Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Respon Dan Adaptasi Hewan

Makalah Respon Dan Adaptasi Hewan

Ratings: (0)|Views: 1,698 |Likes:

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Rifki Saeful Ginanjar on Mar 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2013

pdf

text

original

 
 Page | 1
BAB IPENDAHULUANTujuan Penulis
 Menyampaikan informasi : 1.
 
Adaptasi adalah kemampuan atau kecenderungan makhluk hidup dalam menyesuaikandiri dengan lingkungan baru untuk dapat tetap hidup dengan baik. 2.
 
Jenis-Jenis Dan Macam-Macam Adaptasi 1)
 
Adaptasi Morfologi,Adaptasi morfologi adalah penyesuaian pada organ tubuh yangdisesuaikan dengan kebutuhan organisme hidup. 2)
 
Adaptasi Fisiologi,Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian yang dipengaruhi olehlingkungan sekitar yang menyebabkan adanya penyesuaian pada alat-alat tubuh untuk mempertahankan hidup dengan baik. 3)
 
Adaptasi Tingkah Laku,Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian mahkluk hiduppada tingkah laku/perilaku terhadap lingkungannya. 3.
 
Bentuk adaptasi tingkah laku (behavioral adaptation) pada binatang/hewan di sekitar kita: 4.
 
Themoregulasi adalah proses yang terjadi pada hewan untuk mengatur suhu tubuhnyaagar tetap konstan dinamis. Adapun mekanismenya adalah mengatur keseimbanganantara perolehan panas dengan pelepasan panas. 5.
 
Kemampuan hewan untuk mempertahankan suhu tubuh6.
 
Adaptasi hewan ektoterm terhadap suhu sangat panas 
 
 Page | 2
BAB IIPEMBAHASAN
Kepekaan terhadap stimulus merupakan salah satu ciri utama kehidupan. Tujuanakhir dari respon adalah untuk mempertahankan hidupnya. Respon heawan terhadaplingkungannya bervariasi tergantung dari jenis dan intensitas stimulus, jenis spesies, stadiumperkembangan, umur, kondisi fisiologis dan kisaran toleransi terhadap lingkungannya.Apabila kondisi lingkungan menjadi sangat tidak baik, maka yang terjadi adalah,pertama, hewan meninggalkan tempat itu dan mencari tempat dengan kondisi yang lebihbaik. Kedua, hewan memberikan respon tertentu yang mampu mengatasi efek negativeperubahan tersebut. Ketiga, hewan itu akan mati.
A.
 
RESPON DASAR HEWAN
Selama periode ontogeny pada hewan dikenal tiga macam respon dasar yaiturespon pengaturan, respon penyesuaian, dan respon perkembangan. Mekanisme ketiga responitu berdasarkan sistem umpan balik negatif. Agar mekanisme itu berhasil maka respon yangdihasilkan harus sesuai besarnya, waktu tepat dan berlangsung cukup cepat.1)
 
Respon ReversibelTipe respon dasar hewan yang reversible dan paling sederhana adalah responpengaturan (regulatori). Rspon fisiologi terjadi sangat cepat (refleks). Contoh: perubahanpupil mata terhadap intensitas cahaya.Tipe respon lain yang bersifat reversible adalah respon penyesuaian (aklimatori),berlangsung lebih lama dari respon regulatori karena proses yang fisiologi yangmelandasinya melibatkan perubahan struktur dan morfologi hewan. Contoh: di lingkuanbertekanan parsial oksigen rendah, terjadi proliferasi dan pengingkatkan jumlah eritrosit,tubuh terdedah pada kondisi kemarau terik, kulit mengalami peningkatan pigmentasi.Respon aklimatori umum terdapat pada hewan berumur panjang, yang menghadapiperubahan kondisi musiman. Reversibilitas respon penting sekali karena tiap tahunkondisi khas musimana selalu berulang.
 
 Page | 3
2)
 
Respon Tak-reversibelTipe respon tak-reversibel selama ontogeny adalah respon perkembangan.Respon berlangsung lama karena melibatkan banya proses yang menghasilkanperkembangan beraneka ragam macam struktur tubuh. Hasilnya bersifat permanen dantak reversible. Contoh : perubahan jumlah mata facet pada
 Drosophila
yang dipeliharapada suhu tinggi, atau terbentuknya keturunan cacat akibat respon perkembangan embrioterhadap senyawa teratogenik dalam lingkungannya.
B.
 
AKLIMATISASI DAN ADAPTASI
Alkimatisasi dan adaptasi merupakan perwujudan respon terhadap lingkungannya.Aklimatisasi terjadi pada periode ontogeny, reversible, dan tidak diwariskan. Yang serupadengan aklimatisasi adalah aklimasi. Perbedaannya aklimatisasi menyangkut banyak faktoralami, aklimasi digunakan untuk satu atau dua faktor yang terjadi dalam lingkunganterkontrol di laboratorium. Contoh : respon Rana pipiens berupa laju konsumsi oksigen padakondisi suhu tertentu menjadi berbeda setelah mengalami aklimasi, dan perubahan ini tidak langgeng.Adaptasi melibatkan perubahan yang diakibatkan seleksi alam, bersifat herediter,dan proses berlangsung meliputi sejumlah besar generasi yang berurutan. Terdapat tigamacam hasil proses adapatasi pada hewan, yaitu:1)
 
Adaptasi FisiologisAdaptasi fisiologi adalah penyesuaian yang dipengaruhi oleh lingkungansekitar yang menyebabkan adanya penyesuaian pada alat-alat tubuh untuk mempertahankan hidup dengan baik. Adaptasi fisiologis (adaptasi fungsional) adalah seluruh perangkat kemampuanfisiologis untuk menghadapi kondisi lingkungannya, meliputi proses kimiawi, substansikimiawi, enzim, ko-enzim serta hormon yang terlibat pada proses tersebut. Adapatasifiologis biasa didukung oleh adaptasi structural dan perilaku.2)
 
Adaptasi MorfologisAdaptasi morfologi adalah penyesuaian pada organ tubuh yang disesuaikandengan kebutuhan organisme hidup. 

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
MeLy' Zhaa liked this
Dek Pipin liked this
adambitor1713 liked this
TeTra OtsuKa AgusTina added this note
termoregulasi yg spesifik pada ampibi ad ga??/
Yus Cobra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->