Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Minyak Selasih

Minyak Selasih

Ratings: (0)|Views: 48 |Likes:
Published by Eteris Nusantara

More info:

Published by: Eteris Nusantara on Mar 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/20/2012

pdf

text

original

 
(Ocinum bas. grasst. Oil)
 
Harga per 100 ml, untuk pembelian diatas1000 ml silahkan hubungi kami!
Minyak Selasih
 
 
Selasih, tlasih, basil, atau basilikum (Ocimum) adalah segolongan ternayang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah sertapenyegar (tonikum). Berbagai bagian tumbuhan ini berbau dan berasakhas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya.Beberapa di antaranya bahkan dapat membuat mabuk. Beberapa jenisselasih, misalnya kemangi, berasal dari Asia Tenggara, namun sebagianbesar dianggap berasal dari anak benua India.Orang Eropa secaratradisional mengenal O. basilicum ("basil" atau "sweet basil") sebagairempah yang diwariskan dari tradisi Yunani Kuno. Di India, selasih yangpaling dikenal adalah "tlasi" atau "tulasi" ("holy basil", O. tenuiflorum syn.O. sanctum). Nama Melayu selasih diambil dari nama ini melalui bahasaSanskerta. Warga Indocina dikenal menggunakan berbagai kultivar selasih.
 
Di Thailand dan negara-negara lain setempat dikenal "horapa" ("Thaibasil", O. basilicum convar. Thyrsiflorum) dan "manglak" ("Thai lemonbasil", O. ×citriodorum). Horapa populer sebagai bagian dari menuVietnam, misalnya pada sup sapi
phở
. Manglak dikenal di Indonesiasebagai kemangi.Berbagai tradisi boga dunia, seperti Italia, Cina, India, danThai banyak menggunakan selasih sebagai bagian dari penyedap utama. DiItalia, daun selasih yang dikeringkan merupakan salah satu komponen sauspesto yang khas Genoa.
Di Indonesia, selasih baru dikenal dari bijinya yang digunakan sebagaicampuran minuman penyegar dan daunnya sebagai lalap segar (kemangi).
Ibadah di gereja-gereja Kristen Ortodoks melibatkan selasih (basil) sebagaibagian dari kebaktian. Tanaman basil biasa diletakkan pada sejumlahtempat di gereja.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->