Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kontingen Garuda

Kontingen Garuda

Ratings: (0)|Views: 87 |Likes:

More info:

Published by: Dank Basuki Ardi Saputra on Mar 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/27/2013

pdf

text

original

 
Kontingen Garuda
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kontingen Garuda
disingkat
KONGA
atau
Pasukan Garuda
adalah pasukanTentara NasionalIndonesiayang ditugaskan sebagai pasukan perdamaian di negara lain.Indonesiamulai turut serta mengirim pasukannya sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian PBBsejak 1957.
[sunting] Sejarah
Ketika Indonesiamenyatakan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, Mesir segera mengadakan sidang menteri luar negeri negara-negara Liga Arab. Pada18 November  1946, mereka menetapkan resolusi tentang pengakuan kemerdekaan RI sebagai negara merdeka dan berdaulat penuh.Pengakuan tersebut adalah suatu pengakuan de jure menurut hukum internasional.Untuk menyampaikan pengakuan ini Sekretaris Jenderal Liga Arabketika itu, Abdurrahman Azzam Pasya, mengutus Konsul JendralMesir di India, Mohammad Abdul Mun'im, untuk pergi ke Indonesia. Setelah melalui perjalanan panjang dan penuh dengan rintangan terutama dari pihak Belandamaka akhirnya ia sampai ke Ibu Kota RI waktu itu yaituYogyakarta, dan diterima secara kenegaraan oleh PresidenSoekarnodan Bung Hatta  pada 15 Maret 1947. Ini pengakuan pertama atas kemerdekaan RI oleh negara asing.Hubungan yang baik tersebut berlanjut dengan dibukanya Perwakilan RI di Mesir denganmenunjuk HM Rasyidisebagi
Charge d'Affairs
atau "Kuasa Usaha". Perwakilan tersebutmerangkap sebagai misi diplomatik tetap untuk seluruh negara-negara Liga Arab. Hubungan yangakrab ini memberi arti pada perjuangan Indonesia sewaktu terjadi perdebatan di forum MajelisUmum PBBdan Dewan Keamanan PBB yang membicarakan sengketa Indonesia-Belanda, para diplomat Arab dengan gigih mendukung Indonesia.Presiden Sukarno membalas pembelaan negara-negara Arab di forum internasional denganmengunjungi Mesir dan Arab Saudipada Mei 1956 danIrak pada April 1960. Pada 1956, ketika Majelis Umum PBBmemutuskan untuk menarik mundur pasukanInggris, PrancisdanIsraeldari wilayah Mesir, Indonesia mendukung keputusan itu dan untuk pertama kalinya mengirim PasukanPemelihara Perdamaian PBB ke Mesir yang dinamakan dengan
Kontingen Garuda I
atau
KONGA I
.
[sunting] Daftar kontingen
[sunting] Kontingen Garuda I
Kontingen Garuda I dikirim pada8 Januari 1957keMesir . Kontingen Garuda Indonesia I terdiri dari gabungan personel dari Resimen Infanteri-15 Tentara Territorium (TT) IV/Diponegoro, serta 1kompi dari Resimen Infanteri-18 TT V/Brawijaya di Malang. Kontingen ini dipimpin oleh LetnanKolonel InfanteriHartoyoyang kemudian digantikan oleh Letnan Kolonel Infanteri Suadi
 
Suromihardjo, sedangkan wakilnya Mayor InfanteriSoediono Suryantoro. Kontingen Indonesia  berangkat tanggal 8 Januari 1957 dengan pesawat C-124 Globe Master dari Angkatan UdaraAmerika Serikat menuju Beirut, ibukota Libanon. DariBeirut  pasukan dibagi dua, sebagian menuju ke Abu Suweir dan sebagian ke Al Sandhira. Selanjutnya pasukan di El Sandhiradipindahkan keGaza,daerah perbatasan Mesir danIsrael, sedangkan kelompok Komando berada diRafah.Kontingen ini mengakhiri masa tugasnya pada tanggal29 September  1957. Kontingen Garuda I berkekuatan 559 pasukan.
[sunting] Kontingen Garuda II
Konga II dikirim keKongopada1960 dan dipimpin oleh Letkol Inf Solichin GP.Konga II berada di bawah misiUNOC.KONGA II berjumlah 1.074 orang dipimpin Kol.Prijatna(kemudian digantikan oleh Letkol Solichin G.P) bertugas di Kongo September 1960 hingga Mei 1961.
[sunting] Kontingen Garuda III
Konga III dikirim ke Kongo pada1962.Konga III berada di bawah misi UNOC dan dipimpin oleh Brigjen TNIKemal Idrisdan Kol Inf Sobirin Mochtar .KONGA III terdiri atas 3.457orang dipimpin oleh Brigjen TNI Kemal Idris, kemudian Kol. Sabirin Mochtar. KONGA III terdiri atasBatalyon 531/Raiders, satuan-satuan Kodam II/Bukit Barisan, Batalyon Kavaleri 7, dan unsur  bantuan tempur. Seorang Wartawan dari Medan,H.A. Manan Karim (pernah menjadi Wkl. Pemred Hr Analisis) turut dalam kontingen Garuda yang bertugas hingga akhir 1963. Menteri/PanglimaAngkatan Darat Letjen TNIAhmad Yanipernah berkunjung ke Markas Pasukan PBB di Kongo(ketika itu bernama Zaire) pada tanggal 19 Mei 1963. Komandan Yon Kavaleri 7 Letkol GA.Manulanggugur di Kongo.
[sunting] Kontingen Garuda IV
Konga IV dikirim keVietnampada1973. Konga IV berada di bawah misiICCS dan dipimpin oleh Brigjen TNIWiyogo Atmodarminto.Pada tanggal23 Januari 1973  pasukan Garuda IV diberangkatkan ke Vietnam yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal TNI Wiyogo Atmodarminto,yang merangkap Deputi Militer Misriga dengan kekuatan 294 orang yang terdiri dari anggotaABRI dan PNS Departemen Luar Negeri. Kontingen Garuda IV ini merupakan Kontingen ICCS(International Commission of Cantre and Supervision) pertama yang tiba di Vietnam. Tugaskontingen Garuda IV adalah mencegah pelanggaran-pelanggaran, menjaga status quo, mengawasievakuasi pasukan dan alat-alat perang serta mengawali pertukaran tawanan perang.
[sunting] Kontingen Garuda V
Konga V dikirim ke Vietnam pada1973. Konga V berada di bawah misi ICCS dan dipimpin olehBrigjen TNIHarsoyo.
[sunting] Kontingen Garuda VI
Konga VI dikirim keTimur Tengahpada1973. Konga VI berada di bawah misiUNEFdan dipimpin oleh Kol Inf Rudini. Kontingen Garuda Indonesia VI di resmikan oleh
 
Menhankam/Pangab Jenderal TNIM. Pangabean. Tugas pokok Kontingen Garuda Indonesiasebagai peace keeping force atau “Pasukan Pemelihara Perdamaian”. Komposisi Kontingentersebut berintikan Yonif 512/Brigif Kodam VIII/Brawijaya dengan kekuatan 466 orang, dibawah pimpinan Kolonel Inf.Rudini. Sebagai Komandan Komando Taktis, ditunjuk Mayor  Basofi Sudirman. Selain pengiriman Kontingen, atas permintaan PBB diberangkatkan pula Brigadir JenderalHimawan Sutantosebagai Komandan Brigade Selatan Pasukan PBB di Timur Tengah, pada tanggal 13 Desember 1973. Kontingen Garuda Indonesia VI tiba kembali di Indonesia setelahmenyelesaikan tugasnya di Timur Tengah selama sembilan bulan. Pada tanggal 31 September 1974, Kasum Hankam Marsdya TNISudharmono atas nama Menhankam/Pangab membubarkan Kontingen Garuda Indonesia VI dan selanjutnya diserahkan kepada kesatuan masing-masing.
[sunting] Kontingen Garuda VII
Konga VII dikirim ke Vietnam pada1974.Konga VII berada di bawah misi ICCS dan dipimpin oleh Brigjen TNIS. Sumantri.
[sunting] Kontingen Garuda VIII
Kontingen Garuda VIII dikirim dalam rangka misi perdamaian PBB di Timur Tengah paskaPerang Yom Kippur antaraMesir dan Israelyang berlangsung dari tanggal 6 sampai dengan 26 Oktober 1973, dengan tercapainya gencatan senjata di kilometer 101 dan disusul dengan keluarnyaresolusi PBB 340
.Kontingen Garuda VIII bertugas di daerah penyangga PBB diSemenanjungSinai tersebut dikirim dalam 9 gelombang rotasi, dan setiap rotasi bertugas selama 6 bulan. Negarayang berkontribusi dalam pasukan perdamaian dalam wadahUNEF II tersebut yaitu dariAustralia, Austria (penerbangan), Kanada (logistik), Finlandia (pasukan),Ghana (pasukan),Indonesia (pasukan),Irlandia, Nepal,Panama,Peru, Polandia (logistik), Senegaldan Swedia (pasukan)
[sunting] Kontingen Garuda VIII/1
Konga VIII/1 dikirim ke Timur Tengah pada 1974. Konga VIII/1 berada di bawah misiUNEF II dan dipimpin oleh Kol ArtSudiman Saleh.
[sunting] Kontingen Garuda VIII/2
Konga VIII/2 dikirim ke Timur Tengah pada1975. Konga VIII/2 berada di bawah misiUNEF II  dan dipimpin oleh Kol Inf Gunawan Wibisono. Berintikan anggota TNI dari kesatuan KOSTRAD,yaitu dari YONIF LINUD 305/Tengkorak-BRIGIF LINUD 17/KOSTRAD.
[sunting] Kontingen Garuda VIII/3
Konga VIII/3 dikirim ke Timur Tengah pada1976. Konga VIII/3 berada di bawah misiUNEF II  dan dipimpin oleh Kol Inf Untung Sridadi.
[sunting] Kontingen Garuda VIII/4

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->