Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
44Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Kebijakan Publik Menurut Beberapa Pakar

Pengertian Kebijakan Publik Menurut Beberapa Pakar

Ratings: (0)|Views: 3,053 |Likes:
Published by meyrzashrie
Daftar definisi kebijakan publik menurut beberapa pakar.
Daftar definisi kebijakan publik menurut beberapa pakar.

More info:

Published by: meyrzashrie on Mar 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/11/2013

pdf

text

original

 
Meyrza Ashrie Tristyana070913042
DEFINISI KEBIJAKAN PUBLIK MENURUT BEBERAPA PAKAR Untuk memahami lebih jauh bagaimana kebijakan publik sebagai solusi permasalahanyang ada pada masyarakat, kita harus memahami dulu apa dan seperti apa kebijakan publik itu sendiri. Berikut adalah definisi-definisi kebijakan publik menurut para ahli kebijakan publik:A.
 
Thomas R. Dye (1981)Kebijakan publik adalah apa yang tidak dilakukan maupun yang dilakukan oleh pemerintah. Pengertian yang diberikan Thomas R. Dye ini memiliki ruang lingkup yangsangat luas. Selain itu, kajiannya yang hanya terfokus pada negara sebagai pokok kajian.Definisi kebijakan publik menurut Thomas R. Dye ini dapat diklasifikasikan sebagaikeputusan (decision making), dimana pemerintah mempunyai wewenang untuk menggunakan keputusan otoritatif, termasuk keputusan untuk membiarkan sesuatuterjadi, demi teratasinya suatu persoalan publik.B.
 
Easton (1969)Mendefinisikan public policy sebagai:
³The authoritative allocation of value for the whole society, but it turns out that onlytheg overnment can authoritatively act on the µwhole¶ society, and everything the government choosed do or not to do result in the allocation of values.´
Maksudnya, public policy tidak hanya berupa apa yang dilakukan oleh pemerintah,akan tetapi juga apa yang tidak dikerjakan oleh pemerintah karena keduanya sama-samamembutuhkan alasan-alasan yang harus dipertanggungjawabkan.Kebijakan publik dianggap sebagai pengalokasian nilai-nilai kekuasaan untuk seluruhmasyarakat yang keberadaannya mengikat. Dalam pengertian ini hanya pemerintah yangdapat melakukan sesuatu tindakan kepada masyarakat dan tindakan tersebut merupakan bentuk dari sesuatu yang dipilih oleh pemerintah yang merupakan bentuk dari pengalokasian nilai-nilai kepada masyarakat. Definisi kebijakan publik menurut Eastonini dapat diklasifikasikan sebagai suatu proses manajemen, yang merupakan fase dariserangkaian kerja pejabat publik. Dalam hal ini hanya pemerintah yang mempunyai andil
 
untuk melakukan tindakan kepada masyarakat untuk menyelesaikan masalah publik,sehingga definisi ini juga dapat diklasifikasikan dalam bentuk intervensi pemerintah.C.
 
Anderson (1975)Kebijakan publik adalah kebijakan kebijakan yang dibangun oleh badan-badan dan pejabat-pejabat pemerintah, di mana implikasi dari kebijakan tersebut adalah:1.
 
Kebijakan publik selalu mempunyai tujuan tertentu atau mempunyai tindakan-tindakan yang berorientasi pada tujuan.2.
 
Kebijakan publik berisi tindakan-tindakan pemerintah.3.
 
Kebijakan publik merupakan apa yang benar-benar dilakukan oleh pemerintah, jadi bukan merupakan apa yang masih dimaksudkan untuk dilakukan.4.
 
Kebijakan publik yang diambil bisa bersifat positif dalam arti merupakan tindakan pemerintah mengenai segala sesuatu masalah tertentu, atau bersifat negatif dalamarti merupakan keputusan pemerintah untuk tidak melakukan sesuatu.5.
 
Kebijakan pemerintah setidak-tidaknya dalam arti yang positif didasarkan pada peraturan perundangan yang bersifat mengikat dan memaksa.Kebijakan merupakan arah tindakan yang mempunyai maksud yang ditetapkan olehseorang aktor atau sejumlah aktor dalam mengatasi suatu masalah atau persoalan. Definisiini dapat diklasifikasikan sebagai intervensi pemerintah (intervensi sosio kultural) yaitudengan mendayagunakan berbagai instrument untuk mengatasi persoalan publik.D.
 
Chief J.O. Udoji (1981)Mendefinisikan kebijaksanaan publik sebagai:
³An sanctioned course of action addressed to a particular problem or group of related problems that affect society at large.´
Maksudnya ialah suatu tindakan bersanksi yang mengarah pada suatu tujuan tertentuyang diarahkan pada suatu masalah atau sekelompok masalah tertentu yang saling berkaitan yang mempengaruhi sebagian besar warga masyarakat.E.
 
Charles O. Jones (1977)Jones menekankan studi kebijakan publik pada dua proses, yaitu:1.
 
Proses-proses dalam ilmu politik, seperti bagaimana masalah-masalah itu sampai pada pemerintah, bagaimana pemerintah mendefinisikan masalah itu, dan bagaimanatindakan pemerintah.
 
2.
 
Refleksi tentang bagaimana seseorang bereaksi tehadap masalah-masalah, terhadapkebijakan negara, dan memecahkannya.Menurutnya kebijakan terdiri dari komponen-komponen:1.
 
Goal atau tujuan yang diinginkan.2.
 
Plans atau proposal, yaitu pengertian yang spesifik untuk mencapai tujuan.3.
 
Program, yaitu upaya yang berwenang untuk mencapai tujuan.4.
 
Decision atau keputusan, yaitu tindakan-tindakan untuk menentukan tujuan, membuatrencana, melaksanakan dan mengevaluasi program.5.
 
Efek, yaitu akibat-akibat dari program (baik disengaja atau tidak, primer atausekunder).Jones memandang kebijakan publik sebagai suatu kelanjutan kegiatan pemerintah dimasa lalu dengan hanya mengubahnya sedikit demi sedikit. Definisi ini dapatdiklasifikasikan sebagai decision making, yaitu ketika pemerintah membuat suatukeputusan untuk suatu tindakan tertentu. Klasifikasi ini juga dapat didefinisikan sebagaiintervensi negara dengan rakyatnya ketika terdapat efek dari akibat suatu program yangdibuat oleh pemerintah yang diterapkan dalam masyarakat.F.
 
EdwardKebijakan publik didefinisikan sebagai:
³What governments say and do, or do not do. It is the goals or purposes of  governments programs.´
Maksudnya, apa yang dinyatakan dan dilakukan atau tidak dilakukan oleh pemerintahtermasuk kebijakan publik. Merujuk pada definisi di atas, kebijakan publik tampil sebagaisasaran atau tujuan program-program. Edward lebih lanjut menjelaskan bahwa kebijakan publik itu dapat diterapkan secara jelas dalam peraturan perundang-undangan dalam bentuk pidato-pidato pejabat teras pemerintah ataupun berupa program-program dantindakan-tindakan yang dilakukan pemerintah.G.
 
Chandler dan Plano (1988)Kebijkan publik adalah pemanfaatan yang strategis terhadap sumberdaya-sumberdayayang ada untuk memecahkan masalah-masalah publik atau pemerintah. Kebijakan publik merupakan suatu bentuk intervensi yang dilakukan secara terus menerus oleh pemerintahdemi kepentingan kelompok yang kurang beruntung dalam masyarakat agar mereka dapathidup, dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan secara luas. Pengertian kebijakan

Activity (44)

You've already reviewed this. Edit your review.
Alvian D. Putra liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Ddin Wahyuddin liked this
whie_andri liked this
Zainudin Djaha liked this
disckid liked this
Lisa Duck liked this
Andre Kalesaran added this note
Terima kasih utk tulisannya..... sukses selalu....

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->