Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
60Activity
P. 1
Ilmu Pengetahuan Alam Semester Ganjil (s. Anwar)

Ilmu Pengetahuan Alam Semester Ganjil (s. Anwar)

Ratings: (0)|Views: 25,616|Likes:
Published by Syaiful Anwar

More info:

Published by: Syaiful Anwar on Mar 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/10/2013

pdf

text

original

 
ULUL ALBAB, Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5
- 1 - 
 
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Standar kompetensi :
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
Kompetensi dasar :
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia.1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan, misalnya ikan dan cacing tanah.1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia.1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia.
A. Alat Pernapasan Pada Manusia
Semua mahluk hidup bernafas.
Bernafas 
adalah proses menghirup udara dan mengeluarkan udara. Pada waktubernafas kita mengambil oksigen ( O
2
) dari udara bebas dan mengeluarkan ( CO
2
) serta uap air ( H
2
O ). Ketika kamumenghirup udara, oksigen masuk melalui hidung, kemudian masuk kepangkal tenggorokan setelah itu, oksigenmelewati dua saluran yang berukuran lebih kecil dari tenggorokan. Dua saluran ini disebut
Bronkus 
. Setelahmelewati bronkus udara masuk ke paru-paru. Oksigen merupakan zat yang diperlukan oleh tubuh dalam prosespembakaran zat makanan. Pada proses ini dihasilkan sejumlah energi yang nantinya digunakan untuk melakukanaktifitas kehidupan. Alat pernapasan pada manusia terdiri dari hidung, pangkal tenggorokan (laring), tenggorokan(trakea) cabang tenggorokan (bronkus), cabang bronkus (bronkiolus). Di setiap ujung bronkiolus terdapat gelembungudara (alveolus). Bronkiolus dan alveolus membentuk paru-paru. Pertukaran oksigen dan karbon dioksidaberlangsung di
alveolus 
 
Alat Pernapasan Manusia 
1. Rongga Hidung
Hidung merupakan bagian alatpernapasan paling atas dan memiliki lubangtempat keluar masuknya udara. Udara dari luarakan masuk lewat rongga hidung (cavumnasalis). Rongga hidung berlapis selaput lendir,di dalamnya terdapat kelenjar minyak dankelenjar keringat. Selaput lendir
berfungsi 
 menangkap benda asing yang masuk saluranpernapasan dan juga berfungsi menghangatkanudara yang masuk. Selain itu, terdapat jugarambut pendek yang tebal yang berfungsimenyaring partikel kotoran yang masukbersamaudara.
2. Faring
 
Udara dari rongga hidung masuk kefaring.
Faring 
merupakan cabang dari 2 saluran,yaitu saluran pernapasan pada bagian depandan saluran pencernaan pada bagian belakang.Pada bagian belakang faring terdapat
Laring 
 (tekak) yakni tempat terletaknya pita suara (pitavocalis). Masuknya udara melalui faring akanmenyebabkan pita suara bergetar dan terdengarsebagai suara. Selain itu laring merupakanpersimpangan antara kerongkongan danpangkal tenggorokan.
Gambar Laring 
3. Tenggorokan
 Tenggorokan berupa pipa yangpanjangya kurang lebih 10 cm, terletak sebagian
 
ULUL ALBAB, Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5
 
di leher dan sebagian di dada. Dindingtenggorokan tipis dan kaku, dikelilingi cincintulang rawan, dan pada bagian dalam ronggabersilia. Silia-silia inii
berfungsi 
menyaringbenda-benda asing yang masuk ke saluranpernapasan, selain itu dinding sebelah dalamtenggorokan berlapiskan selaput lendir yang sel-selnya berambut getar dan berfungsi untukmenahan dan mengeluarkan kotoran-kotoranyang ikut dengan udara agar tidak masuk kedalam paru-paruBatang tenggorok (trakea) tersusun atas tulang-tulang rawan, letaknya disebelah depankerongkongan.
4. Cabang-cabang Tenggorokan (Bronkus)
 Tenggorokan (Trakea) bercabang menjadi duabagian, yaitu bronkus kanan dan bronkus kiri. .Bronkus kanan menuju paru-paru kanansedangkan bronkus kiri menuju paru-paru kiri..Bronkus bercabang-cabang lagi menjadibronkiolus.
5. Bronkiolus
Bronkiolus merupakan cabang daribronkus yang menghubungkan bronkus dengangelambir paru-paru kanan dan gelambir paru-paru kiri. Bronkiolus juga memiliki percabanganyang jumlahnya sangat banyak. Cabang-cabangtersebut sangat halus dan tipis. Setiap ujungcabang membentuk kantung berdinding tipisyang disebut
alveolus 
.
6. Alveolus
Alveolus merupakan bintil-bintil ataugelembung yang sangat halus dan tipis diujungbronkiolus dan menyebar diseluruh gelambirparu-paru. Gelembung tersebut diselimutipembuluh kapiler darah. Alveolus
berfungsi 
 sebagai tempat pertukaran gas karbon dioksida( CO
2
) dan uap air ( H
2
O ) dengan gas oksigen (O
2
).
7. Paru-Paru (Pulmo)
 Paru-paru terletak di dalam rongga dadabagian diatas diafragma,
Diafragma 
adalahsekat antara rongga dada dan rongga perut.Sedangkan dibagian samping dibatasi oleh ototdan rusuk dan di bagian bawah dibatasi olehdiafragma yang berotot kuat. Paru-paru ada duabagian, yaitu paru-paru kanan yang terdiri atas 3gelambir, yaitu
gelambir atas, gelambir tengah dan gelambir bawah 
sedangkan paru-paru kiriyang terdiri atas 2 gelambir, yaitu
gelambir atas dan gelambir bawah 
. Paru-paru dibungkus olehselaput yang tipis, disebut
pleura 
.
Proses Pernapasan 
pada manusia dapatdijelaskan sebagai berikut : Ketika paru-parumengembang, maka udara masuk ke paru-parumengembang, maka udara masuk keparu-paru. Didalam alveolus oksigen diikat oleh darah dan darahmelepas gas hasil pembakaran ( CO
2
), kemudiankarbondioksida ( CO
2
) dikeluarkan kembali bersamadengan gas yang lain. Paru-paru akan mengempis bilamengeluarkan karbondioksida. Mengempisnya paru-paru mengakibatkan tulang rusuk turun dan diafragmanaik.Mekanisme pernapasan manusia dibedakanatas dua macam, yaitu pernapasan dada danpernapasan perut.
1. Pernapasan Dada
 
Pernapasan Dada 
adalah pernapasan yangmelibatkan otot antartulang rusuk, dalam hal initulang rusuk kita naik dan turun. Mekanismenyadapat dibedakan sebagai berikut :
a.
Fase Inspirasi 
.
Inspirasi 
adalah proses masuknya udarapernapasan kedalam paru-paru. Fase ini berupaberkontraksinya otot antartulang rusuk, sehinggarongga dada membesar, akibatnya tekanandidalam rongga dada menjadi lebih kecildaripada tekanan diluar yang kaya oksigenmasuk.
b.
Fase Ekspirasi 
.
Ekspirasi 
adalah proses keluarnya karbondiokasida ( CO
2
) dari dalam paru-paru. Fase inimerupakan fase relaksasi atau kembalinya ototantara tulang rusuk ke posisi semula yang diikutioleh turunnya tulang rusuk sehingga ronggadada menjadi kecil, sebagai akibatnya, tekanandidalam rongga dada menjadi lebih besar daripada tekanan dari luar, sehingga udara dalamrongga dada yang kaya karbon dioksida keluar.
2. Pernapasan Perut
Pernapasan Perut 
adalah pernapasan denganmenggunakan diafragma (selaput rongga dada)Pernapasan perut merupakan pernapasan yangmekanismenya melibatkan aktifitas otot-ototdiafragma yang membatasi rongga perut dan ronggadada.
 
Mekanisme pernapasan Perut dapat dibedakanmenjadi dua tahap yakni :
a.
Fase Inspirasi 
. Pada fase ini otot diafragmaberkontraksi sehingga diafragma mendatar,akibatnya rongga dada membesar dan tekananmenjadi kecil sehingga udara luar masuk.
b.
Fase ekspirasi 
. Fase ekspirasi merupakan faseberelaksasinya otot diafragma (kembali ke posisisemula, mengembang) sehingga rongga dadamengecil dan tekanan menjadi lebih besar,akibatnya udara keluar dari paru-paru.
B. Gangguan Pernapasan
 
ULUL ALBAB, Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5
 
Seperti halnya kendaraan bermotor, alat pernapasan kita pun juga dapat terganggu jika ada salah satu alatpernapasan kita mengalami gangguan. Gangguan pernapasan tersebut dapat disebabkan oleh kuman maupun polusiudara. Berikut ini beberapa gangguan atau penyakit pada alat pernapasan kita antara lain :
1. Influenza ( flu
Merupakan penyakit yang disebabkanoleh virus. Ciri-cirinya adalah badan kitamengalami demam, menggigil, sakit kepala,batuk, bersin-bersin, serta sakit nyeridipunggung kita.
2. Asma 
Asma adalah gangguan pernapasan karenapenyempitan saluran pernafasan.yangdisebabkan oleh beberapa hal yakni sebagaiberikut :a. Udara yang tercemar oleh asap dan debu.b. Udara yang terlalu dingin.c. Keadaan jiwa penderita, misalnya stres dantekanan emosi.
3. Sesak Nafas 
Sesak nafas adalah gangguanpernapasan karena udara tercemar oleh asapdan debu. Biasanya banyak terjadi didaerahperkotaan yang udaranya banyak tercemar olehasap kendaraan, pabrik dan lain-lain.
4. Radang Paru-Paru 
Radang paru-paru adalah penyakit yangdisebabkan karena bakteri tuberkulosis atauyang lebih dikenal sebagai penyakit TBC.
5. Bronkitis 
Bronkitis adalah penyakit yangdisebabkan karena adanya peradangan padabatang tenggorok (bronkus).
6. Polip 
Polip adalah penyakit yang disebabkan karenapenyempitan saluran pernapasan akibatterjadinya pembengkakan kelenjar limfa.Maka dari itu kita harus menjaga alat pernpasankita agar tidak mudah terserang penyakit. Udara yangbaik untuk melakukan pernapasan adalah udara yangsegar, misalnya udara pagi. Berikut ini ada beberapahal-hal yang dapat dilkukan untuk menjaga alatpernapasan kita adalah sebagai berikut :1. Mengkonsumsi makan makanan sehat dan bergiziseimbang.2. Berolahraga secara teratur.3. Menjaga sirkulasi udara dirumah.4. Mengenakan penutup hidung (masker) saatberkendaraan.5. Menjaga kebersihan.6. Istirahat teratur.7. Menjauhi asap rokok
Ketika kita dikota besar khususnya dijalan raya kita merasa bahwa udara dikota sangat panas. Hal ini mungkin akan menyebabkan timbulnya penyakit pernapasan. Bersama kelompokmu, pecahkan cara apa yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut, kemudian bacakan hasil diskusi kelompokmu tersebut didepan kelas serta kumpulkan tugasmu tersebut kepada gurumu ! 
 
 
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan jelas dan benar !
1. Bagaimana proses pernapasan pada manusia ?
 
2. Apa fungsi rambut hidung dan selaput lendir pada rongga hidung ?3. Apa yang kamu ketahui tentang pernapasan dada dan pernapasan perut ?4. Jelaskan arti istilah-istilah dibawah ini !a. Laring c. Pleura e. Inspirasi g. Diafragmab. Alveolus d. Bronkiolus f. Ekspirasi5. Sebutkan beberapa cara agar kita terhindar dari penyakit pernapasan ?
C. Alat Pernapasan Pada Hewan
Alat pernapasan pada hewan tergantung pada habitatnya (tempat hidupnya). Alat pernapasan hewan antara lainparu-paru, insang, kulit dan trakea.
1. Hewan
 
Bertulang Belakang
Alat pernapasan hewan bertulang belakang juga bermacam-macam. Tetapi pada umumnyahewan air bernapas dengan insang dan hewandarat bernapas dengan paru-paru.
a. Ikan
Ikan bernapas dengan
insang 
. Insangikan berbetuk seperti sisir dan berjumlah 4pasang. insang terdiri dari rigi-rigi insang,
DikoreksitanggalNilaiParafguruParafwali

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->