Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Apa Itu Penyakit Menular Seksual

Apa Itu Penyakit Menular Seksual

Ratings: (0)|Views: 226 |Likes:
Published by Hiron_Ao_5818

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Hiron_Ao_5818 on Mar 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/06/2013

pdf

text

original

 
Apa itu Penyakit Menular Seksual?
Oleh redaksi pada Kam, 12/27/2007 - 11:37.
 
Apa yang dimaksud dengan PMS? 
PMS adalah singkatan dari Penyakit Menular Seksual, yang berarti suatu infeksi atau penyakit yangkebanyakan ditularkan melalui hubungan seksual (oral, anal atau lewat vagina).PMS juga diartikan sebagai penyakit kelamin, atau infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual.Harus diperhatikan bahwa PMS menyerang sekitar alat kelamin tapi gejalanya dapat muncul danmenyerang mata, mulut, saluran pencernaan, hati, otak, dan organ tubuh lainnya.Contohnya, baik HIV/AIDS dan Hepatitis B dapat ditularkan melalui hubungan seks tapi keduanya tidakterlalu menyerang alat kelamin.
 
Mengapa kita membutuhkan informasi tentang PMS? 
Jika kita melakukan hubungan seksual dengan orang lain, walaupun hanya sekali, kita dapat terkenaPMS.
 
Apa hubungan organ-organ reproduksi dengan PMS? 
Kebanyakan PMS membahayakan organ-organ reproduksi. Pada wanita, PMS menghancurkan didingvagina atau leher rahim, biasanya tanpa tanda-tanda infeksi. Pada pria, yang terinfeksi lebih dulu adalahsaluran air kencing. Jika PMS tidak diobati dapat menyebabkan keluarnya cairan yang tidak normal daripenis dan berakibat sakit pada waktu buang air kecil. PMS yang tidak diobati dapat mempengaruhiorgan-organ reproduksi bagian dalam dan menyebabkan kemandulan baik pada pria atau wanita.
 
Bagian tubuh mana yang dapat terpengaruh PMS? 
Pada wanita
 Saluran indung telurIndung telurrahimkandung kencingleher rahimvaginasaluran kencinganus
 
Pada pria:
kandung kencingvas deferensprostatpenisepididymistesticlesaluran kencingkantung zakarseminal vesicleanus
 
Apa bahaya PMS? 
Ada beberapa bahaya PMS, yaitu:
 
Kebanyakan PMS dapat menyebabkan kita sakit
 
Beberapa PMS dapat menyebabkan kemandulan
 
Beberapa PMS dapat menyebabkan keguguran
 
PMS dapat menyebabkan kanker leher rahim
 
Beberapa PMS dapat merusak penglihatan, otak dan hati
 
PMS dapat menular kepada bayi
 
PMS dapat menyebabkan kita rentan terhadap HIV/AIDS
 
Beberapa PMS ada yang tidak bisa disembuhkan
 
 
Beberapa PMS seperti halnya HIV/AIDS dan Hepatitis B dapat menyebabkan kematian.
 
Apa saja tipe-tipe PMS? 
Ada banyak jenis PMS. Yang paling umum dan paling penting untuk diperhatikan adalah:
 
Gonore
 
Klamidia
 
Herpes Kelamin
 
Sifilis
 
Hepatitis B
 
HIV/AIDS
 
Pada saat ini, klamidia lebih banyak diperhatikan. Seperti halnya gonore, klamidia dapat menyebabkankemandulan. Herpes menyebabkan gejala-gejala yang bisa muncul dan hilang seumur hidup. Sifilis dapatmenyebabkan kerusakan yang berat jika tidak diobati. Sementara AIDS, yang disebabkan oleh HIVmenghancurkan sistem kekebalan tubuh, membuat orang sakit dan bahkan meninggal.
 
Dapatkah PMS disembuhkan? 
Tidak semua PMS dapat disembuhkan. PMS yang disebabkan oleh virus, seperti HIV/AIDS, herpeskelamin dan Hepatitis B adalah contoh PMS yang tidak dapat disembuhkan. HIV/AIDS merupakan yangpaling berbahaya. HIV/AIDS tidak dapat disembuhkan dan merusak sistem kekebalan tubuh manusiayang memiliki peranan paling penting dalam melawan penyakit. Banyak orang meninggal karena AIDSdisebabkan oleh sistem kekebalan tubuh mereka tidak dapat melawan infeksi.Herpes kelamin memiliki gejala yang muncul-hilang dan bisa terasa sangat sakit jika penyakit tsb sedangaktif. Pada herpes, obat-obatan hanya bisa digunakan untuk mengobati gejala saja, tapi virus yangmenyebabkan herpes tetap hidup di dalam tubuh selamanya.
 
Apakah setiap PMS memiliki gejala? 
Tidak!
 
Terkadang, PMS tidak menunjukkan gejala sama sekali, sehingga kita tidak tahu kalau kita sudahterinfeksi. PMS dapat bersifat
asymptomatic 
(tidak memiliki gejala) baik pada pria atau wanita. BeberapaPMS baru menunjukkan tanda-tanda dan gejala berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun setelah terinfeksi.Pada wanita, PMS bahkan tidak dapat terdeteksi. Walaupun seseorang tidak menunjukkan gejala-gejalaterinfeksi PMS, dan tidak mengetahui bahwa mereka terkena PMS, mereka tetap bisa menulari oranglain.Orang yang terinfeksi HIV biasanya tidak menunjukkan gejala setelah bertahun-tahun terinfeksi. Tidakseorangpun dapat menentukan apakah betul atau tidak seseorang terinfeksi hanya berdasarkanpenampilannya saja. Walaupun orang tsb mungkin terlihat sehat, mereka masih bisa menularkan HIVkepada orang lain. Kadang, orang yang sudah terinfeksi HIV tidak sadar bahwa mereka mengidap virustsb, karena mereka merasa sehat dan bisa tetap aktif. Hanya tes laboratorium yang dapat menunjukkanseseorang telah terinfeksi HIV atau tidak.
 
Apa gejala PMS yang paling umum? 
PMS kadang tidak memiliki gejala. Gejala yang mungkin muncul termasuk:
 
Keluar Cairan/keputihan yang tidak normal dari vagina atau penis. Pada wanita, terjadipeningkatan keputihan. Warnanya bisa menjadi lebih putih, kekuningan, kehijauan, ataukemerahmudaan. Keputihan bisa memiliki bau yang tidak sedap dan berlendir.
 
 
Pada pria, rasa panas seperti terbakar atau sakit selama atau setelah kencing, biasanyadisebabkan oleh PMS. Pada wanita, beberapa gejala dapat disebabkan oleh PMS tapi jugadisebabkan oleh infeksi kandung kencing yang tidak ditularkan melalui hubungan seksual.
 
Luka terbuka dan atau luka basah disekitar alat kelamin atau mulut. Luka tersebut dapat terasasakit atau tidak.
 
Tonjolan kecil-kecil (
papules 
) disekitar alat kelamin
 
Kemerahan di sekitar alat kelamin
 
Pada pria, rasa sakit atau kemerahan terjadi pada kantung zakar
 
Rasa sakit diperut bagian bawah yang muncul dan hilang, dan tidak berhubungan denganmenstruasi
 
Bercak darah setelah hubungan seksual
 
Berikut tabel gejala umum PMS
 
Gejala
 
Perempuan
 
Laki-laki
 
Luka Luka dengan atau tanpa rasa sakit, disekitar alat kelamin,anus, mulut atau bagian tubuh yang lain. Tonjolan kecil-kecil,diikuti luka yang sangat sakit di sekitar alat kelaminCairan tidak normal Cairan dari vagina bisa gatal,kekuningan, kehijauan,berbau atau berlendir.Duhtubuh bisa juga keluardari anus.Cairan bening atau berwarnaberasal dari pembukaankepala penis atau anus.Sakit pada saat bunag airkecilPMS pada wanita biasanyatidak menyebabkan sakitatau burning urinationRasa terbakar atau rasa sakitselama atau setelah urinationterkadang diikuti denganduhtubuh dari penisPerubahan warna kulit terutama di bagian telapak tangan atau kaki. Perubahan biasmenyebar ke seluruh bagian tubuhTonjolan seperti jenggerayamTumbuh tomjolan seperti jengger ayam di sekitar alat kelaminSakit pada bagian bawahperutRasa sakit yang muncul dan hilang, yang tidak berkaitandengan menstruasi bisa menjadi tanda infeksi saluranreproduksi (infeksi yang telah berpindah ke bagian dalamsystem reproduksi, termasuk servik, tuba falopi, dan ovarium)Kemerahan Kemerahan pada sekitar alatkelamin, atau diantara kakiKemerahan pada sekitar alatkelamin, kemerahan dansakit di kantong zakarGejala lain dari HIV/AIDS
Demam
Keringat malam
Sakit kepala
Kemerahan di ketiak, paha atau leher
Mencret yang terus menerus
Penurunan berat badan secara cepat
Batuk, dengan atau tanpa darah
Bintik ungu kebiruan pada kulit

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
1 thousand reads
Mumpuni Aryanti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->