Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
37Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manajemen Agribisnis Labu Kuning

Manajemen Agribisnis Labu Kuning

Ratings: (0)|Views: 9,004|Likes:
Published by litnag
Tugas mata kuliah Manajemen Agribisnis
Tugas mata kuliah Manajemen Agribisnis

More info:

Published by: litnag on Mar 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/16/2013

pdf

text

original

 
1
MANAJEMEN AGRIBISNISLABU KUNING/WALUH
KARYA TULIS
Tugas Dalam Mata Kuliah Manajemen Agribisnis
 
Disusun Oleh :LITNA NURJANNAH GINTING090304070
PROGRAM STUDI AGRIBISNISFAKULTAS PERTANIANUNIVERSITAS SUMATERA UTARAMEDAN2011
 
 
2
BAB IPENDAHULUAN
Latar Belakang
Ketahanan pangan merupakan salah satu indikator yang harus dicapaiuntuk memperkuat posisi ekonomi suatu Negara. Indonesia, suatu Negara denganpotensi sumber daya alam melimpah, tentu permasalahan ketahanan pangan dapatmudah diatasi jika mampu mengelola sumber daya alam dengan baik. Berdasardari keanekaragaman kebudayaan dan sumber pangan spesifik, strategipengembangan pangan di Indonesia perlu diarahkan pada potensi sumber dayawilayah (lokal). Hal ini dikarenakan banyak bahan pangan lokal Indonesia yangmempunyai potensi gizi dan komponen bioaktif yang baik, namun belumtermanfaatkan secara optimum. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasanpengetahuan masyarakat akan manfaat komoditas pangan tersebut.Penelitian tentang karakterisasi dan potensi pemanfaatan komoditaspangan minor masih sangat sedikit dibandingkan komoditas pangan utama, sepertipadi dan kedelai. Labu termasuk dalam komoditas pangan yang pemanfaatannyamasih sangat terbatas padahal labu memiliki lebih dari 40 jenis varietas.Publisitas labu makin popular setelah para pemulia tanamanmenghasilkan aneka jenis (varietas) hibrida. Salah satu varietas labu hibrida yangmulai digemari oleh konsumen di luar negeri adalah labu zucchini. Ciri khas labuzucchini adalah buahnya berbentuk panjang lonjong seperti mentimun danumumnya dipanen sebagai buah muda.Selain itu terdapat juga labu siam yang merupakan salah satu varietasdari suku labu-labuan. Tumbuhan ini merambat di tanah atau agak memanjat danbiasa dibudidayakan dipekarangan,biasanya di dekat kolam. Buah menggantungdari tangkai.Daunnyaberbentuk mirip segi tiga dan permukaannya berbulu.
Yangdapat dikonsumsi dari buah labu siam ini adalah buah dan pucuk mudanya.
Labu Kuning (Cucurbita moschata) dikenal dengan sejumlah nama lainseperti: waluh, labu merah, labu manis, labu parang (Jawa Barat) atau pumpkin
 
3
(Inggris) merupakan salah satu jenis labu-labuan yang menjadi komoditaspotensial sebagai bahan sayuran. Di luar negeri buah labu besar/kuning inimenjadi sayuran bergengsi, bahkan sering dilombakan oleh kalangan penggemarsayur-mayur tingkat dunia. Namun tingkat konsumsi labu kuning di Indonesiamasih sangat rendah, kurang dari 5 kg per kapita per tahun.Tanaman labu kuning berasal dari Ambon (Indonesia). Labu kuningtergolong bahan pangan minor sehingga data statistik belum tersedia, namun dibeberapa sentra produksi, baik di Jawa, daerah pacet, cipanas (cianjur), lembang(Bandung), semarang, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, dan Kalimantan Selatan,komoditas ini telah ditanam pada luasan tidak kurang dari 300 hektar.Labu Kuning (Cucurbita moschata) merupakan komoditas pertanian yangcocok dikembangakn sebagai alternatif pangan. Buah ini memiliki kandungan giziyang cukup dan bermanfaat untuk kesehatan.
 Klasifikasi Tanaman
Kerajaan : PlantaeDivisi : SpermatophytaSub divisi : AngiospermaeKelas : DicotyledonaeOrdo : CucurbitalesFamilia : CucurbitaceaeGenus : CucubitaSpesies : Cucubita moschata Duch(Hutapea, J.R, et al., 1994)Gbr.1. Buah Waluh/Labu KuningAda lima spesies labu yang umumnya dikenal, yaitu Cucurbita maximaDuchenes, Cucurbita ficifolia Bouche, Cucurbita mixta, Cucurbita moschataDuchenes, dan Cucurbita pipo L. Kelimanya disebut labu kuning (waluh) karenamempunyai ciri-ciri yang hampir sama.

Activity (37)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Arifah Rahayu liked this
Arifah Rahayu liked this
Cris DO'ank liked this
Arifah Rahayu liked this
Arifah Rahayu liked this
Arifah Rahayu liked this
Arifah Rahayu liked this
jocsam liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->