Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Dasar2 Teknologi Dan Mekanisasi Pertanian - Copy

Dasar2 Teknologi Dan Mekanisasi Pertanian - Copy

Ratings: (0)|Views: 38 |Likes:
Published by Komang Tri

More info:

Published by: Komang Tri on Mar 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2012

pdf

text

original

 
PENUNTUNDASAR-DASAR TEKNOLOGIDANMEKANISASI PERTANIAN
LABORATORIUMMEKANISASI DAN TEKNOLOGI HASILPERTANIAN JURUSAN TEKNOLOGI PERTANIANFAKULTAS PERTANIANUNIVERSITAS HASANUDDINMAKASSAR2011
1
 
MEKANISASI PERTANIANPengertian mekanisasi pertanian dapat didefinisikan dalam arti yang luasdan sempit. Mekanisasi dalam arti luas yang diidentifikasikan dengan“agricultural engineering” yaitu suatu ilmu yang mempelajari tentang penggunaandan pemanfaatn bahan dan tenaga alam untuk mengembangkan daya karyamanusian dalam bidang pertanian demi kesejahtraan umat manusia (symposium Nasional Mekanisasi Pertanian 1967 di Ciawi). Mekanisasi pertanian dalam artisempit yang diidentikkan dengan “agricultural mechanizationatau “farmmechanizationyaitu semua kegiatan penggunaan alat/mesin pertanianyangdigerakkan baik tenaga manusia, tenaga hewan, tenaga motor, maupun tenagamekanis lainnya seperti arus air dan tenaga angin untuk mengurangi kejerihankerja dan meningkatkan ketepatan, mengamankan produksi, memperbaiki mutu produksi dan meningkatkan efisinsi kerja.Dalam kegiatannya, mekanisasi terbagi atas 2 dalam hal penanganan hasil pertanian, yaitu pra panen dan pasca panen. Pra panen dalam hal ini meupakansemua kegiatan yang dilakukan sebelum panen, seperti pengolahan tanah, penanaman bibit, pemupukan, dan lain sebagainya. Sedangkan pasca panen adalahsemua kegiatan yang berlangsung setelah panen seperti pengolahan hasil pertanian (pengeringan, perontokan, dan lain sebagainya).
2
 
PENGENALAN ALAT DAN MESIN PERTANIAN PRA DANPASCA PANEN
Alat dan mesin pertanian sangat penting digunakan dalam kehidupansehari-hari. Aplikasinya dari alat dan mesin pertanian sangat dipergunakanuntuk memudahkan dalam pengerjaannya, khususnya dalam bidang pertanian.Berkembangnya teknologi sekarang ini, menyebabkan tingkat produksi dalam pemakaiannya alsintan juga dilakukan secara modern, sehingga dapatmemudahkan dalam kehidupan. Tujuan dari penggunaan alat dan mesin inisangat diperlukan karena sangat mendukung dalam meningkatkan produktivitas pada pertanianPada dasarnya jenis-jenis alat dan mesin yang digunakan sangat berpengaruh pada potensi pertanian, sehingga alsintan digolongkan dalam pra, pasca panen dan alat tradisional dalam pengguanan alat dan mesin pertanian digunakan sehingga lebih memudahkan dalam spesifikasi pengerjaannnya sesuai tujuan yang yang telah diharapkan dalam potensi pertanian secara umum.
Prosedur Kerja
1.Menggolongkan jenis alat dan mesin pra dan pasca panen2.Menspesifikasikan alat dan mesin pertanian untuk jenis mesin pra panen.
3.
Menspesifikasikan alat dan mesin pertanian untuk jenis mesin pasca panen.
MOTOR BAKAR 
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->