Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
34Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tumbukan

Tumbukan

Ratings:

4.75

(8)
|Views: 3,831 |Likes:
Published by Achmad Zajid

More info:

Published by: Achmad Zajid on Dec 03, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/24/2013

pdf

text

original

 
TUMBUKAN
Pengantar
Dalam kehidupan sehari-hari, kita biasa menyaksikan benda-benda saling bertumbukan.Banyak kecelakaan yang terjadi di jalan raya sebagiannya disebabkan karena tabrakan(tumbukan) antara dua kendaraan, baik antara sepeda motor dengan sepeda motor, mobil denganmobil maupun antara sepeda motor dengan mobil. Demikian juga dengan kereta api ataukendaraan lainnya. Hidup kita tidak terlepas dari adanya tumbukan. Ketika bola sepak ditendangDavid Beckham, pada saat itu juga terjadi tumbukan antara bola sepak dengan kaki Beckham.Tanpa tumbukan, permainan billiard tidak akan pernah ada. Demikian juga dengan permainankelereng kesukaanmu ketika masih kecil. Masih banyak contoh lainnya yang dapat anda temuidalam kehidupan sehari-hari.Pada pembahasan mengenai momentum dan impuls, kita telah meninjau hubungan antaramomentum benda dengan peristiwa tumbukan. Hukum Kekekalan Momentum yang telah diulassebelumnya juga selalu ditinjau ketika dua benda saling bertumbukan. Pada kesempatan ini kitaakan mempelajari peristiwa tumbukan secara lebih mendalam dan mencoba melihat hukum-hukum fisika apa saja yang berlaku ketika benda-benda saling bertumbukan.
JENIS-JENIS TUMBUKAN
Perlu anda ketahui bahwa biasanya dua benda yang bertumbukan bergerak mendekat satudengan yang lain dan setelah bertumbukan keduanya bergerak saling menjauhi. Ketika benda bergerak, maka tentu saja benda memiliki kecepatan. Karena benda tersebut mempunyaikecepatan (dan massa), maka benda itu pasti memiliki momentum
(p = mv)
dan juga EnergiKinetik (EK = ½ mv
2
).Pada kesempatan ini kita akan mempelajari jenis-jenis tumbukan antara dua benda danmencoba melihat hubungannya dengan Kekekalan Momentum dan Kekekalan Energi Kinetik.Ketika benda bergerak saling mendekati sebelum tumbukan, kedua benda itu memiliki
 
Momentum dan Energi Kinetik. Yang menjadi persoalan, bagaimana dengan Momentum danEnergi Kinetik kedua benda tersebut setelah bertumbukan ?. Apakah momentum dan energikinetik kedua benda ketika sebelum tumbukan = momentum dan energi kinetik benda setelahtumbukan ? mari kita bahas jenis-jenis tumbukan satu persatu dan meninjau kekekalanmomentum dan kekekalan energi kinetik pada kedua benda yang bertumbukan.Secara umum terdapat beberapa jenis tumbukan, antara lain
Tumbukan lenting sempurna
,
Tumbukan lenting sebagian
dan T
umbukan tidak lenting sama sekali
.
TUMBUKAN LENTING SEMPURNA
Tumbukan lenting sempurna itu maksudnya bagaimanakah ? Dua benda dikatakanmelakukan Tumbukan lenting sempurna jika Momentum dan Energi Kinetik kedua bendasebelum tumbukan = momentum dan energi kinetik setelah tumbukan. Dengan kata lain, padatumbukan lenting sempurna berlaku Hukum Kekekalan Momentum dan Hukum KekekalanEnergi Kinetik.Hukum Kekekalan Momentum dan Hukum Kekekalan Energi Kinetik berlaku pada peristiwa tumbukan lenting sempurna karena total massa dan kecepatan kedua benda sama, baik sebelum maupun setelah tumbukan. Hukum Kekekalan Energi Kinetik berlaku pada Tumbukanlenting sempurna karena selama tumbukan tidak ada energi yang hilang. Untuk memahamikonsep ini, coba jawab pertanyaan gurumuda berikut ini.
 Ketika dua bola billiard atau duakelereng bertumbukan, apakah anda mendengar bunyi yang diakibatkan oleh tumbukan itu ?atau ketika mobil atau sepeda motor bertabrakan, apakah ada bunyi yang dihasilkan ?
 pasti ada bunyi dan juga panas yang muncul akibat benturan antara dua benda. Bunyi dan panas initermasuk energi. Jadi ketika dua benda bertumbukan dan menghasilkan bunyi dan panas, makaada energi yang hilang selama proses tumbukan tersebut. Sebagian Energi Kinetik berubahmenjadi energi panas dan energi bunyi. Dengan kata lain, total energi kinetik sebelum tumbukantidak sama dengan total energi kinetik setelah tumbukan.
 
Benda - benda yang mengalami Tumbukan Lenting Sempurna tidak menghasilkan bunyi, panas atau bentuk energi lain ketika terjadi tumbukan. Tidak ada Energi Kinetik yang hilangselama proses tumbukan. Dengan demikian, kita bisa mengatakan bahwa pada peritiwaTumbukan Lenting Sempurna berlaku Hukum Kekekalan Energi Kinetik.Apakah tumbukan lenting sempurna dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari ?
Tidak….
Tumbukan lenting sempurna merupakan sesuatu yang sulit kita temukan dalamkehidupan sehari-hari. Paling tidak ada ada sedikit energi panas dan bunyi yang dihasilkan ketikaterjadi tumbukan. Salah satu contoh tumbukan yang mendekati lenting sempurna adalahtumbukan antara dua bola elastis, seperti bola billiard. Untuk kasus tumbukan bola billiard,memang energi kinetik tidak kekal tapi energi total selalu kekal.
 Lalu apa contoh Tumbukanlenting sempurna ?
contoh jenis tumbukan ini tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang karenaterjadi pada tingkat atom, yakni tumbukan antara atom-atom dan molekul-molekul.Sekarang mari kita tinjau persamaan Hukum Kekekalan Momentum dan HukumKekekalan Energi Kinetik pada perisitiwa Tumbukan Lenting Sempurna.
Untuk memudahkan pemahaman dirimu, perhatikan gambar di bawah.
Dua benda, benda 1 dan benda 2 bergerak saling mendekat. Benda 1 bergerak dengankecepatan v
1
dan benda 2 bergerak dengan kecepatan v
2
. Kedua benda itu bertumbukan danterpantul dalam arah yang berlawanan. Perhatikan bahwa kecepatan merupakan besaran vektor sehingga dipengaruhi juga oleh arah. Sesuai dengan kesepakatan, arah ke kanan bertanda positif dan arah ke kiri bertanda negatif. Karena memiliki massa dan kecepatan, maka kedua bendamemiliki momentum
(p = mv)
dan energi kinetik 
(EK = ½ mv
2
 ).
Total Momentum dan EnergiKinetik kedua benda sama, baik sebelum tumbukan maupun setelah tumbukan.Secara matematis, Hukum Kekekalan Momentum dirumuskan sebagai berikut :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->