Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN KIMIA

MAKALAH PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN KIMIA

Ratings: (0)|Views: 1,577 |Likes:
Published by Jul Hasratman

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: Jul Hasratman on Mar 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

06/07/2013

pdf

 
1
PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASIDALAM PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN KIMIA
OlehJul Hasratman, S.SiMakalah Diajukan Sebagai Tugas Akhir Mata KuliahLandasan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran SainsDibimbing Oleh:Prof. Drs. Sutrisno, M.Sc., Ph.D.Drs. Saharudin, M.App.Sc., M.Ed., Ph.D.Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D.
 
PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAMPROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS JAMBI2012
 
2
PENDAHULUAN
Teknologi Informasi dan Komunikasi atau TIK (bahasa Inggris : Information and CommunicationTechnology, disingkat ICT) dewasa ini telah dipandang sebagai suatu kebutuhan bagi banyakmanusia. Pada saat ini kita hidup di dalam masyarakat digital berbasis TIK dimanapenggunaannya telah hadir di setiap waktu dan tempat. TIK memainkan peranan yang sangatsignifikan baik di dalam urusan pribadi maupun urusan pekerjaan. Keadaan ini mendorongsemua pihak untuk hidup bersama TIK dalam segala aspek yang menuntut pola pengelolaanyang lebih baik untuk mendapatkan manfaat positifnya.Teknologi Informasi (TI) adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk mengelola data,termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data denganberbagai macam cara dan prosedur guna menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilaiguna tinggi, sementara Teknologi Komunikasi (TK) adalah teknologi yang dipergunakan untukmentransfer aneka informasi sehingga tepat guna, tepat sasaran, dan memiliki nilai. Meskidalam praktiknya, antara TI dan TK terkadang tidak dapat dipisahkan antara satu sama lain. Halini disebutkan Lestari (2011) bahwa TIK adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yangmengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan,manipulasi, pengelolaan, dan transfer informasi antar media. Bila ada penggunaan TI makasecara langsung akan terkait dengan penggunaan TK.Secara umum TIK adalah semua aspek yang melibatkan teknologi, rekayasa, dan teknikpengelolaan yang digunakan dalam pengendalian dan pemrosesan informasi sertapenggunaannya. Ada tiga komponen utama pembelajaran yang berbasis TIK yakni komputer,multimedia, dan telekomunikasi. Penggunaan TIK merupakan suatu model pembelajaran yangmendukung terwujudnya visi pendidikan global (Asyhar, 2011). Visi pendidikan global sebagaisuatu kekuata baru dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan saat ini.
 
3
Pada umumnya pembelajaran dan pengejaran kimia masih diajarkan dengan metode ceramahdan/atau diskusi. Pada pola seperti ini, beberapa konsep kimia yang seharusnya pentingdipahami terkadang dipelajari dengan metode hafalan oleh peserta didik. Seorang pengajardikatakan telah berhasil hanya apabila mampu memberikan sejumlah soal-soal kimia teoritisyang mampu dijelaskan secara lugas dan jelas oleh siswanya pada tataran defenisi.Permasalahan ini hadir karena minimnya bahkan tidak ada sama sekali penggunaan model-model pembelajaran dan penerapan TIK yang terlupakan.Penerapan TIK menawarkan solusi terhadap permasalahan di atas. TIK dapat menjadi alat bantuyang sangat efektif dalam menayangkan keadaan ini. Siswa lebih mudah memahami danmampu membangunnya secara permanen dalam ingatan jangka panjang. Beberapa penelitianmenunjukkan bahwa dengan adanya penerapan TIK dalam pembelajaran dan pengajaran kimiaternyata mampu memberikan dampak positif yang signifikan.Dalam tulisan ini, penulis akan menguraikan secara singkat tentang beberapa penggunaan TIKyang sukses diterapkan di lembaga pendidikan di luar negeri serta beberapa dampak positif yang diperoleh dari adanya penerapan tersebut. Tulisan ini bertujuan untuk memberikanwawasan praktis dan motivasi kepada para pengajar kimia bahwa penerapan TIK adalah suatuhal yang tidak dapat dihindarkan lagi bahkan perlu didorong dengan proses perbaikan danpengelolaan yang lebih mantap.
DISKUSI
Menurut Newhouse (2002), teknologi sebenarnya dikembangkan untuk memecahkan berbagaimasalah atau kendala yang dihadapi oleh manusia dengan cara-cara yang produktif. Apabilatidak ada permasalahan, teknologi tidak dikembangkan dan tidak diadopsi. Dengan kata lainkehadiran teknologi tidak diperlukan jika tidak ada permasalahan yang ingin dipecahkan.Sebagai contoh permasalahan tentang jarak. Jarak yang jauh terhadap dua orang yang inginberkomunikasi adalah sebuah kesulitan untuk melakukan hal itu. Dengan adanya teknologi

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
cillong101 liked this
cillong101 liked this
Ifa Syarif liked this
Ayun Afroch liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->