Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
29Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pengertian Pasar, fungsi pasar dll

pengertian Pasar, fungsi pasar dll

Ratings: (0)|Views: 2,566 |Likes:
Published by Dwi Indah Pratiwi

More info:

Published by: Dwi Indah Pratiwi on Mar 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/23/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar Belakang
Pada zaman purba seseorang berusaha memenuhi kebutuhannya dengan hasil kegiatannyasendiri, mereka melakukan kegiatan meramu dan berburu, berladang dan bertani untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan bertambah majunya kehidupan, manusia mengalamikesulitan dalam memenuhi kebutuhannya jika hanya mengandalkan hasil produksinya sendiri.Hal ini disebabkan kebutuhan manusia yang semakin banyak ragam dan jumlahnya.Untuk mempermudah proses tukar-menukar barang tersebut kemudian orang membuatuang sebagai alat tukar-menukar. Namun, kemudian dibutuhkan tempat untuk bertemunyaorang-orang yang akan bertukar barang melalui uang. Disini, muncullah pasar. Pasar adalahtempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli untuk berjual beli barang.Syarat terjadinya pasar ialah ada barang atau contoh barang yang diperdagangkan,terjadinya pertemuan atau hubungan antara calon penjual dan calon pembeli,terjadi transaksi jual beli. Fungsi pasar dalam kegiatan ekonomi memberi keleluasaan masyarakat melakukankegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi , memberikan informasi tentang harga barang dan jasa karena harga terbentuk melalui tawar-menawar di pasar, memberikan dorongan kepada para pengusaha untuk mengembangkan usahanya, mempelancar pelaksanaan pembangunankarena di pasar tersedia berbagai macam barang yang diperlukan untuk pembangunan, memberiinformasi tentang berbagai macam permintaan dan penawaran barang dan jasa yang dibutuhkanmasyarakat .Peranan pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat sangat penting. Bahkan, kegiatan ekonomimasyarakat tidak mungkin berjalan dengan baik tanpa adanya pasar. Macam-macam bentuk atau stuktur pasar . Menurut stukturnya, Pasar digolongkan menjadi dua, yaitu pasar persaingansempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.Dan dalam pasar persaingan tidak sempurna terbagi dalam tujuh pasar yaitu PasaOligopoli, Pasar Monopoli, Pasar Duopoli, Pasar Persaingan Monopolistic, Pasar Monopsoni,Pasar Duopsoni, dan Pasar Oligopsoni.
1
 
1.2Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah :1.Apa pengertian dari Pasar ?2.Bagaimanakah fungsi dari Pasar itu ?3.Bagaimanakah peranan dari Pasar dalam bidang ekonomi ?
4.
Sebutkan dan jelaskan macam-macam dan bentuk / stuktur pasar ?5.Jelaskan masing masing kebaikan dan keburukan dari pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna ?
1.3Tujuan Masalah
Untuk mengetahui apa pengertian,fungsi dan peranan pasar . Dan untuk mengetahuimacam-macam dan bentuk atau stuktur pasar dan kebaikan dan keburukannya.
1.4Manfaat Penelitian
Kegiatan ekonomi memberi keleluasaan masyarakat melakukan kegiatan produksi,distribusi, dan konsumsi , memberikan informasi tentang harga barang dan jasa karena hargaterbentuk melalui tawar-menawar di pasar.
BAB IIISI
2
 
2.1 Pengertian Pasar
Secara umum, pasar adalah konsumen memperoleh barang atau jasa yang ditawarkan produsen. Kamu pergi ke pasar antara lain ingin memperoleh barang atau jasa untuk memenuhikebutuhan . Dalam pandangan produsen, pasar adalah tempat untuk menawarkan produk, baik  berupa barang maupun jasa. Namun, menurut konsumen, pasar adalah tempat diperolehnya berbagai barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen. Apabila disimpulkan, pasar adalah suatumekanisme yang mempertemukan pembeli (konsumen) dengan penjual (produsen) sehingga bisa berinteraksi untuk membentuk suatu kesepakatan harga jual. Konsep pasar adalah setiapstruktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa daninformasi.
1
Dari Definisi pasar dapat disimpulkan ditemukan fungsi pasar yaitu :
a.
Interaksi dengan pembeli penjual untuk membentuk harga jual yang disepakati. Dengandemikian pasar berfungsi untuk menentukan nilai.
b.
Mengorganisasikan produksi. Artinya, barang atau jasa yang masuk ke pasar haruslahmenempuh proses produksi yang paling efisien agar bisa bersaing dan mendapatkankeuntungan.c.Mendistribusikan produk.d.Pasar dapat menyerap tenaga kerja
e.
Memberikan informasi tentang berbagai macam permintaan dan penawaran barang dan jasayang dibutuhkan masyarakat.
Peranan Pasar
Peranan pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat sangat penting. Bahkan, kegiatan ekonomimasyarakat tidak mungkin berjalan dengan baik tanpa adanya pasar.
1
 
ilmu ekonomi mainstream
3

Activity (29)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Gebby P. Putri liked this
Gebby P. Putri liked this
Febrisa Rahim liked this
Ajeng Priwanti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->