Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN KESUBURAN TANAH

LAPORAN KESUBURAN TANAH

Ratings: (0)|Views: 343|Likes:
Published by Komang Tri

More info:

Published by: Komang Tri on Mar 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/13/2013

pdf

text

original

 
DASAR-DASAR ILMU TANAHTANAMAN INDIKATOR PEMANFAATAN TANAH
NAMA : I KOMANG TRI WIDYA PUTRANIM : G111 09 327KELOMPOK : X (SEPULUH)HARI/TANGGAL : SELASA/ 3 NOVEMBER 2009 ASISTEN : YULFIRA
 
JURUSAN AGROTEKNOLOGIFAKULTAS PERTANIANUNIVERSITAS HASANUDDINMAKASSAR2009
 
I. PENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Untuk memahami konsep ideal kesuburan tanah kita memulainya dengankonsep tanah itu sendiri. Tanah, menurut konsep komposisi dasarnya tersusun daribeberapa bagian yang terintegrasi secara holistik, saling mempengaruhi saling kaitmenjadi satu kesatuan sistem utuh yang seolah tidak dapat terpisahkan dengan sifatdan ciri tertentu secara spesifik. Komposisi dasar tanah meliputi air, udara, bahanmineral dan bahan organik.
 
Bagian-bagian tanah yang dimaksud itu adalah, air dan udara yangmenempati porsi 25 % dan 25 %. Air dan udara menempati porsi 50 % darikeseluruhan volume tanah. Yang selanjutnya adalah porsi untuk mineral yangmencapai sektar 45 % dan bahan organik dengan porsi 5 %. Komposisi inimerupakan porsi ideal bagi tanah terutama untuk keperluan budidaya pertanian.Bisa dikatakan proporsi ini merupakan dasar bagi konsep kesuburan tanah itumencapai keadaan yang ideal bagi perkembangan tanaman.Masing-masing komponen seperti air, udara, mineral dan bahan organik inimempunyai peran yang khas dan tidak dapat saling menggantikan. Artinyakeberadaannya adalah mutlak harus ada, agar fungsi-fungsi dan peran-perannyaada pada sistem tanah tersebut. Contoh, air diperlukan sebagai media untuk aktifitasmetabolisme dalam tubuh tanaman dengan fungsi yang kompleks. Selain itu fungsiair di dalam tanah adalah sebagai media pembawa hara dan oksigen sehinggadapat diserap oleh tanaman dan mikroba yang ada di bahan organik.
 
Sedangkan udara juga merupakan faktor mutlak bagi tanaman maupunkehidupan di dalam tanah sebagai bagian dari sistem metabolisme makhluk hidup didalam tanah yang kompleks juga. Udara yang dimaksud adalah ruang bagi Oksigen,CO2 dan gas-gas lain yang dalam siklus metabolisme makhluk hidup di dalamtanah. Adapun mineral merupakan bagian dari cadangan hara, karena denganproses mineralisasi akan menjadi unsur-unsur hara yang siap diserap oleh tanamanmaupun kehidupan lain di dalam tanah. Mineral menjaga kestabilan bentuk danstruktur tanah sehingga tidak mudah berubah komposisi komponennya olehpengaruh perubahan-perubahan dan pergerakan-pergerakan di dalam tanah.Struktur tanah juga akan menopang tanaman dan memberi ruang gerak kehidupanbagi akar tanaman dan makhluk hidup lainnya di dalam tanah.Bagian yang terkecil dari penyusun tanah adalah bahan organik. Meskipundemikian kecil proporsi jumlahnya (kecuali organosol), justru menjadi kunci bagiberlangsungnya dinamika kehidupan di dalam tanah, atau dapat dikatakan bahanorganik (BO) merupakan kunci bagi dinamika kesuburan tanah. Bahan organikmenjadi kunci karena dengan dinamikanya sifat-sifat tanah bisa dikelola menujukondisi yang ideal bagi tanaman.Berdasarkan uraian diatas maka praktikum mengenai indikator sebagaikesuburan tanaman perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa besar perkembangan tanaman jagung dalam fraksi pasir dan tanah fraksi liat.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->