Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
20Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
modul GEOGRAFI SMA N KEBAKKRAMAT Kl X smt 2

modul GEOGRAFI SMA N KEBAKKRAMAT Kl X smt 2

Ratings: (0)|Views: 7,531|Likes:
Published by Hadi Suprapto

More info:

Published by: Hadi Suprapto on Mar 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/10/2013

pdf

text

original

 
 Edisi 1
MODUL 1 PEMBELAJARAN GEOGRAFIDINAMIKA PERUBAHAN LITOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAPKEHIDUPAN DI MUKA BUMI
Sekolah : SMA Negeri KebakkramatMata Pelajatan : GeografiKelas Jurusan : XSemester : 2 (dua)Tahun Pelajaran : 2010 - 2011
I.
Standar Kompetensi :
1.Menganalisis unsur-unsur geosfer.
II.
Kompetensi Dasar :
1.
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer sertadampaknya terhadap kehidupan di muka bumi.
III.Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat mengidentifikasi struktur lapisan kulit bumi dan pemanfaatannya.2.Siswa mampu menganalisis macam-macam bentuk muka bumi sebagai akibat prosesvulkanisme, seisme, dan diatropisme.
3.
Siswa dapat mengidentifikasi jenis dan ciri-ciri tanah di Indonesia4.Siswa dapat mengidentifikasi proses terjadinya erosi tanah dan mencegah kerusakan tanah.
IV.
Materi Pembelajaran
A.
Struktur Lapisan Kulit Bumi dan
PemanfaatannyaLitosfer berasal berasal dari kata lithos = batuan, dan sphere = lapisan. Litosfer  berarti lapisan kerak bumi paling luar yang tebalnya ± 1.200 km. Suess dan Wiechertmenyatakan bahwa kandungan senyawa kimia yang paling banyak dalam litosfer adalahoksida silika (SiO
2
), oleh karenanya litosfer sering disebut lapisan silikat. Wiechertmembagi bumi dalam beberapa lapisan, sebagai berikut:1.Kerak bumiMemiliki ketebalan 30-70 km, terdiri atas batuan basalt dengan massa jenis 2,7.
2.
Selubung bumi/sisik silikatMemiliki ketebalan ± 1.200 km, berat jenis 3,4-4. Kerak bumi dan selubung bumimerupakan litosfer.
3.
Lapisan antara/khalkosfer/asthenosfer/mantleMerupakan sisik oksida dan sulfida dengan tebal 1.700 km dan berat jenis 6,4.4.Inti besi nikel/barisfer Jari-jari 3.500 km dengan berat jenis 9,6.
 Modul Pembelajaran Geografi Kelas X Semester 2 2009/2010 SMA Negeri Kebakkramat 
11
 
 Edisi 1
Litosfer terbagi atas dua bagian:
1.Lapisan SiAI :Lapisan kulit bumi yang terdiri logam silisium dan aluminium, senyawanyadalam bentuk SiO
2
dan Al
2
O
3
. Pada lapisan ini terdapat batuan sedimen, granit, andesit.Lapisan ini juga disebut lapisan kerak, karena bersifat padat dan kaku denganketebalan rata-rata ±35 km. Kerak terbagi menjadi 2, yaitu:a.Kerak benua :Benda padat yang terdiri dari batuan beku granit pada bagian atas dan batuan beku basalt pada bagian bawah.
 b.
Kerak samudra:Benda padat yang terdiri atas endapan di laut pada bagian atas, di bawahnya batuanvulkanik, dan paling bawah berupa batuan gabro dan periclotit.
2.
Lapisan SiMa:Lapisan kulit bumi yang disusun oleh logam-logam silisium dan magnesium dalam bentuk senyawa SiO
2
dan MgO. Lapisan ini mengandung besi dan magnesium.Lapisan ini merupakan bahan yang bersifat elastis dengan ketebalan rata-rata 65km.Hampir seluruh kulit bumi (98,5%) terdiri atas 8 unsur yaitu: O, Si, Al,Fe, Ca, Na, K, dan Mg. Sedang unsur yang lain (1,5%) terdiri atas C, S, P, H, P, Zn, Ni, Cu, Ti, dan Mn. Unsur-unsur tersebut bersenyawa melalui berbagai cara menjadisebuah mineral dengan sifat-sifat yang berlainan.1.Proses terjadinya batuanTerjadinya batuan di bumi dapat dilihat pada siklus batuan berikut ini.
ab
c
.1
c
.212
 3
..
  5
d   
d
a.Magma sebagai induk segala batuan pembentuk litosfer.
 b.
Karena proses pendinginan di lapisan dalam, di dalam korok ataudi permukaan bumi, terjadilah proses pembekuan magma sehingga menjadi batuan beku dalam, korok, dan luar.
c.
Melalui proses penghancuran tanpa perubahan susunan kimia dari batuan basalt terbentuklah batuan sedimen klasik.d.Untuk pengendapan melalui proses kimiawi hasilnya adalah batuansedimen kimiawi dan yang dilakukan oleh organisme hasilnya adalahsedimen organik.
e.
Perubahan karena penambahan suhu menghasilkan batuan metamorf kontak, karena adanya tekanan terjadilah metamorf dinamo, dan karena adanya penambahan zat lain terbentuklah batuan metamorf kontak pneumatolitik.
 Modul Pembelajaran Geografi Kelas X Semester 2 2009/2010 SMA Negeri Kebakkramat 
22
 
 Edisi 1
f.
Akhirnya batuan apapun yang telah bersinggungan dengan magma lainmengalami perubahan bentuk terlebih dulu, dan jika keadaan memungkinkanakan masuk kembali dalam magma.2.Klasifikasi batuanBatuan merupakan kombinasi dari berbagai mineral. Batuan pada kulit bumi terbagi terbagi atas 3 golongan; yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.a.Batuan bekuBatuan beku ialah batuan yang terjadi karena pembekuancairan/magma. Batuan ini terbentuk jauh di kedalaman lapisan kulit bumi.Berdasarkan proses pendinginannya batuan ini digolongkan menjadi 3:1)Batuan beku dalamPembekuannya jauh di dalam kulit bumi.Contoh: peridotit, gabro, granit.
2)
Batuan beku gang/korok/saluranPembekuannya terjadi di dalam celah-celah kedalaman yang tidak jauh/didalam, pipa gunung api.Contoh: granit, porfir, diorit porfirit.
3)
Batuan beku luar/lelehanPembekuan terjadi pada permukaan bumi.Contoh: basalt, andesit, batu apungGambar batuan beku
 b.
Batuan sedimenBatuan ini terjadi dari batuan beku lapuk yang terlepas karena pengaruhgaya mekanis, kimiawi atau organis. Batuan ini mengalami pemindahan melaluitenaga angin, air, atau es dan diendapkan di tempat lain:1)Bila dilihat dari perantaranya, batuan ini terbagi menjadi 3 yaitu:
(a)
Batuan sedimen aeris/aeolis: terbentuk oleh angin.Contoh: tanah los, tanah tuff, tanah pasir di gurun
(b)
Batuan sedimen glasial: terbentuk oleh es.Contoh: morena.
(c)
Batuan sedimen aquatis: terbentuk oleh air. Contoh: breksi,konglomerat, batu pasir.
 Modul Pembelajaran Geografi Kelas X Semester 2 2009/2010 SMA Negeri Kebakkramat 
33
Batuanatuanbekueku
Ba salt Andesit RhyoliteBasal

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ferdiana Ndut liked this
karinainha liked this
karinainha liked this
aditya_putra_36 liked this
Indar Claluctya liked this
fauzanwilliam liked this
Elly Suhartini liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->