Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem EFI

Sistem EFI

Ratings: (0)|Views: 1,121 |Likes:
Published by Abynk Verbeck

More info:

Published by: Abynk Verbeck on Mar 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/24/2013

pdf

text

original

 
Sistem EFI( Electric Fuel Injection)
Sistem Electronic Fuel Injection (EFI) merupakan perkembangan dari sistem sebelumnya yaitukarburator. Dalam dunia otomotif, sistem EFI merupakan suatu sistem terbaru dalam pengaturanperbandingan bahan bakar dan udara secara optimal. Komponen-komponen yang terdapat padasistem EFI umumnya merupakan komponen elektronik.Komponen EFI terdiri dari beberapa macam sensor yang melakukan pengukuran dalam halantara lain : jumlah udara yang dihisap, beban mesin, temperatur air pendingin, temperatur udaramasuk, saat akselerasi maupun deselerasi, dan lain-lain, kamudian mengirim sinyal tersebut keElectronic Computer Unit (ECU) dan ECU menjamin perbandingan bahan bakar dan udara (air-fuel ratio) ke silinder-silinder dengan menentukan volume penginjeksian bahan bakar yangbekerja secara kelistrikan sesuai dengan kondisi dan beban dari mesin.Tujuan EFI (Electronic Fuel Injection) dibuat adalah untuk menutupi kelemahan system bahanbakar konvensional dengan menggunakan karburator. Dimana pada karbuarator terjadi ketidak konsistenan AFR (Air Fuel Ratio/Perbandingan Bahan bakar dengan Udara) yg dihasilkan.Angka AFR yg ideal adalah 14,7 (stoichiometri) pada setiap tingkatan putaran mesin (RPM).Pada karburator biasanya terjadi saat rpm rendah AFR cenderung kaya (rich) sedangkan pada
 
Mesin Konversi Energi IIArby MananJurusan MesinFakultas Teknik Universitas HasanuddinMakassarrpm tinggi malah terjadi campuran miskin (lean) atau bisa juga terjadi hal hal sebaliknya.Kelemahan lain pada karburator adalah proses jalannya hasil pengkabutan bahan bakar + udaradari karburator menuju ruang bakar mengalami kesulitan, krn harus melalui lekukan dan sudutsudut yg tajam pada saluran masuk(intake manifold), dan hasil pengkabutan bahan bakar tsbadalah tidak merata pada setiap silindernya bagi mesin yg menganut multi silinder, tetapi bagi ygmenganut single silinder tentu hal tsb tidak menjadi masalah.Karena keterbatasan peran karburator tsb maka para tukang insinyur menciptakan system bahanbakar pada sebuah mesin dengan menggunakan bantuan perangkat elektronik agar hasilnya lebihefisien terutama adalah menutupi kelemahan2 pada karburator.Komponen-komponen utama pada EFI system terdiri dari :1. Injector2. ECU (Electronic Control Unit) ==> otaknya dari EFI3. Wiring Harness (Kabel Body)4. Fuel Pump (Pompa bahan bakar)5. Fuel Pressure Regulator (Pengatur Tekanan Bahan Bakar)6. Sensor-sensor, sebagai contoh :- TPS (Throttle Position Sensor),- MAP (Manifold Absolute Pressure) Sensor,- AFM (Air Flow Mass) Sensor,- IAT (Intake Air Temperature) Sensor,- RPM Sensor- Coolant Temperature Sensor- Vacuum Sensor,- Crank/Cam sensor... dan lain lain. masih banyak lagi macam sensor sensor.
Cara kerja secara sederhananya adalah :
 1. Pada saat kunci kontak di nyalakan ECU akan memeriksa terlebih dahulu kondisi sensorsensor2. Setelah dapat data input dari sensor sensor spt data suhu udara dari IAT, suhu coolant,crank/cam sensor mengenai basic timing ignition dll3. ECU akan mengkalkulasi semua input tsb guna menghitung seberapa banyak bahan bakar ygakan disemprotkan melalui injector4. Start engine ==> engine running5. Setelah engine running, pada periode ini ECU terus memonitor pengoperasian parameter-parameter mesin melalui sensor2 tsb, gunanya adalah untuk menentukan proses penentuan jumlah bahan bakar yg akan di injeksi kan.Memang ada benarnya pada mesin2 EFI ini gak perlu di setel setel lagi. jadi boleh dibilang lebih jarang datang ke bengkel. Namun ada bbrp point penting yg harus diperhatikan untuk perawatanmesin EFI ini , yaitu :
 
Mesin Konversi Energi IIArby MananJurusan MesinFakultas Teknik Universitas HasanuddinMakassar1. Jaga kebersihan filter bensin dan udara2. Jaga kebersihan fuel system ==> injector sangat sensitive dengan kotoran krn lobang2nyasangat halus3. Jaga kondisi accu agar tetap dalam kondisi prima, krn nyawa ECU berasal dari accu4. Jaga kondisi wiring / kabel2 dan soket2nya agar tetap bersih dan tersambung dengan benar,ada short (korslet) sedikit aja akan berakibat fatal bagi ECU5. Perawatan selebihnya sama aja dengan karburator.Selanjutnya sistem penakar bahan bakar baik yang menggunakan karburator atau sistem injeksibahan bakar berfungsi sebagai berikut:* Penakar jumlah udara dan bahan bakar agar diperoleh campuran udara-bahan bakar yang dapatdibakar dengan cepat dan sempurna di dalam silinder* Atomisasi dan penyebar bahan bakar di dalam aliran udaraDalam hal ini dikenal parameter yang disebut dengan Air-Fuel Ratio (AFR) yaitu perbandingan jumlah udara terhadap bahan bakar dalam berat. Nilai perbandingan teoritis untuk prosespembakaran sempurna atau disebut juga dengan AFR stoichiometri untuk motor bensin sekitar14,7. Sistem bahan bakar harus mampu menghasilkan perbandingan udara-bahan bakar yangdibutuhkan di silinder sesuai dengan kondisi operasi mesin. Sebagai contoh pada waktu startdingin, dibutuhkan campuran yang kaya bahan bakar. Dalam kondisi mesin masih dinginotomatis bahan bakar yang menguap hanya sebagian sehingga diperlukan extra bahan bakaruntuk memperoleh campuran yang siap dibakar di dalam silinder.Dewasa ini sudah banyak kendaraan yang menggunakan sistem injeksi bahan bakar sebagaipengganti karburator dengan pertimbangan sebagai berikut:* Karburator tidak mampu mengalirkan campuran udara-bahan bakar dengan hargaperbandingan yang sama untuk setiap silinder.* Uap bahan bakar yang lebih berat daripada udara , akan mengalami kesulitan ketika mengalirmelalui belokan dan sudut-sudut tajam dari saluran isap (intake manifold)* Dengan sistem injeksi, bahan bakar dapat dikabutkan langsung ke dalam saluran isap, dekatdengan katup isap* Lebih presisi dalam mengatur jumlah bahan bakar yang dikabutkan sebagai fungsi dari kondisioperasi mesin yang dideteksi oleh berbagai sensorAda dua jenis sistem injeksi bahan bakar untuk motor bensin berdasarkan posisi injektornya,yaitu:1. Multipoint fuel-injection atau Port fuel injection (PFI), dimana injektor terletak di atas lubangisap (intake port) pada setiap silinder.2. Single-point fuel-injection atau disebut juga Throttle-body fuel injection (TBI), dimanainjektor dipasang sebelum saluran isap yaitu di atas katup throttle.

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nanda Azaa added this note
bagus bnget ne...
Hasan Ashari liked this
khairuzi79 liked this
HaFiz Joe liked this
Rizka Nurul Aida liked this
Roni Irawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->