Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
34Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rangkuman Bahasa Indonesia Kelas 5

Rangkuman Bahasa Indonesia Kelas 5

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 6,850 |Likes:
Published by Nana Citra
Rangkuman materi Bahasa Indonesia Kelas 5 SD
Rangkuman materi Bahasa Indonesia Kelas 5 SD

More info:

Published by: Nana Citra on Mar 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2014

pdf

text

original

 
Wawancara
Wawancara adalah percakapan antara dua pihak yang ditujukan untuk mencariketerangan.
Persiapan sebelum Wawancara
Persiapan sebelum wawancara, antara lain:a. Membuat jadwal atau janji dengan narasumber, kapan dan di mana wawancara berlangsung. b. Mempersiapkan garis besar hal-hal yang akan ditanyakan pada narasumber.c. Mempersiapkan alat pencatat atau perekam yang berfungsi dengan baik.
Tahap-tahap Wawancara
a. Tahap pembukaan
1) Pewawancara memperkenalkan diri dengan menyebutkan asal sekolah.2) Pewawancara mengemukakan maksud dan tujuan wawancara.
b. Tahap inti
Pewawancara mengajukan pertanyaan sesuai yang telah dirancang.Pertanyaan ini diajukan secara jelas, teratur dan sopan.
c. Tahap akhir 
1) Akhiri wawancara dengan kesanyang baik dan menyenangkan.2) Pewawancara mengucapkan terimakasih dan berpamitan dengan sopan.3) Saat berwawancara jangan lupamenulis biodata narasumber.Cantumkan dalam laporan hasilwawancara kamu.Misalnya: Nama :Usia :Jenis Kelamin :Pekerjaan :Alamat :
Lafal
Lafal adalah cara seseorang atau sekelompok orang mengucapkan bunyi bahasa. 
Intonasi
Intonasi adalah ketepatan penyajian rendahnya nada.Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan wawancara adalah bagaimanacara kamu menyampaikan pertanyaan-pertanyaan kepada seorang narasumber.Pertanyaan yang kamu tanyakan harus logis (masuk akal), membutuhkan jawaban, serta diucapkan dengan santun. Kamu tidak boleh sembarangan berbicara, karena itu akan membuat narasumber yang kamu wawancaraitersinggung. Dan yang paling penting lagi, carilah informasi sebanyak-banyaknya,karena setiap informasi yang diberikan narasumber akan menambah wawasan.
 
Cerita adalah susunan dari beberapa kalimat yang mengisahkan atau menjelaskansesuatu. Cerita ada dua macam yakni, cerita fiksi dan cerita nonfiksi.Kalimat majemuk setara adalah kalimat yang terdiri atas dua kalimat ataulebih. Contoh:
 Dian anak orang kaya tetapi bodoh.
Kalimat di atas terdiri atas dua kalimat, yakni:- Dian anak orang kaya- Dian anak yang bodohKedua kalimat di atas digabung dengan kata
tetapi
, membentuk kalimat majemuk setara.Kritik adalah komentar, tanggapan atau kecaman. Aspek yang dikritik, meliputi tigahal, yaitu:a. Kebenaran isi suatu informasi. b. Penggunaan bahasa.c. Cara penyajian atau struktur diskusi.Teknik menyampaikan kritik yang baik adalah:a. Jika berdiskusi, perhatikanlah dengan baik. b. Catatlah pokok-pokok yang penting.c. Jika ada hal-hal yang bertentangan dengan pendapatmu, sampaikan dalam diskusitersebut.Dalam menyampaikan kritikan, kamu harus menggunakan bahasa yang sopan.Hal ini dilakukan agar tidak menyinggung perasaan orang yang dikritik.Contoh:
“Maaf, saya kurang setuju dengan pendapatmu. Sebaiknya, barang yang rusak kita simpan di gudang.”
Atau,
"Maaf, bukankah jadwal piket kelas seharusnya sudah ditempel, tapi mengapa sampai sekarang belum ditempel?" 
Laporan kunjungan adalah informasi tertulis kepada seseorang karena tanggung jawab tentang kunjungan yang diberikan kepadanya.
 Hal-hal yang perlu dijelaskan dalam laporan kunjungan:
1. Nama kegiatan atau judul.2. Tujuan obyek yang dikunjungi.3. Waktu kunjungan (hari/tanggal dan jam).4. Hasil kunjungan:a. Kegiatan yang dilakukan. b. Pesan dan kesan setelah melakukan kunjungan.
Hal-hal yang perlu dijelaskan dalam laporan kunjungan antara lain:
a. Tempat b. Waktu (hari/tanggal dan jam)c. Tujuan kunjungand. Siapa yang mengadakan dan berapa jumlah pesertae. Isi kunjungan
 
Secara garis besar, cara memberikan tanggapan, pendapat atau kritik itu hampir sama, semuanya berarti menyampaikan ide atau gagasan pribadi. Hal yang perlu diingatsaat menyampaikan gagasan pribadimu adalah sebisa mungkin tidak menyinggung perasaan orang yang kamu ajak bicara.

Activity (34)

You've already reviewed this. Edit your review.
Ratna Puspita added this note
SIP
Luh Purnaningsih liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Rnie Saputra liked this
Muhammad Hafiz liked this
Awali Iwak Kali liked this
pustaka78 liked this
Ummach Zee liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->