Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ART KNPI 2008

ART KNPI 2008

Ratings: (0)|Views: 388|Likes:
Published by Tedjo Pratama

More info:

Published by: Tedjo Pratama on Mar 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/10/2013

pdf

text

original

 
ANGGARAN RUMAH TANGGAKOMITE NASIONAL PEMUDA INDONESIAK N P IBAB IKEANGGOTAANPasal 1Syarat-Syarat Keanggotaan
1. Yang menjadi anggota KNPI adalah Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP)yang telah terdaftar secara sah sesuai dengan persyaratan.2. Persyaratan Umum OKP untuk menjadi anggota KNPI adalah:a. Menerima Deklarasi Pemuda Indonesia, Permufakatan Pemuda Indonesia,AD/ART, Pokok-pokok Program Kerja Nasional Organisasi (PPPKNO), danPeraturan Organisasi KNPI lainnyab. Memiliki AD/ART organisasic. Memiliki komitmen terhadap wawasan kebangsaan dan integrasi bangsad. OKP yang akan menjadi anggota KNPI ditetapkan di dalam MusyawarahPimpinan Paripurna.3. Persyaratan khusus OKP untuk menjadi anggota KNPI adalah:a. OKP tingkat Nasional memiliki kepengurusan lebih dari ½ (separuh) jumlahpropinsi yang masing-masing dilegitimasikan dalam bentuk Surat Keputusan olehinstansi diatasnya sesuai dengan ketentuan organisasi bersangkutan dan tidamelampaui masa jabatannyab. OKP tingkat Provinsi memiliki kepengurusan lebih dari ½ (separuh) jumlahKabupaten/Kota di Daerah Provinsi bersangkutan yang masing-masingdilegitimasikan dalam bentuk Surat Keputusan oleh instansi diatasnya sesuaidengan ketentuan organisasi bersangkutan dan tidak melampaui masa jabatannyac. OKP tingkat Kabupaten/Kota telah berada di daerah yang bersangkutan lebih dari1 (satu) tahun yang telah dilegitimasikan dalam bentuk Surat Keputusan olehinstansi diatasnya sesuai dengan ketentuan organisasi yang bersangkutan.4. OKP yang dalam AD/ART yang benar-benar mencantumkan orientasikemasyarakatan.
Pasal 2Penerimaan Anggota
1. Penerimaan anggota dilakukan setelah memenuhi persyaratan keanggotaan yangdiatur dalam pasal 1 Anggaran Rumah Tangga ini2. Pengesahan anggota dilakukan dengan jalan:a. Bagi calon anggota di Tingkat Pusat, disahkan oleh Dewan Pengurus Pusatb. Bagi calon anggota di Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota, disahkan oleh DewanPengurus Provinsi/Kota/ Kabupatenc. Bagi calon anggota di Tingkat Kecamatan, disahkan oleh Pengurus Kecamatan3. OKP yang mengikuti Kongres/Musprop/Muskab untuk pertama kalinya dinyatakansebagai peninjau dan akan menjadi peserta penuh pada Kongres/Musprop/ Muskabberikutnya.
Pasal 3Hak dan Kewajiban Anggota
1. Organisasi Kemasyarakatan Pemuda sebagai Anggota mempunyai hak :a. Memperoleh perlakuan yang sama dengan anggota lainnyab. Mengeluarkan pendapat dan mengajukan usul atau saranc. Mengusulkan anggotanya atau diusulkan atau dipilih menjadi anggota DewanPengurusd. Mengutus anggotanya untuk mengikuti pendidikan kader, penataran, pembinaandan bimbingan dari KNPIe. Memperoleh perlindungan hukum dan pembelaan hukum dalam hal yangbersangkutan menjalankan tugas KNPI.
 
2. Organisasi Kemasyarakatan Pemuda sebagai anggota mempunyai kewajiban:a. Tunduk dan taat terhadap Deklarasi Pemuda Indonesia, Permufakatan PemudaIndonesia, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KNPI serta seluruhperangkat Peraturan Organisasi lainnyab. Menjunjung tinggi nama baik serta misi organisasic. Mendukung dan mensukseskan seluruh pelaksanaan program organisasi KNPI.
Pasal 4Pemberhentian Anggota
1. Organisasi Kemasyarakatan Pemuda berhenti sebagai anggota KNPI karena:a. Atas permintaan sendirib. Diberhentikan karena tidak dapat melaksanakan kewajiban sebagai anggota2. Diberhentikan karena tidak lagi memenuhi syarat-syarat keanggotaan sebagaimanadimaksud pasal 1 Anggaran Rumah TanggaBAB II
KEPENGURUSAN
Wewenang dan Kriteria
Pasal 5Dewan Pengurus Pusat
1. Kewenangan Dewan Pengurus Pusat adalah:a. Menentukan kebijakan secara umum sesuai dengan Anggaran Dasar danAnggaran Rumah Tangga, Keputusan-Keputusan Kongres, KeputusanMusyawarah Pimpinan Paripurna, Keputusan Rapat Kerja Nasional, danketentuan-ketentuan lainnyab. Membentuk dan mengkoordinir Lembaga-Lembaga dan atau Badan-BadanKhusus.c. Mengesahkan susunan personalia Dewan Pengurus Daerah Provinsi, danPimpinan Majelis Pemuda Indonesia Provinsi sesuai dengan hasil keputusanMusyawarah Provinsid. Membatalkan/ meluruskan/ memperbaiki keputusan yang diambil oleh DewanPengurus Provinsi dan Keputusan Musyawarah Provinsi yang bertentangandengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta ketentuan-ketentuanlainnya yang berlakue. Menyelenggarakan Musyawarah Luar Biasa dalam hal Dewan Pengurus Pusatmenilai bahwa telah terjadi kemacetan kepemimpinan organisasi ditingkatProvinsif. Melaksanakan kewenangan lainnya yang diberikan oleh Anggaran Dasar danAnggaran Rumah Tangga serta keputusan Kongres lainnya.2. Untuk dapat dipilih menjadi anggota Dewan Pengurus Pusat, maka calon anggotaharus memenuhi prosedur dan kriteria sebagai berikut :a. Diusulkan secara tertulis oleh Organisasi Kemasyarakatan Pemuda TingkatNasional dan atau Dewan Pengurus Pusat dengan melampirkan daftar riwayathidup.b. Daftar Riwayat Hidup yang bersangkutan dikirimkan kepada Dewan PengurusPusat selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum pelaksanaan Kongresc. Calon anggota yang diusulkan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :berusia tidak lebih dari 40 (empat puluh) tahun; berdomisili di sekitar Jabotabek,pernah menjadi pimpinan OKP tingkat nasional atau pimpinan Dewan PengurusProvinsi KNPI; berakhlak mulia; memiliki prestasi, dedikasi dan loyalitas yangtinggi terhadap organisasi; tidak pernah berbuat hal-hal yang bertentangan denganhukum negarad. Menerima Deklarasi Pemuda Indonesia, Permufakatan Pemuda Indonesia,AD/ART KNPI, Program Kerja Nasional dan peraturan organisasi KNPI lainnyaserta mempunyai waktu yang cukup dan bersedia berpartisipasi aktif dalamkepengurusan KNPIe. Diupayakan agar seluruh OKP terwakili di kepengurusan.
 
3. Untuk dapat dipilih menjadi Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat, maka selainmemenuhi pasal 5 ayat (2) tersebut, calon Ketua Umum harus memenuhi syaratsebagai berikut :a. Didukung sekurang-kurangnya 20 % suara pesertab. Mendapatkan rekomendasi dari Dewan Pengurus Pusat atau Dewan PengurusProvinsi atau Organisasi Kemasyarakatan Pemuda tingkat nasional yangberhimpun dalam KNPI.c. Menyampaikan Daftar Riwayat Hidup dan Rencana Strategi pelaksanaan Visi danMisi KNPI kepada seluruh peserta Kongres.
Pasal 6Dewan Pengurus Propinsi
1. Kewenangan Dewan Pengurus Provinsi adalah:a. Melaksanakan kebijakan organisasi di daerahnya dan memberikan petunjuk kepada Dewan Pengurus Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota dalam melaksanakanprogram sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga sertakebijakan-kebijakan yang digariskan oleh Dewan Pengurus Pusatb. Membentuk dan mengkoordinir Lembaga-Lembaga dan atau Badan-BadanKhusus ditingkat Daerahc. Mengesahkan susunan personalia Dewan Pengurus Kabupaten/Kota, danPimpinan Majelis Pemuda Indonesia Kabupaten/Kota sesuai dengan hasilkeputusan Musyawarah Kabupaten/Kotad. Membatalkan/meluruskan/memperbaiki keputusan yang diambil oleh DewanPengurus Kabupaten/Kota dan Keputusan Musyawarah Kabupaten/Kota yangbertentangan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga sertaketentuan-ketentuan lainnya yang berlakue. Menyelenggarakan Musyawarah Kabupaten/Kota Luar Biasa dalam hal DewanPengurus Provinsi menilai bahwa telah terjadi kemacetan kepemimpinanorganisasi ditingkat Kabupaten/Kotaf. Melaksanakan kewenangan lainnya yang diberikan oleh Anggaran Dasar danAnggaran Rumah Tangga serta keputusan Musyawarah lainnya.2. Untuk dapat dipilih menjadi anggota Dewan Pengurus Provinsi, maka calon anggotaharus memenuhi prosedur dan kriteria sebagai berikut :a. Diusulkan secara tertulis oleh Organisasi Kemasyarakatan Pemuda dan DewanPengurus Provinsi dengan melampirkan daftar riwayat hidup.b. Daftar Riwayat Hidup yang bersangkutan dan dikirimkan kepada DewanPengurus Provinsi selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum pelaksanaanMusyawarah Provinsic. Calon anggota yang diusulkan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:berusia maksimal 40 (empat puluh) tahun; pernah menjadi pengurus OKP tingkatprovinsi atau pimpinan Dewan Pengurus Daerah KNPI; berakhlak mulia;memiliki prestasi, dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap organisasi; tidapernah berbuat hal-hal yang bertentangan dengan hukum negarad. Menerima Deklarasi Pemuda Indonesia, Permufakatan Pemuda Indonesia,AD/ART KNPI, Program Kerja Daerah dan peraturan organisasi KNPI lainnyaserta mempunyai waktu yang cukup dan bersedia berpartisipasi aktif dalamkepengurusan KNPIe. Diupayakan agar seluruh OKP terwakili di kepengurusan.3. Untuk dapat dipilih menjadi Ketua Dewan Pengurus Propinsi, maka selain memenuhipasal 6 ayat (2) tersebut, calon Ketua harus memenuhi syarat sebagai berikut :a. Didukung sekurang-kurangnya 20 % suara Peserta.b. Mendapatkan rekomendasi dari Dewan Pengurus Daerah Provinsi atau DewanPengurus Daerah Kabupaten/Kota atau Organisasi Kemasyarakatan Pemudatingkat provinsi yang berhimpun dalam KNPIc. Menyampaikan Daftar Riwayat Hidup dan Rencana Strategi pelaksanaan Visi danMisi KNPI kepada seluruh peserta Musyawarah Provinsi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->