Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Coronary Artery Bypass Graft

Coronary Artery Bypass Graft

Ratings: (0)|Views: 797 |Likes:
Published by Mulyati Ningsih

More info:

Published by: Mulyati Ningsih on Mar 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/19/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1Latar Belakang
Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian dan kesakitan utama di AmerikaSerikat. Berdasarkan penelitian didapatkan angka hampir 5 juta pria dan wanita dewasamenderita penyakit jantung. Angka prevalensinya meningkat dengan meningkatnya umur,dimana 51% pada pria dan 48% persen pada wanita umur antara 55-64 tahun, sedangkanusia diatas 75 tahun kejadian penyakit jantung pada pria 71% dan pada wanita mendekati79%.Di Amerika Serikat dikatakan setiap 26 detik didapatkan kejadian penyakit jantungkoroner, dan 1 kematian setiap menit akibat penyakit jantung. Setiap tahun terdapat5655.000 kasus baru MI (Infark Miocardial) dan pada umumnya mereka akan mati padatahun pertama dan 50% akan mati setelah 8tahun. Namun seiring dengan peningkatan prevalensi penyakit jantung, maka terdapat juga peningkatan jumlah tindakan intervensi pada penderita penyakit jantung yang dilakukan dirumah sakit. Data di Amerika Serikat didapatkan angka setiap tahunya 1,2 juta orang yangmelakukan pemeriksaan angiogram, 571.000 tindakan angioplasty, 516.000 tindakanoperasi bypass arteri koroner (CABG), dan 2154 operasi transplantasi jantung.
1
 
Di Indonesia pelayanan tindakan operasi jantung sudah berkembang pesat baik operasi bedah jantung CABG maupun operasi perbaikan dan penggantian katup jantung.Berdasarkan data yang diterima dari pelayanan jantung terpadu (PJT) RSCM sejak berduiritahun 2004 sampai sekarang, telah dilakukan opersi bedah jantung CABG sebanyak 242 pasien, operasi perbaikan dan penggantian katup jantung sebanyak 405 pasien, sedangkanoperasi jantung pada penderita anakanak jumlahnya lebih banyak lagi dengan kasus yang bervariasi.Dengan meningkatnya tindakan intervensi jantung maka angka perpanjangan hidup pun meningkat. Oleh karena itu, rehabilitasi jantung merupakan suatu program yang penting untuk meningkatkan kembali kualitas hidup pasien.
1.2Tujuan
Dengan disusunya makalah ini, diharapkan mahasiswa keperawatan bisa lebihmampu memahami aspek-aspek rehabilitasi pasien post op bedah jantung khususnya bedah jantung CABG. Dengan demikian diharapkan semakin banyak perawat yang mampumemahami dan mampu mengaplikasikan rehabilitasi tersebut, maka tindakan intervensirehabilitasi jantung akan meningkat kearah yang lebih baik dan tentunya dapat membantuuntuk upaya perpanjangan masa hidup dan peningkatan kualitas hidup pasien post operasi bedah jantung CABG.
2
 
BAB IIPEMBAHASAN
2.1 Jantung
A. Pengertian
Jantung (bahasa Latin, cor) adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompadarah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satuorgan manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah.
B. Struktur Internal Jantung
Secara internal, jantung dipisahkan oleh sebuah lapisan otot menjadi dua belah bagian, dariatas ke bawah, menjadi dua pompa. Kedua pompa ini sejak lahir tidak pernah tersambung. Belahanini terdiri dari dua rongga yang dipisahkan oleh dinding jantung. Maka dapat disimpulkan bahwa jantung terdiri dari empat rongga, serambi kanan & kiri dan bilik kanan & kiri.Dinding serambi jauh lebih tipis dibandingkan dinding bilik karena bilik harus melawangaya gravitasi bumi untuk memompa dari bawah ke atas dan memerlukan gaya yang lebih besar untuk mensuplai peredaran darah besar, khususnya pembuluh aorta, untuk memompa ke seluruh bagian tubuh yang memiliki pembuluh darah.
3

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
'De Arvid liked this
floretta_maulina liked this
floretta_maulina liked this
jaka liked this
uned junaed liked this
Dex Ayu liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->