Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
7Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hak Asasi Manusia

Hak Asasi Manusia

Ratings:

5.0

(4)
|Views: 2,320|Likes:
Published by Nono Mardono
Bacalah oleh seluruh warga dunia
Bacalah oleh seluruh warga dunia

More info:

Published by: Nono Mardono on Nov 27, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/18/2013

pdf

text

original

 
 
Pernyataan Umum tentang Hak-Hak Asasi Manusia
Mukadimah
Menimbang bahwa pengakuan atas martabat alamiah dan hak-hak yang samadan mutlak dari semua anggota keluarga manusia adalah dasar kemerdekaan,keadilan dan perdamaian di dunia,Menimbang bahwa mengabaikan dan memandang rendah hak-hak asasimanusia telah mengakibatkan perbuatan-perbuatan bengis yang menimbulkanrasa kemarahan hati nurani umat manusia, dan terbentuknya suatu dunia tempatmanusia akan mengecap kenikmatan kebebasan berbicara dan beragama sertakebebasan dari ketakutan dan kekurangan telah dinyatakan sebagai cita-citatertinggi dari rakyat biasa,Menimbang bahwa hak-hak asasi manusia perlu dilindungi oleh peraturan hukumsupaya orang tidak akan terpaksa memilih pemberontakan sebagai usahaterakhir guna menentang kelaliman dan penindasan,Menimbang bahwa pembangunan hubungan persahabatan antara negara-negara perlu digalakkan,Menimbang bahwa bangsa-bangsa dari Perserikatan Bangsa-Bangsa sekali lagitelah menyatakan di dalam Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa kepercayaanmereka akan hak-hak dasar dari manusia, akan martabat dan nilai seseorangmanusia dan akan hak-hak yang sama dari pria maupun wanita, dan telahbertekad untuk menggalakkan kemajuan sosial dan taraf hidup yang lebih baik didalam kemerdekaan yang lebih luas,Menimbang bahwa Negara-Negara Anggota telah berjanji untuk mencapaikemajuan dalam penghargaan dan penghormatan umum terhadap hak-hak asasimanusia dan kebebasan-kebebasan asasi, dengan bekerjasama denganPerserikatan Bangsa-Bangsa,Menimbang bahwa pengertian umum tentang hak-hak dan kebebasan-kebebasan tersebut sangat penting untuk pelaksanaan yang sungguh-sungguhdari janji ini, maka,
 
 Majelis Umum dengan ini memproklamasikanPernyataan Umum tentang Hak-Hak Asasi Manusiasebagai satu standar umum keberhasilan untuk semua bangsa dan semuanegara, dengan tujuan agar setiap orang dan setiap badan dalam masyarakatdengan senantiasa mengingat Pernyataan ini, akan berusaha dengan jalanmengajar dan mendidik untuk menggalakkan penghargaan terhadap hak-hakdan kebebasan-kebebasan tersebut, dan dengan jalan tindakan-tindakanprogresif yang bersifat nasional maupun internasional, menjamin pengakuan danpenghormatannya secara universal dan efektif, baik oleh bangsa-bangsa dariNegara-Negara Anggota sendiri maupun oleh bangsa-bangsa dari daerah-daerah yang berada di bawah kekuasaan hukum mereka.
Pasal 1
Semua orang dilahirkan merdeka dan mempunyai martabat dan hak-hak yangsama. Mereka dikaruniai akal dan hati nurani dan hendaknya bergaul satu samalain dalam semangat persaudaraan.
Pasal 2
Setiap orang berhak atas semua hak dan kebebasan-kebebasan yang tercantumdi dalam Pernyataan ini tanpa perkecualian apapun, seperti ras, warna kulit, jeniskelamin, bahasa, agama, politik atau pendapat yang berlainan, asal mulakebangsaan atau kemasyarakatan, hak milik, kelahiran ataupun kedudukan lain.Di samping itu, tidak diperbolehkan melakukan perbedaan atas dasar kedudukanpolitik, hukum atau kedudukan internasional dari negara atau daerah dari manaseseorang berasal, baik dari negara yang merdeka, yang berbentuk wilayah-wilayah perwalian, jajahan atau yang berada di bawah batasan kedaulatan yanglain.
Pasal 3
 
 Setiap orang berhak atas penghidupan, kebebasan dan keselamatan individu.
Pasal 4
Tidak seorang pun boleh diperbudak atau diperhambakan, perbudakan danperdagangan budak dalam bentuk apapun mesti dilarang.
Pasal 5
Tidak seorang pun boleh disiksa atau diperlakukan secara kejam, memperolehperlakuan atau dihukum secara tidak manusiawi atau direndahkan martabatnya.
Pasal 6
Setiap orang berhak atas pengakuan di depan hukum sebagai pribadi di manasaja ia berada.
Pasal 7
Semua orang sama di depan hukum dan berhak atas perlindungan hukum yangsama tanpa diskriminasi. Semua berhak atas perlindungan yang sama terhadapsetiap bentuk diskriminasi yang bertentangan dengan Pernyataan ini danterhadap segala hasutan yang mengarah pada diskriminasi semacam itu.
Pasal 8
Setiap orang berhak atas bantuan yang efektif dari pengadilan nasional yangkompeten untuk tindakan pelanggaran hak-hak dasar yang diberikan kepadanyaoleh undang-undang dasar atau hukum.
Pasal 9
Tak seorang pun boleh ditangkap, ditahan atau dibuang dengan sewenang-wenang.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
c__dhie liked this
Nita Andriyani liked this
Vina Marwi liked this
eriek_kurniawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->