulang.
2.3
 
Kalibrasia.
 
Definisi Kalibrasi
Pengertian kalibrasi menurut ISO/IEC Guide 17025:2005 dan Vocabulary of International Metrology (VIM) adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubunganantara nilai yang ditunjukkan oleh instrument ukur atau sistem pengukuran , atau nilaiyang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitandari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu. Dengan kata lain, kalibrasi adalahkegiatan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukan alat ukur danbahan ukur dengan cara membandingkan terhadap standar ukur yang sudah memenuhistandar nasional maupun internasional.
b.
 
Tujuan dan Manfaat Kalibrasi
 Tujuan Kalibrasi adalah:1.
 
Menjamin hasil-hasil pengukuran sesuai dengan standar nasional maupuninternasional.2.
 
Untuk mencapai ketertelusuran pengukuran. Hasil pengukuran dapatdikaitkan/ditelusur sampai ke standar yang lebih tinggi/teliti (standar primer nasionaldan internasional), melalui rangkaian perbandingan yang tak terputus.Sedangkan manfaat dari kalibrasi adalah sebagai berikut:1.
 
Menjaga kondisi instrumen ukur dan bahan ukur agar tetap sesuai denganspesifikasinya.2.
 
Untuk mendukung sistem mutu yang diterapkan di berbagai industry pada peralatanlaboratorium dan produksi yang dimiliki.

Activity (45)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Raviyz Okkies liked this
Chairani Novi liked this
Yudhi Pramana liked this
Muchlas Yulianto liked this
Chairani Novi liked this
jamal-uddin-7151 liked this
jamal-uddin-7151 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->