Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Organisasi Administrasi Internasional

Makalah Organisasi Administrasi Internasional

Ratings: (0)|Views: 1,761 |Likes:

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Normandy Yusuf Harfidanto on Mar 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/13/2014

pdf

text

original

 
Profil PBB
Berdiri : 24 Oktober 1945Markas : New York City, Amerika SerikatBahasa Resmi : Arab, Cina, Inggris, Perancis, Rusia, SpanyolSekretaris Jenderal : Ban Kin-moonDeputi Sekretaris Jenderal :Asha-Rose MigiroKeanggotaan : 193 negaraPBB atau Persatuan Bangsa Bangsa merupakan sebuah organisasi yangdibentuk pada akhir Perang Dunia (PD) II sebagai hasil dari inisiatif atau ide ± idedari negara ± negara yang memenangkan perang dalam melawan Jerman danJepang, yaitu Amerika Serikat, Inggris dan Uni Soviet. Perserikatan Bangsa-Bangsa terbentuk pada tanggal 24 oktober 1945. ditandai dengan adanya deklarasiLondon pada tanggal 12 Juni 1941 yang dilanjutkan oleh Piagam Atlantik antaraAmerika Serikat dan Inggris.
1
PBB ini dibuat untuk memperbaiki kesalahan ± kesalahan yang pernah terjadi pada Organisasi Internasional sebelumnya yaitu LigaBangsa Bangsa (LBB). Dimana LBB ini pada awalnya dibentuk pada akhir PerangDunia I dimana tujuannya adalah sebagai wadah untuk bernegosiasi antar negaratetapi mengalami kegagalan yang pada akhirnya pecahlah PD II.Pada masa awal dibentuk, PBB diikuti oleh 51 negara dan dalam jangkawaktu satu tahun diikuti lebih kurang 200 negara. Tujuan utama dibentuknya PBBadalah untuk mengatur perdamaian dan keamanan internasional dengan carameminta negara ± negara untuk tidak saling menyerang atau mengancam negaralain. Selain itu fungsi dari PBB adalah juga untuk melakukan
couter 
(serangan balik) bagi negara ± negara yang melakukan tindakan ± tindakan yang menyerangatau sifatnya menyerang negara lain.Para pendiri PBB menyebutkan bahwa dengan mendirikan organisasiinternasional ini mereka akan berusaha untuk menciptakan hubungan yang baik atau
 friendly relation
antar negara berdasarkan kepedulian dan tanggungjawab atas prinsip ± prinsip kesetaraan hak dengan tindakan ± tindakan atau perilaku yangsesuai untuk bisa menjaga dan memperkuat perdamaian dunia.
1
Artikel dengan judul Perserikatan Bangsa Bangsa tggl 16 Oktober 2009. Sumber :http://id.shvoong.com/social-sciences/political-science/1936837-perserikatan-bangsa-bangsa/ diakses padatanggal 2 November 2011 pukul 06.00
 
Tujuan dibentuknya organisasi internasional seperti LBB atau PBB adalahsama yaitu untuk menjaga dan menciptakan perdamaian dunia. Akan tetapi masing ± masing Organisasi Internasional tersebut memiliki karakteristik yang berbedadimana tidak ada batasan yang jelas dalam LBB yaitu tanggung jawab dari komiteeksekutif dan majelis dimana disana merupakan sebuah wadah yang ditetapkanuntuk merepresentasikan keinginan dari negara ± negara. Sedangkan dalam PBBterdapat batasan ± batasan yang jelas dari setiap permasalahan yang dibidanginyaseperti permasalahan perdamaian, ekonomi atau permasalahan sosial lainnya.
Asas
PBB
Asas Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai berikut:1.
 
Persamaan derajat dan kedaulatan semua negara anggota.2.
 
Persamaan hak dan kewajiban semua negara anggota.3.
 
Penyelesaian sengketa dengan cara damai.4.
 
Setiap anggota akan memberikan bantuan kepada PBB sesuai ketentuan PiagamPBB.5.
 
PBB tidak boleh mencampuri urusan dalam negeri negara anggota.
Tuju
an
PBB
Tujuan Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai berikut:1.
 
Memelihara perdamaian dan keamanan dunia.2.
 
Mengembangkan hubungan persahabatan antarbangsa berdasarkan asas-asas persamaanderajat, hak menentukan nasib sendiri, dan tidak mencampuri urusandalam negeri negaralain.3.
 
Mengembangkan kerjasama internasional dalam memecahkan masalah-masalahekonomi, sosial, budaya, dan kemanusiaan.4.
 
Menyelesaikan perselisihan dengan cara damai dan mencegah timbulnya peperangan.5.
 
Memajukan dan menghargai hak asasi manusia serta kebebasan ataukemerdekaanfundamental tanpa membedakan warna, kulit, jenis kelamin, bahasa,dan agama.6.
 
Menjadikan pusat kegiatan bangsa-bangsa dalam mencapai kerja sama yangharmonisuntuk mencapai tujuan PBB.
 
St
r
uk 
t
u
r U
t
ama
PBB
1. Majelis Umum (General Assembly)2. Dewan Keamanan (Secutiy Council)3. Dewan Ekonomi dan Sosial (Economic and Social Council)4. Dewan Perwakilan PBB (Trusteeship Council)5. Mahkamah Internasional (International Court of Justice)6. Sekretariat PBB (Secretary)Gambar struktur PBBTerdapat juga badan-badan khusus PBB yang berfungsi lebih khusus untuk membantumisi dan visi PBB itu sendiri, diantaranya :1.
 
F
AO 5. UNDP2.
 
IDA 6. UNESCO3.
 
ILO 7. UNICE
F
 4.
 
IM
F
 

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
Faisal Tasbih liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Devi Tuiettly liked this
Danny Santoso liked this
Lya Naidira liked this
Lya Naidira liked this
Adam Iskandar liked this
Ika Krastanaya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->