Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Fisika Kapasitor Materi Presentasi

Fisika Kapasitor Materi Presentasi

Ratings: (0)|Views: 660 |Likes:
Published by Annisa Septiani

More info:

Published by: Annisa Septiani on Mar 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2013

pdf

text

original

 
Pada awal penyelidikan listrik tidak ada cara untuk dapat menyimpan muatan listrik dalam waktu yang lama. Bahkan ketika benda bermuatan diletakkan pada tempat berisolasipun, muatan cenderung bocor.Pada tahun 1746 di Universitas Leyden, Pieter Van Musschenbroek (1692-1761)mencoba menyimoan sejumlah besar muatan listrik. Hasilnya adalah suatu peralatan yangsecara luas dikenal sebagai botol Leyden. Botol Leyden adalah sebuah botol kaca dengandinding dalam dan luarnya dilapisi oleh daun logam.Botol Leyden menjadi dasar dari penelitian-penelitian listrik selama 50 tahun berikutnya.
Botol Leyden adalah “condenser” pertama atau yang sekarang kita sebut
kapasitor, yaitusuatu peralatan yang dapat menyimpan muatan dan energy listrik.1. Mengenal KapasitorSebuah Kapasitor terdiri atas dua keeping konsuktor yang ruang di antaranya diisi olehdielektrik (penyekat), misalnya udara atau kertas. Kemampuan kapasitor untuk menyimpanmuatan listrik dinyatakan oleh besaran kapasitas (atau kapasitansi). Satuan SI dari kapasitasadalah farad(F), namun ukuran kapasitas kapasitor yang sering digunakan dinyatakan dalammicrofarad (µF), nanofarad (nF), dan pikofarad (pf).
1 µF = 10
-6
F ; 1 nF = 10
-9
F ; 1 pF = 10
-2
F
 2. Jenis- Jenis Kapasitora. Kapasitor KertasKertas berfungsi sebagai bahan penyekat diantara kedua pelat. Kapasitor jenis ini memilikikapasitas 0,1 µFb. Kapasitor ElektrolitPada kapaitor elektrolit, bahan penyekatnya adalah aluminium oksida. Kapasitor elektrolitmemiliki kapasitas paling besar, yaitu sampai dengan 100.000 pF.
 
c. Kapasitor VariabelKapasitor Variabel adalah kapasitor dengan nilai kapasitas dapat diubah-ubah, sehinggadigunakan untuk memilih frekuensi gelombang pada radio penerima. Penyekatnya adalahudara, dengan nilai maksimum kapasitasnya sampai dengan 500 pF (0,0005 µF)3. Kapasitansi
Kapasitansi didefenisikan sebagai kemampuan dari suatu kapasitor untuk dapat menampung muatan elektron.
 Coulombs pada abad 18 menghitung bahwa 1 coulomb = 6.25 x 1018 elektron.Kemudian Michael Faraday membuat postulat bahwa sebuah kapasitor akan memilikikapasitansi sebesar 1 farad jika dengan tegangan 1 volt dapat memuat muatan elektronsebanyak 1 coulombs. Dengan rumus dapat ditulis :
q = CV
 
…………….(1)
 q : muatan elektron dalam C (coulombs)C : nilai kapasitansi dalam F (farads)V : besar tegangan dalam V (volt)1 F = 1 coulumb/voltDalam praktek pembuatan kapasitor, kapasitansi dihitung dengan mengetahui luas areaplat metal (A), jarak (t) antara kedua plat metal (tebal dielektrik) dan konstanta (k) bahandielektrik. Dengan rumusan dapat ditulis sebagai berikut :
C = (8.85 x 10
-12
) (k A/t)
...(2)
 
4. Formulasi Kapasitas Kapasitor Keping SejajarUntuk menghitung kapasitas kapasitor, kita tentukan dahulu kuat medan listrik homogen,E, dalam ruang antara kedua keeping, kemudian kita hitung V dan E.Kuat medan listrik, E, dalam ruang antarkeping sejajar adalah E =
σ
 / 
є
0,
dengan rapat muatan
σ
= q/A. dengan demikian,
Kapasitas Kapasitor Keping
ε
0
: permitivitas vakum/udara = 8,85 x 10
-12
dalam SIA : luas tiap keepingd : jarak pisah antarkeping5. Pengaruh Dielektrikum terhadap Kapasitas KapasitorDielektrik adalah suatu bahan isolasi, seperti kertas, karet, kaca, atau plastik. Ketikasebuah dielektrik disisipkan dalam ruang antara keeping-keping sebuah kapasitor, kapasitaskapasitor akan meningkat. Kapasitas kapasitor dalam dielektrik, C
D,
adalahPrimitivitas Relatif dielektrik adalah perbandingan antara kapasitas kapasitor dalamdielektrik dengan kapasitas kapasitor dalam vakum (tanpa dielektrik).Penyisipan dielektrik dalam ruang antara kedua keeping menyebabkan kapasitaskapasitor meningkat.

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Aamellia Andinni liked this
Iwan Arisanto liked this
Ranny R Rusman liked this
Aamellia Andinni liked this
Aamellia Andinni liked this
Fadli Ihsan liked this
Widya 'Ningrum liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->