Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Komunikasi Dalam Manajemen Pendidikan

Makalah Komunikasi Dalam Manajemen Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 45 |Likes:
Published by M Saikhul Arif

More info:

Published by: M Saikhul Arif on Mar 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/16/2012

pdf

text

original

 
KOMUNIKASI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKANOleh: Tono Kartono, S.Pd.A. Latar Belakang MasalahKomunikasi merupakan sarana untuk terjalinnya hubungan antar seseorangdengan orang lain, dengan adanya komunikasi maka terjadilah hubungan sosial, karena bahwa manusia itu adalah sebagai makluk social, di antara yang dengan yang lainnyasaling membutuhkan, sehingga terjadinya interaksi yang timbalk balik.Dalam hubungan seseorang dengan orang lain tentunya terjadinya proses komunikasi itutentunya tidak terlepas dari tujuan yang menjadi topik atau pokok pembahasan, dan jugauntuk tercapainya proses penyampaian informasi itu akan berhasil apabila ditunjangdengan alat atau media sebagai sarana penyaluran informasi atau berita.Dalam kenyataannya bahwa proses komunikasi itu tidak selama lancar , hal terjadidikarenakan kurangnya memperhatikan unsur-unsur yang mestinya ada dalam proseskomunikasi.Dari uraian tersebut, bahwa dalam komunikasi itu perlu diperhatikan mengenaiunsure-unsur yang berkaitan dengan proses komunikasi, baik itu oleh komunikator maupunoleh komunikan, dan juga bahwa komunikator harus memahami dari tujuan komunikasi. B. Pembatasan MasalahDalam penulisan makalah ini, penulis membatasi masalahnya sebagai berikut :a. Pengertian Komunikasi b. Tujuan dan unsure-unsur komunikasic. Fungsi-fungsi komunikasid. Efektivitas proses komunikasi dalam menajemen pendidikan. C. Tujuan Penulisan MakalahSesuai dengan permasalah yang telah dikemukakan di atas, maka tujuan penulisanini diarahkan untuk :a. Untuk mengetahui arti komunikasi b. Untuk mengetahui tujuan dan unsure-unsur komunikasic. Untuk mengetahui fungsi-fungsi komunikasid. Untuk mengetahui efektivitas proses komunikasi dalam manajemen pendidikan D. Sistematika PenulisanSebagai langkah akhir dalam penulisan makalah ini, maka klasifikasi sistematika penulisannya meliputi bab I Pendahuluan yang berisikan tentang latar belakang masalah, pembatasan masalah, tujuan penulisan, dan sistematika penulisan, bab II diibahas tentang pengertian komunikasi, tujuan dan unsure-unsur komunikasi komunikasi, fungsi-fungsikomunikasi, dan efektivitas proses komunikasi dalam manajemen pendidikan, dan bab IIImerupakan bab terakhir dalam penulisan makalah ini yang berisikan tentang kesimpulan.BAB II1 
 
PEMBAHASAN A. Hakikat PemimpinDalam prose interaksi antara individu yang satu dengan yang lainya terjadikomunikasi dalam rangka penyampaian informasi. Menurut Oteng Sutisnamengemuakakan bahwa “Komunikasi ialah proses menyalurkan informasi, ide, penjeleasan, perasaan, pertanyaan dari orang ke orang lain atau dari kelompok kekelompok. Ia adalah proses interaksi antara orang-orang atau kelompok-kelompok yangditujukan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku orang-orang dan kelompok-kelompok didalam suatu organisasi”.
Berdasarkan dari pengertian tersebut, jelaslah bahwa dalam setiap hubungan antara orang-orang atau kelompok-kelompok akan terjadinya komunikasi dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan, baik itu dalam bentuk informasi atau berita maupun yang sifatnya berkaitan dengan pribadi dalam mengutarakan perasaan pribadi, gagasan, dan ide kepadaorang lain.3Selanjutnya menurut Aristoteles yang dikutif oleh Marsetio Donosepoetro mengartikan“Rhetoric dengan komunikasi, yang artinya sebagai segala usaha dan kemampuanseseorang untuk persuasi”.
Dari uraian tersebut, bahwa komunikasi merupakan sebagai usaha yang dilakukan olehseseorang dengan tidak terlepas dari kemampuan yang dimilikinya untuk berkomunikasiterhadap orang lain di dalam menyampaikan tujuan yang diinginkan. Dengan demikian bahwa komunikasi dalam setiap bentuknya adalah suatu proses yang hendak mempengaruhi sikap dan perbuatan orang-orang yang menjadi lawan bicara atau lawanuntuk berkomunikasi.B. Tujuan dan Unsur-Unsur KomunikasiKomunikasi merupakan suatu yang sangat pokok dalam setiap hubungan orang-orang, begitu pula dalam suatu organisasi terjadinya komunikasi tentunya ada tujuan yangingin dicapai. Hal sesuai dengan pendapat Maman Ukas mengemukakan tujuan komunikasisebagai berikut :1.
 
Menentapkan dan menyebarkan maksud dari pada suatu usaha.2.
 
Mengembangkan rencana-rencana untuk mencapai tujuan.3.
 
Mengorganisasikan sumber-sumber daya manusia dan sumber daya lainnya sepertiefektif dan efisien.4.
 
Memilih, mengembangkan, menilai anggota organisasi.5.
 
Memimpin, mengarahkan, memotivasi dan menciptakan suatu iklim kerja di manasetiap orang mau memberikan kontribusi.
 Selanjutnya Oteng Sutisna mengemukakan bahwa dalam proses komunikasi tentunyamemerlukan unsur-unsur komunikasi, yaitu :1.
 
Harus ada suatu sumber, yaitu seorang komunikator yang mempunyai sejumlahkebutuhan, ide atau infromasi untuk diberikan.2.
 
Harus ada suatu maksud yang hendak dicapai, yang umumnya bias dinyatakan dalamkata-kata permbuatan yang oleh komunikasi diharapkan akan dicapai.
 
3.
 
Suatu berita dalam suatu bentuk diperlukan untuk menyatakan fakta, perasaan, atau ideyang dimaksud untuk membangkitkan respon dipihak orang-orang kepada siapa berita ituidtujukan.4.
 
Harus ada suatu saluran yang menghubungkan sumber berita dengan penerima berita.5.
 
Harus ada penerima berita. Akhirnya harus ada umpan balik atau respon dipihak  penerima berita. Umpan balik memungkinkan sumber berita untuk mengetahui apakah berita itu telah diterima dan dinterprestasikan dengan betul atau tidak .
 Berdasarkan dari unsure-unsur tersebut, jelaslah bahwa dalam kegiatan komunikasi itu didalamnya terdapat unsure-unsur yang ada dalam komunikasi, baik itu unsur sumber yangmerupakan sebagai komunikator yang memiliki informasi atau berita yang akan disapaikanterhadap penerima informasi dengan melalui atau menggunakan saluran atau mediakomunikasi, antar unsur yang satu dengan yang lainnya jelas sekali adanya suatuketerkaitan, dan apabila salah satu unsur itu tidak ada kemungkinan proses komunikasiakan mengalami hambatan. C. Fungsi-Fungsi KomunikasiSesuai dengan tujuan dari komunikasi, maka dalam suatu organisasi komunikasimempunyai beberapa fungsi. Hal ini sebagaimana menurut Maman Ukas bahwa fungsikomunikasi adalah :1.
 
Fungsi informasi2.
 
Fungsi komando akan perintah3.
 
Fungsi mempengaruhi dan penyaluran4.
 
Fungsi integrasi
 Dari fungsi komunikasi tersebut, bahwa fungsi informasi, dengan melalui komunikasimaka apa yang ingin disampaikan oleh narasumber atau pemimpin kepada bawahannyadapat diberikan dalam bentuk lisan ataupun tertulis. Melalui lisan manajer atau pemimpindengan bawahan dapat berdialog langsung dalam menyampaikan gagasan dan ide.Fungsi komando akan perintah tentunya berkaitan dengan kekuasaan, di mana kekuasaanorang adalah hak untuk memberi perintah kepada bawahan di mana para bawahan tunduk dan taat dan disiplin dalam menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Suatu perintah akan berisikan aba-aba untuk pelaksanaan kerja yang harus dipahami dandimengerti serta yang dijalankan oleh bawahan. Dengan perintah terjadi hubungan atasandan bawhaan sebagai yang diberikan tugas.Dalam fungsi pengaruh berarti memasukan unsure-unsur yang meyakinkan dari padaatasan baik bersifat motivasi maupun bimbingan, sehingga bawahan merasa berkewajibanharus menjalankan pekerjaan atau tugas yang harus dilaksanakannya. Dan dalammepengaruhi bahwa komunikator harus luwes untuk melihat situasi dan kondisi di mana bawahan akan diberikan tugas dan tanggung jawab, sehingga tidak merasa bahwasebenarnya apa yang dilakukan bawahannya itu merupakan beban, ia akan merasakan tugasdan tanggung jawab.Pada fungsi integrasi bahwa organisasi sebagai suatu sistem harus berintegrasi dalam satutotal kesatuan yang saling berkaitan dan semua urusan satu sama lain tak dapat dipisahkan,oleh karena itu orang-orang yang berada dalam suatu organisasi atau kelompok merupakan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->