Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Alat Pelindung Diri

Alat Pelindung Diri

Ratings: (0)|Views: 72 |Likes:
Published by Hasrul Drifter

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Hasrul Drifter on Mar 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/21/2012

pdf

text

original

 
 
Alat Pelindung Diri
 Alat Pelindung Diri
(APD) adalah peralatan keselamatan yang harus digunakan olehpersonil apabila berada pada suatu tempat kerja yang berbahaya. Semua tempat yangdipergunakan untuk menyimpan ,memproses, dan pembuangan limbah bahan kimia dapatdikategorikan sebagai tempat kerja yang berbahaya.APD merupakan peralatan yang harus disediakan oleh pengusaha oleh karyawan.Kewajiban menggunakan APD itu sendiri telah disepakati oleh pemerintah melaluidepartement tenaga kerja Republik Indonesia .Adapun bentuk APD standar untuk bahan kimia berbahaya adalah pelindung kepala(Helm), pelindung mata, pelindung wajah, pelindung tangan, dan pelindung kaki, PelindungTelinga, Tali Keselamatan, Jas Laboratorium (Bagi pekerja di Industri yang banyak bekerjadi Laboratorium).
1.
 
Pelindung kepala
Pelindung kepala dikenal sebagai safety helmet.pelindung kepala yang dikenal ada 4 jenis,yaitu Hard hat kelas A , kelas B , kelas C dan
bump cap
. Klasifikasi masing
 – 
masing jenis adalah sebagai berikut:
a.
 
Kelas A
Hard hat kelas A dirancan untuk melindungi kepala dari benda yang jatuh danmelindungi dari arus listrik sampai 2.200 volt.
b.
 
Kelas B
Hard hat kelas B dirancang untuk melindungi kepala dari benda yang jatuhdan melindungi dari arus listrik sampai 20.000 volt.
c.
 
Kelas C 
Hard hat kelas C melindungi kepala dari benda yang jatuh,tetapi tidak melindungi dari kejutan listrik dan tidak melindungi dari bahan korosif.
d.
 
 Bump cap
Bump cap dibuat dari plastic dengan berat yang ringan untuk melindungikepala dari tabrakan dengan benda yang menonjol .bump cap tidak menggunakansystem suspensi,tidak melindungi dari benda yang jatuh ,dan tidak melindungi darikejutan listrik. Karenanya bump cap tidak boleh digunakan untuk menggantikan hardhat tipe apapun.
 
 
2.
 
Pelindung mata
Pelindung mata disebut dengan Safety Glasses. Safety Glasses berbeda dengan kaca matabiasa, baik normal maupun kir (Prescription glasses), karena pada bagian atas kanan dan kiriframe terdapat pelindung dan jenis kacanya yang dapat menahan jenis sinar UV (UltraViolet) sampai persentase tertentu. Sinar ultaraviolet muncul karena lapisan ozon yangterbuka pada lapisan atmosfer bumi, UV dapat mengakibatkan pembakaran kepada kulit danbahkan Kanker kulit.
3. Pelindung wajah
Pelindung wajah yang dikenal adalah ;
a.
Goggles
.Goggles memberikan pelindungan lebih baik dari pada safety glasses karenagoggles terpasang dekat wajah.karena goggles mengitari area mata,maka gogglesmelindungi lebih baik pada situasi yang mungkin tejadi percikan cairan,uaplogam,uap,serbuk,debu,dan kabut.
 
 
b. face shield.
face shield memberikan perlindungan wajah menyeluruh dan sering digunakanpada operasi peleburan logam,percikan bahan kimia ,atau partikel yangmelayang.Banyak Face shield yang dapat digunakan bersamaan dengan pemakaianHard Hat. Walaupun Facae Shield melindungi wajah, tetapi Face Shield bukanpelindung mata yang memadai, sehingga pemakaian safety glasses harus dilakukandengan pemakaian Face Shield.
c.Welding Helmets
Jenis Pelindung Wajah yang lain adalah Welding Helmets (Topeng Las). Topenglas memberikan perlindungan pada wajah danmata. Topeng las memakai lensaabsorpsi khusus yang menyaring cahaya yang terang dan energi radiasi yangdihasilkan selama operasi pengelasan. Sebagaimana Face Shield, Safety Glasses atauGoggles harus dipakai saat menggunakan Helm Las.
d.Masker wajah
Masker berfungsi untuk melindungi hidung dari zat zat berbau menyengat dan daridebu yang merugikan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->