Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Metode Psikologi Pendidikan

Metode Psikologi Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 398 |Likes:
Published by M Saikhul Arif

More info:

Published by: M Saikhul Arif on Mar 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/15/2012

pdf

text

original

 
Metode Observasi
Metode observasi adalah metode yang dilakukan dengan jalan mengadakanpengamatan terhadap tingkah laku anak didik dalam situasi yang wajar, dilaksanakandengan berencana, kontinyu dan sistematik, serta diikuti dengan upaya mencatat ataumerekam secara lengkap. Dengan sifat wajar, berarti bahwa anak didik itu dalamkeadaan tidak dibuat-buat dan tidak mengetahui anak didik itu sedang di observasi.Berencana berarti bahwa sebelum observasi dilaksanakan harus ada persiapan yangmatang tentang aspek-aspek tingkah laku yang akan di observasi. Dengan kontinyuberarti bahwa dalam melaksanakan observasi harus bersambungan antara periode yangsatu dengan periode yang lain. Dengan sistematik berarti bahwa aspek-aspek yang diobservasi itu harus tersusun secar teratur, sehingga tidak sekedar tumpukan catatantentang tingkah laku. Dengan upaya mencatat atau merekam tentu dengan mudah kitafahami karena jika hanya mengamati tanpa mencatat atau merekam, maka hasilnyamudah dilupakan. Dewasa ini dengan kemajuan teknologi, observasi itu semakin maju.
Metode Wawancara
Metode ini merupakan metode penyelidikan dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan. Kalau pada angket pertanyaan-pertanyaan diberikan secara tertulis, makapada wawancara pertanyaan tersebut diberikan secara lisan. Pada wawancara jika adahal-hal yang kurang jelas dapat dapat diperjelas, sehingga orang dapat mengerti apa yang dimaksudkan. Keadaan ini tidak terdapat pada angket.
Nama : Dwi Aditya KurniawanNIM : 091024261Kelas :TP 2009B
 
Metode Angket
Berupa daftar yang memuat sejumlah pertanyaan yang disampaikan kepadasubjek untuk dikerjakan (dijawab). Jawaban-jawaban itu kemudian dianalisis dandisimpulkan. Pada umumnya jawaban itu sudah tersedia, sehingga subjek tinggalmemilih jawaban yang tepat untuk setiap item. Ditinjau dari segi penjawab, dapatdibedakan atas dua macam, yaitu langsung (direct) dan tak langsung (indirect).Disebut langsung jika yang harus menjawab adalah subjek itu sendiri, dan disebut taklangsung jika yang menjawab harus menjawab adalah orang yang mengetahui hal-ikhwalnya subjek itu.
Metode Experimen
Metode experiment dengan sengaja diciptakan situasi buatan. Dalampendidikan, dan pada situasi itu ditempatkan subjek penelitian tertentu. Kepadasubjek di sampaikan perangsang=perangsang tentu untuk mendapatkan reaksi atauresponse tertentu. Kemudian response itu di analisis untuk mendapatkan kesimpulantertentu. Pada lazimnya digunakan dua kemlompok subjek, yaitu kelompok experiendan kelompok control.
Metode Tes
Mirip metode experiment adalah metode tes. Metode test dilakukan denganmemberikan tugas yang dilakukan oleh subjek, baik tugas tertulis maupun tugas lisan.Perbedaannya dengan experiment:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->