Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TUGAS KELOMPOK arif

TUGAS KELOMPOK arif

Ratings: (0)|Views: 43 |Likes:
Published by M Saikhul Arif

More info:

Published by: M Saikhul Arif on Mar 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/16/2012

pdf

text

original

 
TUGAS KELOMPOK PENGANTAR TEKNOLOGI PENDIDIKAN
MATERI BAB III(PERKEMBANGAN HISTORIS KONSEPSI TP)
 Nama Kelompok :M Saikhul Arif ShaiputraAgung Wahyu Nurdianto
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYAPROGRAM STUDY TEKNOLOGI PENDIDIKANTAHUN AJARAN 2009 / 2010
 
SOAL
1.Identifikasi dan tuliskan penanda-penanda adanya konsep TP pada masa-masa awal (kaum sufi)2.kemukakan konsep-konsep dan gagasan-gagasan aliran pembelajaran visual sebagai penandakonsepsi TP3.Kerucut pengalaman Edgan Dale (KPED) mengandung konsep yang nyata sebagai penandakonsepsi TP yang semakin jelasa.KPED tersebut mengandung konsep apa ? Buat gambar KPED tersebut.4.Pada perkembangan Teori Komunikasi tampak lebih jelas adanya konsepsi-konsepsi TPa.Konsepsi-konsepsi apa yang terkandung didalam teori komunikasi tersebut. b.Dikatakan bahwa model komunikasi lebih dinamis daripada model KPED. Jelaskan apamaksudnya.5.Komponen-komponn dalam model komnikasi S-M-C-R adalah 1…..…. 2……….…3……….…4………...6.Ada 3 konsep penting yang terkandung didalam model komunikasi S-M-C-R, yaitu 1…2….3…..7.Sistem adalah8.Kemukakan cirri-ciri system paling sedikit 5 buah cirri dan jelaskan9.Ada 3 buah konsep penting dalam system komunikasi yang dijadikan pijakan berpikir TP untuk memecahkan masalah belajar yaitu 1.....................2...................3.......................10.Konsep apa saja yang terkandung di dalam komunikasi Audio Visual yang menunjukkan konsepsiTP?
Jawab
1.Adanya konsep TP pada masa awal (kaum sufi).a.sapttler (1968) menelusuri filosofi teknologi pendidikan, dan menganggap landasan itu telahada pada zaman keemasan yunani yang dilakukan oleh kaum sufi.
 
 b.Secara historis dapat dipertanggung jawabkan dan memberikan bukti bahwa teknologi pendidikan merupakan bidang garapan yang sudah mapan dan patut dihargai, namun secaraoperasional hal itu tidak serasi (Wallington , 1974, hlm 15)c.Pembahasan diawali dengan adanya gerakan serta definisi format yang berhubungan denganteknologi pendidikan yaitu:1.Pembelajaran Visual2.Dari pembelajaran visual ke pembelajaran audio visual3.Dari pembelajaran audio visual ke teori komunikasi4.Dari pembelajaran audio visual ke konsep system awal5.Komunikasi audio visual perpaduan komunikasi dan konsep system awal.2.pembelajaran visual adalah gambar, model, objek atau alat-alat yang dipakai untuk menyajikan pengalaman konkrit melalui visualisasi kepada siswa.yang bertujuan untuk :a.memperkenalkan,menyusun,memperkaya atau memperjelas konsep-konsep yang abstrak. b.Mengambangkan sikap yang diingikanc.mendorong timbulnya kegiatan siswa lebih lanjut.Alat Bantu visual diklasifikasikan mulia dari tingkat kekonkritannya sampai dengan tingkat yangsemakin abstrak.3.
Kerucut Pengalaman Edgar Dale (Cone of Experience)
Pada gambar di bawah ini juga diperlihatkan keterkaitan dengan konsep Bruner (enactive, iconic,and symbolic learning).Dapat kita amati, ada tahap-tahap bentuk penyajian pesan melalui media untuk mendapatkan pengalaman belajar senyata mungkin. Pada Kerucut Pengalaman Dale, kita memulai pemelajar (orang yang melakukan kegiatan belajar) sebagai partisipan dalam pengalaman aktual, lalu

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->