Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
09. Sap Posisi Menyusui Yang Baik Dan Benar

09. Sap Posisi Menyusui Yang Baik Dan Benar

Ratings: (0)|Views: 557 |Likes:

More info:

Published by: Erna Lusiana Wana Winer on Mar 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/22/2012

pdf

text

original

 
(SAP)SATUAN ACARA PENYULUHAN
I.Topik:Posisi Menyusui Yang Baik dan BenaSasaran:Ibu nifas (Ny. “S)Waktu:30 menitTempat:di BPS Ny. ”N”, Amd.Keb. Desa Sumberbening – NgawiII.Tujuan Instruksional UmumTujuan diberikannya penyuluhan ini adalah agar ibu mengetahui perlekatan dan posisi menyusui dengan benar III.Tujuan Instruksional KhususTujuan diberikannya penyuluhan ini kepada ibu nifas adalah :1)Ibu dapat mengerti, dan bisa mempraktekkan teknik, cara, posisimenyusui yang benar IV.MetodeAdapun metode yang digunakan dalam penyuluhan perawatan payudara adalahmetode “Role Play”, yaitu dengan cara demonstrasi serta menunjukkan contohatau kertas gambar. Setelah itu, para peserta penyuluhan memperagakankembali.
 Lampiran 4
 
V.Alat PeragaLeafletVI.Buku Sumber Huliana, Mellyana. 2003. … : 38-39
 
MATERI PENYULUHANPOSISI MENYUSUI YANG BAIK DAN BENAR 
Cara menyusui sangat mempengaruhi kenyamanan bayi menghisap air susu.Oleh karena itu, usahakan agar ibu dapat menyusui dengan baik dan benar.Perhatikan hal-hal berikut agar tujuan tersebut tercapai.a.Usahakan posisi ibu dan bayi cukup nyaman saatmenyusui, baik dalam posisi duduk yang ditopang dengan bantal atau berbaring. b.Peluk dan letakkan kepala bayi pada siku tanganibu sehingga menopang bokong bayi seperti tahap berikut ini :(1)Letakkan bayi menghadap ibu sehinggatelinga dan lengannya berada pada satu garis lurus. Selanjutnya, lekatkanmenghadap payudara sehingga dagu bayi menyenuh payudara.(2)Sangga bawah/ dasar payudara dengan jari- jari, jangan terlalu dekat pada puting, melainkan diluar areola dan tidak menjepit puting susu dengan dua jari.(3)Bayi akan meraih payudara jika lapar.Rangsang mulut bayi pada bagian areola sehingga timbul refleks bayi untuk mencari puting. Mulut akan terbuka lebar dan bibir bawah menjulur.Selanjutnya, segera lekatkan sehingga lidah mencekap puting dan areola payudara.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Oppoz Astreed liked this
Dony Odoy liked this
Fhiny Apriyany liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->