Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
22Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SUHU TUBUH

SUHU TUBUH

Ratings: (0)|Views: 2,905|Likes:
Published by delianto_manik

More info:

Published by: delianto_manik on Mar 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/23/2013

pdf

text

original

 
BAB IITINJAUAN PUSTAKAA.
 
Suhu Tubuh1.
 
Pengertian
Suhu yang dimaksud adalah panas atau dingin suatu substansi.Suhu tubuh adalah perbedaan antara jumlah panas yang diproduksi olehproses tubuh dan jumlah panas yang hilang ke lingkungan luar. Meskipundalam kondisi tubuh yang ekstrim selama melakukan aktivitas fisik,mekanisme kontrol suhu manusia tetap menjaga suhu inti atau suhu jaringan dalam relatif konstan. Suhu permukaan berfluktuasi bergantungpada aliran darah ke kulit dan jumlah panas yang hilang ke lingkunganluar. Karena fluktuasi suhu permukaan ini, suhu yang dapat diterimaberkisar dari 36
0
C atau 38
0
C. Fungsi jaringan dan sel tubuh paling baik dalam rentang suhu yang relatif sempit (Perry, 2005)
2.
 
Keseimbangan panas
Pengertian regulasi suhu adalah suatu pengaturan secara kompleksdari suatu proses dan kehilangan panas sehingga suhu tubuh dapatdipertahankan secara konstan. Manusia pada dasarnya secara fisiologisdigolongkan dalam makhluk berdarah panas atau homoteral. Organisasihomoteral mempunyai temperatur tubuh konstan walaupun suhulingkungan berubah. Hal ini karena ada interaksi secara berantai yaitu
heat  proukdi
(pembentukan panas) dan
heat loss
(kehilangan panas). Kedua7
 
 8proses ini aktivitasnya diatur oleh susunan saraf yaitu hipotalamus(Gabriel, 1998).Reseptor suhu yang paling penting untuk mengatur suhu tubuhadalah banyak neuron peka panas khususnya yang terletak pada areapreoptika hipotalamus. Neuron ini meningkatkan pengeluaran inpuls bilasuhu meningkat dan mengurangi inpuls yang keluar bila suhu turun. Selainneuron ini reseptor lain yang peka terhadap suhu adalah reseptor suhu kulittermasuk reseptor dalam lainnya yang juga menghantarkan isyaratterutama isyarat dingin ke susunan syaraf pusat panas untuk membantumengontrol suhu tubuh.
3.
 
Aliran Darah
 Tingginya kecepatan pangaliran darah ke kulit menyebabkan panasdikonduksi dari bagian dalam tubuh ke kulit dengan efesiensi yang tinggi.Pembuluh darah menembus jaringan isolator sub kutis dan tersebar luasdalam bagian sub papilaris kulit. Aliran darah dalam kulit mempunyai duafungsi yaitu mengatur suhu tubuh dan menyuplai makanan kepada kulityang merupakan mekanisme transfer panas yang utama dari inti tubuh kekulit. Suhu tubuh berpindah dari darah melalui pembuluh darah kepermukaan kulit dan hilang ke lingkungan sekitar melalui mekanismepenghilangan panas (Guyton, 1999).
4.
 
Transfer Panas
Energi panas yang hilang atau masuk ke dalam tubuh melalui kulitada 4 cara yaitu:
 
 9a.
 
KonduksiAdalah pemaparan panas dari suatu obyek yang suhunya lebihtinggi ke obyek lain dengan jalan kontak langsung (Gabriel, 1998).Agar terjadi konduksi kedua obyek harus berbeda suhu dan harussaling berkontak misalnya pada keperawatan mengukur suhu denganmenggunakan termometer air raksa di bagian tubuh manusia ataupermukaan tubuh kehilangan atau memperoleh panas melalui konduksikontak langsung dengan substasi lebih dingin atau lebih panastermasuk udara atau air.b.
 
KonveksiKonveksi adalah pemindahan panas melalui gas atau cairanyang bergerak. Aliran konveksi dapat terjadi karena massa jenis udarapanas sangat ringan dibandingkan udara dingin misalnya orangtelanjang yang duduk dalam ruangan yang kehilangan sekitar 12%panasnya dengan cara konduksi ke udara menjauhi tubuh.c.
 
RadiasiAdalah suatu energi panas dari suatu permukaan obyek keobyek lain tanpa mengalami kontak dari kedua obyek tersebut(Gabriel, 1996), misalnya seseorang yang telanjang dalam ruangandengan suhu kamar normal kehilangan sekitar 60% panas total secararadiasi. Jika suhu tubuh naik, pusat kendali suhu di otak akan melebardan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit sambil membawapanas tubuh.

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mustop Biyasrya liked this
Artia Sofftiyani liked this
Dewa Kerokeropi liked this
Maulidya Rahmi liked this
Pramita Putri liked this
Emil Hbc Babel liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->