Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MACAM STRUKTUR ORGANISASI

MACAM STRUKTUR ORGANISASI

Ratings: (0)|Views: 308 |Likes:
Published by Debby Macella

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Debby Macella on Mar 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2014

pdf

text

original

 
MACAM STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi dapat didefinisikan sebagai mekanisme-mekanisme formldengan nama organisasi yang dikelola. Struktur organisasi menunjukkan kerangkadan susunan perwujudan pola tetap hubungan-hubungan di antara fungsi-fungsi, bagian-bagian, atau posisi-posisi, maupun orang-orang yang menunjukkankedudukan, tugas wewenang dan tanggung jawab yang berbeda-beda dalam suatuorganisasi. Struktur ini mengandung unsur-unsur spesialisasi kerja, standarisasi,koordinasi, sentralisasi, atau desentralisasi dalam pembuatan keputusan dan besaran(ukuran) satuan kerja. Di dalam strukutur organisasi terdapat dua macamstruktur organisasi yaitu struktur oranisasi lini dan organisasi staf.1.Struktur oragisasi liniSemua organisasi mempunyai sejumlah fungsi-fungsi dasar yang harusdilaksanakan. Sebagai contoh, organisasi perusahaan biasanya palingsedikit mempunyai tiga fungsi dasar-produksi(manufacturing atauoperasi), pemasaran(penjualan) dan keuangan. Fungsi-fungsi dasar tersebut dilaksanakan oleh semua organisasi, baik manufacturer, padagang, eceran, perusahaan jasa, ataupun organisasi lini dimana perintahadalah jelas mengalir kebawah melalui tingkatan-tingkatan manajerial.
direktur
Manajer  pemasaranManajer  produksiManajer keuanganManajer  penjualan
 
Gambar diatas merupakan contoh dari struktur organisasi lini, dimana tiap-tiap individu dalam departemen-departemen melaksanakan kegiatannyasesuai bagiannya masing-masing dan setiap orang mempunayai hubunagn pelaporan hanya dengan satu atasan sehingga ada kesatuan perintah yaitudari direktur.Kegiatan-kegiatan lini fidalam suatu oraganisasi seperti dalam perkantoran, mencerminkan pekerjaan pokok organisasi, mamajemen puncak atau pemimpin dari organisasi tersebut harus secara khususmemeperhatikan kebutuhan integritas dan pengaruh bagian-bagian satusama lain dalam organisasi tersebut. Pembatasan pelaksanaan departemenlini dengan melimpahkan terlalu banyak wewenang kepada staf dapatmengurangi moral dan efisiensi departemen bersangkutan.
Wewenang lini
Wewenang lini adalah wewenang dimaa atasan melakukannya atas bawahnnya langsung. Ini diwujudkan dalam wewenang perintah dansecara langsung tercermin sebagi rantai perintah, sera diturunkan kebawahmelalui ttingkatan organisasi.Penempatan pegawai dalam struktur organisasi inipun, biasanyadipertimbangkan dari tingkat pendidikan dan pengalamannya bekerja.Misalnya, menjadi seorang manager keuangan, dituntut minimal pendidikan S1 managemen ekonomi dan memiliki pengalaman kerja 3th.Hal ini tentunya menankan bahwa untuk masuk kedalam organisasi lini,membutuhkan persyaratan tertentu.2.Struktur organisasi staf Staf merupakan individu atau kelompok(terdiri para ahli) dalam struktur organisasi yang fungsi utamanya memberikan saran dan pelayanan kepadafungsi lini. Karyawan staf tidak secara langsung terlibat dalam kegiatanutama organisasi. Sebagai contoh, staf spesialis pemeliharaan tidak mensiptakan produk, menjual, dan mengelola keuangan. Staf itu ada
 
gunanya untuk membantu bagian lini mencapai tujuan organisasi denganlebih efektif.Dari gambar diatas kita dapat melihat untuk membedakan mana staf danmana yang lini, kita bisa bedakan dengan garis putus-putus. Di man staf merupakan tongkat penyangga, penting untuk membantu dalam organisasidalam mencapai tujuan organisasi.Ada dua tipe staf, yaitu pribadi atau staf spesialis. Staf pribadi(personallstaf) dibentuk untuk memberikan saran, bantuan dan jasa kepadaseseorang menejer(individu). Staf pribadi terkadang disebut juga denganasisten atau staf yang mempunyai tugas bermacam-macam untuk alasandan biasanya generalis.Sedangkan staf spesialis memberikan saran, konsultasi, bantuan, sanmelayani seluruh lini dan organisasi. Disebut staf spesialis karenafungsinya sempit dan membutuhkan keahlian khusus.
direkturhukum
SEKRETARIS
Manajer  pemasaranManagemen produksi
Manager oemasaranMenejer keuangan

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Mulia Candela liked this
Dhilla Cyank liked this
Achmad Zubairi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->