Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ppa neraca & turbidimeter

ppa neraca & turbidimeter

Ratings: (0)|Views: 2,510|Likes:
Published by Ismail Sunny

More info:

Published by: Ismail Sunny on Mar 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/19/2013

pdf

text

original

 
Laporan Praktikum PPA (Pengoprasian dan Pemeliharaan Alat)
TURBIDIMETER dan MACAM-MACAM NERACA
Nama Kelompok Rinda Marlinda (J3L111106)Frederisa Devionita Ferroza (J3L111076)Ismail Sunny (J3L111041)Dosen Pembimbing: Atep Supardan,S.si
PROGRAM KEAHLIAN ANALISIS KIMIAPROGRAM DIPLOMAINSTITUT PERTANIAN BOGOR 2012
 
 
TURBIDIMETER 
 Turbidimeter adalah pengukuran spesies hamburan cahaya dalam larutan denganmemanfaatkan intensitas cahaya berkas masuk setelah dilewatkan melalui larutan. Untuk ujiturbidimetri, perubahan cahaya yang diserap (kebalikan dari jumlah yang ditransmisikan)bisa dikaitkan dengan jumlah agglutimasi yang terjadi. Dengan demikian, jumlah analit(spesies yang menyebabkan agglutimasi) dalam sampel bisa ditentukan dengan mudah.Gambar 1. TurbidimeterTurbidimeter adalah salahsatu alat pengujian kekeruandengan sifatoptik akibatdispersisinar dandapatdinyatakan sebagai perbandingan cahaya yang dipantulkan terhadapcahaya yang datang.Cara kerja dari Turbidimeter:1.
 
Mempersiapkan alat dan bahan2.
 
Hand proof disambungkan dengan alat turbidimeter3.
 
Menekan tombol on pada turbidimeter4.
 
Hand proof di masukkan ke dalam sampel dengan cara memegang kabel dantabung kecil tersebut5.
 
Membaca skala pengukuran kekeruhanPrinsip Kerja turbidimeter: Alat akan memancarkan cahaya pada media atau sample,cahaya tersebut akan diserap dan ada yang diteruskan, dipantulkan atau menembus mediatersebut. Cahaya yang menembus diserap media akan diukur dan ditransfer kedalam bentuk angka yang merupakan tingkat kekeruhan,semakin banyak cahaya yang diserap makasemakin keruh.
 
Turbiditas merupakan sifat optik akibat dispersi sinar dan dapat dinyatakan sebagaiperbandingan cahaya yang dipantulkan terhadap cahaya yang tiba. Intensitas cahaya yangdipantulkan oleh suatu suspensi adalah fungsi konsentrasi jika kondisi-kondisi lainnyakonstan. Metode pengukuran turbiditas dapat dikelompokkan dalam tiga golongan. Yaitupengukuran perbandingan intensitas cahaya yang dihamburkan terhadap intensitas yangdatang; pengukuran efek ekstingsi, yaitu kedalaman di mana cahaya yang mulai tidak tampak di dalam lappisan medium yang keruh. Instrumen pengukuran perbandingan tyndalldisebut sebagai tyndall meter. Dalam instrumen ini intensitas diukur secara langsung.
 
Sedangkan pada nefelometer, intensitas cahaya diukur dengan larutan standar. Turbidinetermliputi pengukuran cahaya yang diteruskan. Turbiditas berbandinglurus terhadapkonsentrasi dan ketebalan, tetapi turbiditas tergantung juga pada warna. Untuk partikelyang lebih kecil, rasio tyndall sebanding dengan pangkat tiga dari ukuran partikel danberbanding terbalik terhadap pangkat empat panjang gelombang.Gambar 2. TurbidimeterTurbidimeter meliputi pengukuran cahaya yang diteruskan. Turbiditasberbandinglurus terhadap konsentrasi dan ketebalan, tetapi turbiditastergantung pada warna. Untuk partikel yang lebih kecil, rasio Tyndall sebandingdengan pangkat tiga dari ukuran partikel dan berbanding terbalik terhadap pangkal empatpanjang gelombang nya.Cara penggunaan Turbidimeter:1.
 
Menyimpan sampel dan standar pada botol kecil atau botol sampel.2.
 
Sebelum alat di gunakan harus di set,dimana angka yang tertera pada layarharus nol atau dalam keadaan netral.3.
 
Melakukan pengukuran dengan menyesuaikan nilai pengukuran denganmenyesuaikan nilai pngukuran dengan cara memutar tombol pengatur hingganilai yang tertera pada layar turbidimeter sesuai dengan nilai standar.4.
 
Sampel di masukkan pada tempat pengukuran sampel yang ada padaturbidimeter.5.
 
Hasil nya dapat langsung di baca skala kekeruhan tertera pada layar dengan jelas.6.
 
Pengukuran dapat dilakukan sebanyak tiga kali pengulangan agar pengukurantepat dan valid.Turbidimeter merupakan alat yang digunakan untuk menguji kekeruhan, yangbiasanya dilakukan pengujian adalah pada sampel cairan misalnya air. Salah satu parametermutu yang sangat vital adalah kekeruhan yang kadang-kadang diabaikan karena dianggapsudah cukup dilihat saja atau alat ujinya yang tidak ada padahal hal tersebut dapatberpengaruh terhadap mutu. Oleh sebab itu untuk mengendalikan mutu dilakukan ujikekeruhan dengan alat turbidimeter. Ada beberapa cara praktis memeriksa kualitas air, yangpaling langsung karena beberapa ukuran redaman (yaitu, pengurangan kekuatan) cahayasaat melewati kolom sampel air, Kekeruhan diukur dengan cara ini menggunakan alat yang

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Aryani Vitriaa liked this
Anindyolaras liked this
Agus Shbt Messi liked this
Nur Halimah liked this
Adhi Wilaksono liked this
Vanesya Silape liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->