Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
73Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
bronkopneumonia

bronkopneumonia

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 5,710|Likes:
Published by uttamy_1105

More info:

Published by: uttamy_1105 on Mar 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANI.1LATAR BELAKANG
Pneumonia adalah infeksi saluran akut bagian bawah yang mengenai parenkim paru. Menurut anatomis pneumonia pada anak dibedakan menjadi pneumonia lobaris, pneumonia interstisialis, dan bronkopneumonia.
3
Bronkopneumonia sebagai penyakit yang menimbulkan gangguan pada sistem pernafasan, merupakan salah satu bentuk pneumonia yang terletak pada alveoli paru.
7
Bronkopneumonia lebih sering menyerang bayi dan anak kecil. Hal inidikarenakan respon imunitas mereka masih belum berkembang dengan baik. Tercatat bakteri sebagai penyebab tersering bronkopneumonia pada bayi dan anak adalah
Streptococcus pneumoniae
dan
 Haemophilus influenzae
.
8
 Penyakit ini masih merupakan masalah kesehatan yang mencolok walaupun ada berbagai kemajuan dalam bidang antibiotik. Hal di atas disebabkan oleh munculnyaorganisme nosokomial (didapat dari rumah sakit) yang resisten terhadap antibiotik.Adanya organisme-organisme baru dan penyakit seperti AIDS (
 Acquired  Immunodeficiency Syndrome
) yang semakin memperluas spektrum dan derajatkemungkinan terjadinya bronkopneumonia ini. Pneumonia hingga saat ini masihtercatat sebagai masalah kesehatan utama pada anak di Negara berkembang. Pneumoniamerupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas anak berusia dibawah lima tahun(balita). Diperkirakan hampir seperlima kematian anak di seluruh dunia, lebih kurangdua juta anak balita, meninggal setiap tahun akibat pneumonia, sebagian besar terjadi diAfrika dan Asia Tenggara. Menurut survey kesehatan nasional (SKN) 2001, 27,6%angka kematian bayi dan 22,8% kematian balita di Indonesia disebabkan oleh penyakitsistem respiratori, terutama pneumonia.
7
 
I.2TUJUAN PENULISAN
Untuk memahami bronkopneumonia berdasarkan definisi, epidemiologi, etiologi,klasifikasi, patogenesis, gejala klinis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang,diagnosis, penatalaksanaan dan prognosisnya.
BRONKOPNEUMONIA
Page
1
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKAII.1DEFINISI
Bronkopneumonia adalah peradangan pada paru dimana proses peradangannyaini menyebar membentuk bercak-bercak infiltrat yang berlokasi di alveoli paru dandapat pula melibatkan bronkiolus terminal.
7
Gambar 1. BronkopneumoniaII.2EPIDEMIOLOGI
Insidens penyakit saluran napas menjadi penyebab angka kematian dankecacatan yang tinggi di seluruh dunia. Sekitar 80% dari seluruh kasus baru praktek umum berhubungan dengan infeksi saluran napas yang terjadi di masyarakat (PK) ataudi dalam rumah sakit/ pusat perawatan (pneumonia nosokomial/ PN).
8
 Infeksi saluran napas bawah masih tetap merupakan masalah utama dalam bidang kesehatan, baik di negara yang sedang berkembang maupun yang sudah maju.Laporan WHO 1999 menyebutkan bahwa penyebab kematian tertinggi akibat penyakitinfeksi di dunia adalah infeksi saluran napas akut termasuk pneumonia dan influenza.Insidensi pneumonia komuniti di Amerika adalah 12 kasus per 1000 orang per tahundan merupakan penyebab kematian utama akibat infeksi pada orang dewasa di negaraitu. Angka kematian akibat pneumonia di Amerika adalah 10%. Di Amerika dengancara invasif pun penyebab pneumonia hanya ditemukan 50%. Penyebab pneumonia
BRONKOPNEUMONIA
Page
2
 
sulit ditemukan dan memerlukan waktu beberapa hari untuk mendapatkan hasilnya,sedangkan pneumonia dapat menyebabkan kematian bila tidak segera diobati, maka pada pengobatan awal pneumonia diberikan antibiotika secara empiris.
6
II.3ETIOLOGI
Etiologi pneumonia sulit dipastikan karena kultur sekret bronkus merupakantindakan yang sangat invasif sehingga tidak dilakukan. Patogen penyebab pneumonia pada anak bervariasi tergantung :
 
a.Usia b.Status imunologisc.Status lingkungand.Kondisi lingkungan (epidemiologi setempat, polusi udara)e.Status imunisasif.Faktor pejamu (penyakit penyerta, malnutrisi).
4
Usia pasien merupakan peranan penting pada perbedaan dan kekhasan pneumonia anak, terutama dalam spectrum etiologi, gambaran klinis dan strategi pengobatan. Etiologi pneumonia pada neonatus dan bayi kecil meliputi
Streptococcus grup B dan
 bakteri gram negatif seperti
 E.colli, pseudomonas sp, atau Klebsiella sp
.Pada bayi yang lebih besar dan balita pneumoni sering disebabkan oleh
Streptococcus pneumonia, H. influenzae
,
Stretococcus grup A
,
S. aureus,
sedangkan pada anak yanglebih besar dan remaja, selain bakteri tersebut, sering juga ditemukan infeksi
 Mycoplasma pneumoniae.
Gambar 2.
E.colli 
Gambar 3.
 Pseudomonas sp
BRONKOPNEUMONIA
Page
3

Activity (73)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Anty Fft liked this
dedyx2007 liked this
Nurul Fauziah liked this
Rahmat Mulia liked this
Hanter Tazze liked this
Ristari Okvaria liked this
Dananjaya Junior liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->