Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
10. Leaflet Posisi Menyusui Yang Baik Dan Benar

10. Leaflet Posisi Menyusui Yang Baik Dan Benar

Ratings: (0)|Views: 844 |Likes:

More info:

Published by: Erna Lusiana Wana Winer on Mar 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

 
TEHNIK DAN POSISI MENYUSUI YANG BAIKDAN BENARPengertian Teknik Menyusui Yang Benar
Teknik Menyusui Yang Benar adalah caramemberikan ASI kepada bayi dengan perlekatandan posisi ibu dan bayi dengan benar (Perinasia,1994).
Pembentukan dan Persiapan ASI
Persiapan memberikan ASI dilakukan bersamaandengan kehamilan. Pada kehamilan, payudarasemakin padat karena retensi air, lemak sertaberkembangnya kelenjar-kelenjar payudara yangdirasakan tegang dan sakit. Bersamaan denganmembesarnya kehamilan, perkembangan danpersiapan untuk memberikan ASI makin tampak.Payudara makin besar, puting susu makin menonjol,pembuluh darah makin tampak, dan aerola mamaemakin menghitam.Persiapan memperlancar pengeluaran ASIdilaksanakan dengan jalan :1)Membersihkan puting susu dengan air atauminyak, sehingga epitel yang lepas tidakmenumpuk.2)Puting susu ditarik-tarik setiap mandi,sehingga menonjol untuk memudahkan isapanbayi.3)Bila puting susu belum menonjol dapatmemakai pompa susu atau dengan jalanoperasi.
Langkah-langkah menyusui yang benar
Cuci tangan yang bersih dengan sabun, perahsedikit ASI dan oleskan disekitar putting, dudukdan berbaring dengan santai.Cara meletakan bayiCara memegang payudaraBayi diletakkan menghadap ke ibu dengan posisisanggah seluruh tubuh bayi, jangan hanya leherdan bahunya saja, kepala dan tubuh bayi lurus,hadapkan bayi ke dada ibu, sehingga hidung bayiberhadapan dengan puting susu, dekatkan badanbayi ke badan ibu, menyetuh bibir bayi ke putingsusunya dan menunggu sampai mulut bayi terbukalebar.Cara merangsang mulut bayi.Segera dekatkan bayi ke payudara sedemikianrupa sehingga bibir bawah bayi terletak di bawahputing susu.Cara melekatkan mulut bayi dengan benar yaitudagu menempel pada payudara ibu, mulut bayiterbuka lebar dan bibir bawah bayi membukalebar.Perlekatan Benar.
 
Perlekatan Salah.
Cara pengamatan teknik menyusui yang benar
Menyusui dengan teknik yang tidak benar dapatmengakibatkan puting susu menjadi lecet, ASItidak keluar optimal sehingga mempengaruhiproduksi ASI selanjutnya atau bayi engganmenyusu. Apabila bayi telah menyusui denganbenar maka akan memperlihatkan tanda-tandasebagai berikut :1)Bayi tampak tenang.2)Badan bayimenempel pada perut ibu.3)Mulut bayi terbukalebar.4)Dagu bayi menmpelpada payudara ibu.5)Sebagian areolamasuk kedalam mulut bayi, areola bawahlebih banyak yang masuk.6)Bayi nampakmenghisap kuat dengan irama perlahan.7)Puting susu tidakterasa nyeri.8)Telinga dan lenganbayi terletak pada satu garis lurus.9)Kepala bayi agakmenengadah.Tehnik menyusui yang benar.
Lama dan frekuensi menyusui
Sebaiknya dalam menyusui bayi tidak dijadwal,sehingga tindakan menyusui bayi dilakukan disetiap saat bayi membutuhkan, karena bayi akanmenentukan sendiri kebutuhannya. Ibu harusmenyusui bayinya bila bayi menangis bukan karenasebab lain (kencing, kepanasan/kedinginan atausekedar ingin didekap) atau ibu sudah merasaperlu menyusui bayinya. Bayi yang sehat dapatmengosongkan satu payudara sekitar 5-7 menitdan ASI dalam lambung bayi akan kosong dalamwaktu 2 jam. Pada awalnya, bayi tidak memiliki

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
derryherdhimas liked this
Maria Meryanti liked this
Oppoz Astreed liked this
Ayu DeLfia liked this
rini_riandini liked this
Nana Rustiana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->