Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
komunikasi organisasi

komunikasi organisasi

Ratings: (0)|Views: 41 |Likes:
Published by M Saikhul Arif

More info:

Published by: M Saikhul Arif on Mar 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/16/2012

pdf

text

original

 
1
MODUL-1KOMUNIKASI ORGANISASI-I Nyoman Yoga Segara-
KONSEP KOMUNIKASI
Komunikasi yang efektif sangat penting bagi semua organisasi. Oleh karena itu, para pimpinanorganisasi dan para komunikator dalam organisasi perlu memahami dan menyempurnakankemampuan komunikasi mereka.Untuk memahami komunikasi dengan mudah perlu terlebih dahulu mengetahui konsep-konsepdasar komunikasi.Bermacam-macam defininsi komunikasi yang dikemukakan untuk memberi batasan terhadapapa yang dimaksud komunikasi, sesuai dari berbagai sudut pandang.
1.
Hovland, Janis dan Kelley :
Communication is the process by which an individual transmits stimuly (usually verbal) to modify the behavior of other individuals
.
2.
Louis Forsdale :
Communication is the process by which a system isestablished, maintained, and altered by means of shared signals that operateaccording to rules.
3.Brent D. Ruben memberikan definisi mengenai komunikasi manusia yang lebihkomprehensif sebagai berikut : Komunikasi manusia adalah suatu proses melaluimana individu dalam hubungannya dalam kelompok, dalam organisasi dan dalammasyarakat menciptakan, mengirimkan dan menggunakan informasi untukmengkoordinasi lingkungan dan orang lain.Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
I Nyoman Yoga SegaraKOMUNIKASI ORGANISASI
 
2
4.William J. Seiler memberikan definisi komunikasi yang lebih bersifat universalyaitu : komunikasi adalah proses dengan mana simbol verbal dan non-verbaldikirimkan, diterima dan diberi arti.5.Arni Muhammad : Komunikasi adalah pertukaran pesan verbal maupunnonverbal antara si pengirim dengan si penerima pesan untuk mengubahtingkahlaku.Dari beberapa definisi di atas jelas bahwa pada hakekatnya komunikasi merupakan suatuproses, baik itu pengiriman stimulus, pemberian signal, pengiriman informasi dan simbol yangakan diinterpretasikan oleh di penerima pesan.
Model Komunikasi
Model komunikasi adalah gambaran yang sederhana dari proses komunikasi yangmemperlihatkan kaitan antara satu komponen komunikasi dengan komponen lainnya. Penyajianmodel komunikasi dimaksudkan untuk mempermudah memahami proses komunikasi danmelihat komponen dasar yang perlu ada dalam suatu komunikasi.
Model Lasswell
Salah satu model komunikasi yang tua tapi masih digunakan adalah model komunikasi yangdikemukakan oleh Harold Lasswell. Dia menggunakan lima pertanyaan yang perlu ditanyakandan dijawab dalam melihat proses komunikasi :
who, says what, in which medium, to whom
dan
what effect 
.Gambaran dari model Lasswell tersebut dapat dilihat di bawah ini : 
Model Shannon
Model komunikasi lain yang banyak digunakan adalah model komuniksai dari Claude Shannonatau lebih dikenal dengan model Shannon Wever. Model ini berbeda dengan model Lasswellmengenai istilah yang digunakan bagi masing-masing komponen seperti dapat dilihat padagambar di bawah ini :Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
I Nyoman Yoga SegaraKOMUNIKASI ORGANISASI
 Siapa
(Pembicara)
 Apa
(Pesan)
Efek  Siapa
(Audience)
 Saluran
(Medium)
 
3
Penyediaan Signal PenerimaanPenginterprestasianPesan SignalPesan
 
Sumber Gangguan
Keterangan :a.sumber informasi (information source)b.transmittec.penyandian (encoding) pesand.penerima dan decodinge.tujuan (destination)f.sumber gangguan (noise)
3. Model Schramm
Wilbur Schramm memberikan model proses komunikasi yang agak berbeda dengan duamodel sebelumnya. Dia memperlihatkan pentingnya peranan pengalaman dalam proseskomunikasi. Pengalaman akan menentukan apakah pesan yang dikirimkan diterima oleh sipenerima sesuai dengan yang dimaksudkan oleh si pengirim pesan. Shcramm mengatakan jika tidak ada kesamaan dalam bidang pengalaman, bahasa yang sama, latar belakang yangsama, kebudayaan yang sama, maka sedikit kemungkinan pesan yang diterimadiinterpretasikan dengan benar.Model komunikasi Schramm yang satu arah : 
Bidang Pengalaman
 
Pengirim Pesan Penyandian Signal Penerimaan Sandi TujuanBidang Pengalaman
Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
I Nyoman Yoga SegaraKOMUNIKASI ORGANISASI
 
 Sumber Informasi TujuanTransmitter Penerima

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->