Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
P. 1
Laporan Hidro_nadiatito52008

Laporan Hidro_nadiatito52008

Ratings: (0)|Views: 324 |Likes:
Published by Zaid Al Rasyid

More info:

Published by: Zaid Al Rasyid on Mar 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/08/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dunia Teknik Sipil tidak terpisah dari bangunan-bangunan yang berhubungan dengan air.Mata kuliah yang menunjang pengetahuan keairan salah satunya adalah Hidrolika. Sari bahasanyang digaris besarkan pada mata kuliah ini adalah saluran terbuka yang dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali kita temui, berupa sungai, parit, gorong-gorong dsb.Banyak sekali masalah-masalah kompleks yang sering kita temui dalam pembelajaran dan pengerjaan saluran terbuka nantinya, untuk itulah sangat diperlukan pemahaman yang baik dan benar mengenai dasar-dasar teori yang nantinya sebagai penuntun pada saat pengerjaan dilapangan.Bukan hanya teori saja yang dibutuhkan dalam pemahaman, namun pengaplikasian yangnyata dilapangan pun harus kita pahami secara jelas. Sehingga dirasa perlu melakukan praktikumhidrolika ini agar mahasiswa tidak hanya memahami teori saja tapi juga paham dengan penerapanaplikasi di lapangan.
1.2 Tujuan
Adapun tujuan penulisan laporan praktikum ini adalah sebagai berikut :
1.
Sebagai bentuk tanggung jawab atas praktikum yang telah dilakukan sebelumnya.
2.
Mengembangkan dan menyelaraskan teori dan praktek di lapangaan.3.Mengenal secara jelas tentang masalah-masalah saluran yang dihadapi di lapangan.4.Untuk membuat perencanaan agar sesuai dengan harapan yang diinginkan dalam perencanaan saluran terbuka.
Laporan Praktikum Hidrolika (PS-1346
 )
1
 
Gelas TintaBola PemeEnergiStopGelas UOver FloPengurasan
BAB IIPERCOBAANOSBORNE – REYNOLDS
2.1 Tujuan Percobaan
Tujuan dari dilakukan percobaan ini antara lain :
1.
Menghitung besarnya bilangan
 Reynolds (Re)
untuk menentukan macam aliran yang terjadiapakah aliran
laminer, transisi
atau
turbulen
dalam pipa percobaan.2.Mengamati profil kecepatan (berbentuk parabola) pada aliran dalam pipa percobaan.
Alat – alat yang Digunakan
Adapun alat – alat yang digunakan daam percobaan ini adalah :1.Pesawat Osborne – Reynolds (O – R)2.Termometer 3.Stopwatch
4.
Gelas ukur (dalam percobaan digunakan gelas ukur dengan kapasitas 1000cc)5.Reservoir dengan stop kran6.Cairan berwarna yang berat jenisnya kurang lebih sama dengan berat jenis air dalam pesawatO – R.
2.3 Teori
1.Bilangan Reynolds (Re)
Adalah suatu bilangan / angka untuk menunjukkan perbedaan antara aliran laminer danturbulen yang didapat dari suatu percobaan dengan menggunakan bermacam-macam jenis alirandan bermacam-macam diameter pipa yang dilakukan oleh Reynolds, yaitu : 
vVD
=
Re
atau
vA DQ
=
Re
Laporan Praktikum Hidrolika (PS-1346
 )
2
1000ml
 
AliranLaminer
Aliran Transisi
Alir Turb
dimana :Re: Bilangan ReynoldQ: Debit aliran (m
3
/dtk)D: Diameter pipa (m)V: kecepatan rata2 (m/s
2
) →v: viskositas kinematik (m
2
/s)
2.Macam Aliran
a.
 Aliran Laminer 
adalah aliran dimana gaya kekentalan lebih besar daripada gayakelembaman sehingga aliran dipengaruhi oleh kekentalan, di mana partikel-partikel cairan bergerak secara teratur menurut lintasan-lintasan arusnya dan berlapis-lapis seolah-olahlapisan yang satu menggelincir di atas lapisan yang lainnya. Pada aliran laminer bilakecepatan aliran dipercepat dengan memperbesar debit air yang mengalir, maka aliran akan berangsur bersifat turbulen. Distribusi kecepatan akan mengikuti bentuk parabolik dengankecepatan maksimum terjadi pada sumbu pipa yang besarnya dua kali lebih besar darikecepatan rata-rata.
 b.
 Aliran Turbulen
adalah aliran dimana gaya kelebaman relative lebih besar daripadagaya kekentalan sehingga aliran dipengaruhi oleh gaya inersia (pengaruh kelembaman). Padaaliran ini, partikel-partikel cairan bergerak pada lintasan yang tidak teratur atau pada lintasansembarang. Pada aliran turbulen terjadi pusaran-pusaran sehingga aliran mendapatkanhambatan dari gesekan dan tumbukan antar partikel cairan itu sendiri. Distribusikecepatannya lebih uniform daripada aliran laminer. Tegangan geser pada aliran turbulendipengaruhi oleh viskositas dan gerak turbulensinya.
c.
 Aliran transisi
adalah aliran di antara aliran laminer dan turbulen yang merupakansuatu aliran peralihan yang biasanya sulit untuk diamati kelakuannya.Menurut hasil percobaan yang dilakukan oleh Reynolds menunjukkan :Re < 2000
adalah aliran laminer Re > 2800
adalah aliran turbulen2000 ≤ Re ≤ 2800
adalah aliran transisi
Sket ilustrasi kecepatan aliran dalam pipa
Laporan Praktikum Hidrolika (PS-1346
 )
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->