Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Minyak Pala

Minyak Pala

Ratings: (0)|Views: 12|Likes:
Published by Eteris Nusantara

More info:

Published by: Eteris Nusantara on Mar 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/13/2012

pdf

text

original

 
(Nutmerg Oil)
 
Harga per 100 ml, untuk pembelian diatas1000 ml silahkan hubungi kami!
Minyak Pala
 
 
Pala (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan berupa pohon yangberasal dari kepulauan Banda, Maluku. Akibat nilainya yang tinggi sebagairempah-rempah, buah dan biji pala telah menjadi komoditi perdaganganyang penting sejak masa Romawi. Pala disebut-sebut dalam ensiklopediakarya Plinius "Si Tua". Semenjak zaman eksplorasi Eropa pala tersebar luasdi daerah tropika lain seperti Mauritius dan Karibia (Pulau Grenada).Istilah pala juga dipakai untuk biji pala yang diperdagangkan.Tumbuhan iniberumah dua (dioecious) sehingga dikenal pohon jantan dan pohonbetina. Daunnya berbentuk elips langsing. Buahnya berbentuk lonjongseperti lemon, berwarna kuning, berdaging dan beraroma khas karenamengandung minyak atsiri pada daging buahnya. Bila masak, kulit dandaging buah membuka dan biji akan terlihat terbungkus fuli yangberwarna merah. Satu buah menghasilkan satu biji berwarna coklat.
 
Pala dipanen biji, salut bijinya (arillus), dan daging buahnya. Dalamperdagangan, salut biji pala dinamakan fuli, atau dalam bahasa Inggrisdisebut mace, dalam istilah farmasi disebut myristicae arillus atau macis).Daging buah pala dinamakan myristicae fructus cortex. Panen pertamadilakukan 7 sampai 9 tahun setelah pohonnya ditanam dan mencapaikemampuan produksi maksimum setelah 25 tahun. Tumbuhnya dapatmencapai 20m dan usianya bisa mencapai ratusan tahun.
Sebelum dipasarkan, biji dijemur hingga kering setelah dipisah dari fulinya.Pengeringan ini memakan waktu enam sampai delapan minggu. Bagiandalam biji akan menyusut dalam proses ini dan akan terdengar bila bijidigoyangkan. Cangkang biji akan pecah dan bagian dalam biji dijualsebagai pala.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->