Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
333Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
NARKOBA MAKALAH

NARKOBA MAKALAH

Ratings:

4.89

(46)
|Views: 104,398|Likes:
Published by anon-595373

More info:

Published by: anon-595373 on Dec 04, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/20/2013

pdf

text

original

 
Penanggulangan Narkoba Dalam Perspektif IslamA.PENDAHULUAN
Narkoba (Narkotika dan Obat-obatan yang mengandung zatadiktif/berbahaya dan terlarang) belakangan ini amat populer di kalanganremaja dan generasi muda bangsa Indonesia, sebab penyalahgunaannarkoba ini telah merebak ke semua lingkungan, bukan hanya dikalangan anak-anak nakal dan preman tetapi telah memasuki lingkungankampus dan lingkungan terhormat lainnya. Narkoba saat ini banyak kita jumpai di kalangan remaja dan generasi muda dalam bentuk kapsul, tabletdan tepung seperti ekstasy, pil koplo dan shabu-shabu, bahkan dalambentuk yang amat sederhana seperti daun ganja yang dijual dalamamplop-amplop.Saat ini para orang tua, mulai dari ulama, guru/dosen, pejabat,penegak hukum dan bahkan semua kalangan telah resah terhadapnarkoba ini, sebab generasi muda masa depan bangsa telah banyakterlibat di dalamnya.Akibat leluasannya penjualan narkoba ini, secara umummengakibatkan timbulnya gangguan mental organik dan pergaulan bebasyang pada gilirannya merusak masa depan bangsa.
B. BAHAYA NARKOBA
 Narkoba sebagaimana disebutkan di atas menimbulkan dampaknegatif baik bagi pribadi, keluarga, masyarakat maupun bagi bangsa dannegara. Dampak negatif tersebut adalah sebagai berikut :
1.Bahaya yang bersifat pribadi
a.
Narkoba akan merobah kepribadian si korban secara drastis,seperti berubah menjadi pemurung, pemarah, melawan dandurhaka.
 b.
Menimbulkan sifat masa bodoh sekalipun terhadap dirinyaseperti tidak lagi memperhatikan pakaian, tempat tidur dansebagainya, hilangnya ingatan, dada nyeri dan dikejar rasatakut.
c.
Semangat belajar menurun dan suatu ketika bisa saja si korbanbersifat seperti orang gila karena reaksi dari penggunaannarkoba.
d.
Tidak lagi ragu untuk mangadakan hubungan seks karenapandangnya terhadap norma-norma masyarakat, adat
1
 
kebudayaan, serta nilai-nilai agama sangat longgar. Doronganseksnya menjadi brutal, maka terjadilah kasus-kasusperkosaan.
e.
Tidak segan-segan menyiksa diri karena ingin menghilangkanrasa nyeri atau menghilangkan sifat ketergantungan terhadapobat bius, ingin mati bunuh diri.
f.
Menjadi pemalas bahkan hidup santai.
g.
Bagi anak-anak sekolah, prestasi belajarnya akan menurunkarena banyak berkhayal dan berangan-angan sehinggamerusak kesehatan dan mental.
h.
Memicu timbulnya pemerkosaan dan seks bebas yang akhirnyaterjebak dalam perzinahan dan selanjutnya mengalami penyakitHIV/ AIDS.
2.
Bahaya yang bersifat keluarga
a.
Tidak lagi segan untuk mencuri uang dan bahkan menjualbarang-barang di rumah untuk mendapatkan uang secaracepat.
 b.
Tidak lagi menjaga sopan santun di rumah bahkan melawankepada orang tua.
c.
Kurang menghargai harta milik yang ada seperti mengendaraikendaraan tanpa perhitungan rusak atau menjadi hancur samasekali.
d.
Mencemarkan nama keluarga.
3.
Bahaya yang bersifat social
a.
Berbuat yang tidak senonoh ( mesum/cabul ) secara bebas,berakibat buruk dan mendapat hukuman masyarakat.
 b.
Mencuri milik orang lain demi memperoleh uang.
c.
Menganggu ketertiban umum, seperti ngebut dijalanan dan lain-lain.
d.
Menimbulkan bahaya bagi ketentraman dan keselamatan umumantara lain karena kurangnya rasa sosial manakala berbuatkesalahan.
e.
Timbulnya keresahan masyarakat karena gangguan keamanandan penyakit kelamin lain yang ditimbulkan oleh hubungan seksbebas.
4.
Bahaya bagi bangsa dan Negara 
a.
Rusaknya pewaris bangsa yang seyogyanya siap untukmenerima tongkat estafet kepemimpinan bangsa.
2
 
 b.
Hilangnya rasa patriotisme atau rasa cinta bangsa yang padagilirannya mudah untuk di kuasai oleh bangsa asing.
c.
Penyelundupan akan meningkat padahal penyelundupan dalambentuk apapun adalah merugikan negara.
d.
Pada akhirnya bangsa dan negara kehilangan identitas yangdisebabkan karena perubahan nilai budaya. 
C. PANDANGAN AGAMA TERHADAP NARKOBA
idalam pandangan Agama narkoba adalah barang yang merusakakal pikiran, ingatan, hati, jiwa, mental dan kesehatan fisik seperti halnyakhomar. Oleh karena itu maka Narkoba juga termasuk dalam kategoriyang diharamkan Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT,Hadits Rasulullah SAW dan juga ajaran-ajaraan agama lainnya, antaralain sebagai berikut :
1.
“Janganlah kamu jerumuskan dirimu kepada kecelakaan / kebiasaan(sebagai akibat tangan) tangan-tanganmu”. (Q.S. Al-Baqarah : 195).2.“Dan Janganlah kamu membunuh dirimu (dengan mencapai sesuatuyang membahayakanmu). Karena sesungguhnya Allah Maha KasihSayang kepadamu”. (Q.S. An-Nisa’ : 29).
3.
Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya ( meminum ) Khamar,( berkorban ) untuk Berhala, mengundi nasib dengan panah adalahperbuatan syaitan, maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamumendapatkan keberuntungan. (Q.S. Al-Maidah : 90).
4.
“Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkanpermusuhan dan kebencian diantara kamu lantaran ( minuman )Khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingatAllah dan sholat, maka berhentilah kamu ( dari mengerjakan pekerjaanitu )”. (Q. S. Al-Maidah : 91).5.“Mereka bertanya kepadamu tentang Khomar dan Judi, katakanlahpada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagimanusia, tetapi dosa keduanya lebih besar daripada manfaatnya”.(Q.S. Al-Baqarah : 219).6.Melarang Rasulullah SAW daripada tiap-tiap barang yangmemabukkan dan melemahkan akal dan badan”. (H.R. Ahmad).7.“Tiap-tiap barang yang memabukkan adalah haram”. (H.R. Bukharidan Muslim).8.“Setiap benda yang memabukkan banyaknya maka sedikitnya haram”.(H.R. Ahmad, Abu Daud, Turmuzi, Nasa’I, Ibnu Majah dan IbnuHibban).9.Dalam ajaran Kristen disebutkan, “Saudara-Saudaraku yang kekasih,karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikandiri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani dan dengandemikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah”(2 Korintus 7 ayat 1).
3

Activity (333)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred thousand reads
Hani Neda liked this
aal liked this
Doni Bastari liked this
cicicahyati liked this
Irwansyah Afb added this note|
trimakasih atas makalahnya
Murniati MN liked this
Andrew Juanda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->