Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Alternatif Dan Pemilihan Strategi

Alternatif Dan Pemilihan Strategi

Ratings: (0)|Views: 1,102 |Likes:
Published by Ika Dwi Damayanti

More info:

Published by: Ika Dwi Damayanti on Mar 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2012

pdf

text

original

 
1
STRATEGI KEBIJAKAN BISNIS
ALTERNATIF DAN PEMILIHAN STRATEGI
I.
 
PENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Dunia bisnis dewasa ini jauh berbeda dan lebih kompleks daripadakeadaan bisnis di tahun-tahun sebelumnya. Hal ini diakibatkan oleh pengaruhlingkungan yang dinamis, terus berubah sesuai dengan perkembangan zaman.Setiap unit bisnis wajib beradaptasi terhadap perubahan. Menghadapi segalamacam perubahan atas ketidakpastian adalah tantangan terbesar dalammanajemen. Manajemen strategis menjadi bidang ilmu yang berkembangdengan cepat, muncul sebagai respon atas meningkatnya pergolakan lingkungan.Bidang ilmu ini melihat pengelolaan perusahaan secara menyeluruh dan berusahamenjelaskan mengapa beberapa perusahaan berkembang dan maju dengan pesat,sedang yang lainnya tidak maju dan akhirnya bangkrut. Ciri khusus manajemenstrategis adalah penekanan pada pengambilan keputusan strategis. Tidak sepertikeputusan-keputusan yang lain, keputusan strategis berhubungan dengan masayang akan datang dalam jangka panjang untuk organisasi secara keseluruhan.Dalam manajemen strategis diperlukan adanya perumusan strategi.Manajemen strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yangmenentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Manajemen strategismeliputi pengamatan lingkungan, perumusan strategi (perencanaan strategis atauperencanaan jangka panjang), implementasi strategi, dan evaluasi sertapengendalian. Adapun kata strategi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitustrategos atau strategia yang berarti jenderal. Secara jelasnya pengertian strategidari sudut militer adalah cara menempatkan pasukan atau kekuatan-kekuatantentara di medan perang agar musuh dapat dikalahkan. Strategi itu sendiri ialahcara-cara yang digunakan untuk mencapai tujuan. Strategi tidak hanya sekedarperencanaan, tetapi lebih dari itu bahwa strategi adalah perencanaan menyeluruh(
unified 
), komprehensif, dan integral. Menyeluruh artinya strategi tersebutmelibatkan semua bagian atau unit kerja yang ada dalam perusahaan secarabersama-sama. Komprehensif artinya mencakup semua aspek utama perusahaan.Integral artinya semua bagian dari perencanaan harus saling terkait satu denganyang lainnya.
 
2
STRATEGI KEBIJAKAN BISNIS
Pengertian strategi sendiri menurut William.F.Glueck adalah sebuahrencana yang disatukan, luas, dan terintegrasi yang menghubungkan keunggulanstrategi perusahaan dengan tantangan lingkungan dan yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama perusahaan itu dapat dicapai melaluipelaksanaan yang tepat oleh organisasi. Sedang menurut William.J.Stanton,strategi adalah sebuah rencana dasar yang luas dari suatu tindakan organisasiuntuk mencapai suatu tujuan. Dari berbagai pengertian diatas dapat disimpulkanbahwa yang diartikan dengan strategi perusahaan adalah suatu kesatuan rencanaperusahaan yang menyeluruh, komprehensif, dan terpadu yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan.Merumuskan suatu strategi pertama-tama ialah menetapkan suatu tujuanatau sasaran yang merupakan hasil yang diharapkan oleh perusahaan. Setelah jelas suatu tujuan dari perusahaan maka tahapan berikutnya ialah pengamatandan diagnosa lingkungan, baik internal maupun eksternal. Disusul denganperencanaan strategi dan perumusan strategi, kemudian pendiagnosaankeunggulan strategi dari alternatif strategi yang ada, lalu pemilihan strategi yangpaling tepat. Dimana langkah lanjutannya ialah implementasi, kebijakan-kebijakan, evaluasi dan pengendalian strategi oleh perusahaan. Adapun tujuandari pelaksanaan strategi ialah untuk keunggulan kompetitif dari para pesainghingga tujuan perusahaan dapat terwujud dengan tetap bertahan dan meningkatdalam kegiatan usaha yang dikerjakan.
B.
 
Manfaat
Adapun manfaat dari penerapan strategi antara lain ialah sebagai berikut :1.
 
Untuk mengatisipasi perubahan-perubahan yang terjadi, mengarahkan danmengawasi jalannya perusahaan ke arah yang lebih baik.2.
 
Apabila setiap orang yang terlibat dalam perusahaan telah mengetahui tujuandan arah masa depan perusahaan, maka hal ini :a.
 
Mengurangi konflik yang terjadi diantara merekab.
 
Memberikan dorongan atau semangat kerjac.
 
Memudahkan mengambil tindakand.
 
Memudahkan pengontrolan3.
 
Mengurangi resiko yang akan terjadi.
 
3
STRATEGI KEBIJAKAN BISNIS
4.
 
Membantu meningkatkan komunikasi, koordinasi, mengalokasikan sumber-sumber dan penyusunan rencana jangka panjang.5.
 
Memperlancar mengalirnya informasi secara teratur.6.
 
Mendidik manajer menjadi pembuat keputusan yang baik.Strategi yang baik juga tidak akan berhasil jika tidak diikuti dengankebijaksanaan dan taktik yang tepat. Yang dimaksud dengan kebijaksanaanadalah dapat membuat keputusan-keputusan yang tepat dan akurat, sehinggatujuan tercapai. Sedangkan taktik adalah bagaimana teknik atau caranya agarkekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan dapat bekerja secara terpadu,sehingga dapat bersaing bahkan dapat menempatkan perusahaannya diatasperusahaan lain.

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Indra Saputra liked this
Indra Saputra liked this
Indra Saputra liked this
Indra Saputra liked this
Selvia Dwi liked this
Yunita Wijaya liked this
Rita Nurita liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->