Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
23Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN PRAKTIKUM DASAR

LAPORAN PRAKTIKUM DASAR

Ratings: (0)|Views: 567 |Likes:
Published by darkestmatter

More info:

Published by: darkestmatter on Mar 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUM DASAR
 – 
DASAR KIMIA ANALITIKUJI KATIONNAMANO. STAMBUKKELOMPOKASISTEN: MIFTA NUR RAHMAT: F1C1 08 001: III:JURUSAN KIMIAFAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAMUNIVERSITAS HALUOLEOKENDARI2009
 
UJI KATION1.
 
TUJUANTujuan dari percobaan uji kation ini adalah untuk menentukan adanya kation secara kumulatif dengan melakukan uji spesifik.1.
 
LANDASAN TEORIAnalisa kimia adalah penyelidikan kimia yang bertujuan untuk mencari susunanpersenyawaan atau campuran persenyawaan di dalam suatu sampel. Analisa kimia terdiridari :1.
 
Analisa Kualitatif Adalah penyelidikan kimia mengenai jenis unsur atau ion yang terdapat dalam suatu zattunggal atau campuran.1.
 
Analisa Kuantitatif Adalah penyelidikan kimia mengenai kadar unsur atau ion yang terdapat dalam suatu zattunggal atau campuran.Suatu senyawa dapat diuraikan menjadi anion dan kation ( Sukardjo, 1985)Analisis kualitatif merupakan suatu proses dalam mendeteksi keberadaan suatu unsur kimiadalam cuplikan yang tidak diketahui. Analisa kualitatif merupakan salah satu cara yangpaling efektif untuk mempelajari kimia dan unsur-unsur serta ion-ionnya dalam larutan.Dalam metode analisis kualitatif, kita menggunakan beberapa pereaksi diantaranya pereaksigolongan dan pereaksi spesifik, kedua pereaksi ini dilakukan untuk mengetahui jenisanion/kation suatu larutan (Sumadji, http://wiropharmachy.blogspot.com). Metode dalam melakukan analisis kualitatif ini dilakukan secara konvensional, yaitumemakai cara visual yang berdasarkan kelarutan.Pengujian kelarutan dilakukan pertama-tama dengan mengelompokkan ion-ion yangmempunyai kemiripan sifat. Pengelompokkan dilakukan dalam bentuk pengendapan dimanapenambahan pereaksi tertentu mampu mengendapkan sekelompok ion-ion. Cara inimenghasilkan 6 kelompok yang namanya disesuaikan dengan pereaksi pengendap yangdigunakan untuk mengendapkan kelompok ion tersebut.Kelompok ion-ion tersebut adalah: golongan klorida (I), golongan sulfide (II), golonganhidroksida (III), golongan sulfide (IV), golongan karbonat (V), dan golongan sisa (VI).Yang berarti pada golongan I yang dihasilkan adalah endapan klorida, golongan IImenghasilkankan sejumlah endapan garam sulfida, golongan III menghasilkan endapanhidroksida, golongan IV menghasilkan endapan sulfida yang larut dalam asam klorida, dangolongan V menghasilkan endapan karbonat.Kimia analisis secara garis besar dibagi dalam dua bidang yang disebut analisis kualitatif dananalisis kuantitatif. Analisis kualitatif membahas identifikasi zat-zat. Urusannya adalah unsur
 
atau senyawaan apa yang terdapat dalam suatu sampel atau contoh. Pada pokoknya tujuananalisis kualitatif adalah memisahkan dan mengidentifikasi sejumlah unsur Analisiskuantitatif berurusan dengan penetapan banyak suatu zat tertentu yang ada dalam sampel ataucontoh (Underwood, 1986).Analisa kualitatif dibagi menjadi dua bagian yaitu :1.
 
Analisa pendahuluan bertujuan untuk memperkirakan dan memberi arah sehinggamemperoleh gambaran terhadap contoh yang akan ditiliti. Analisa pendahuluanmeliputi :1.
 
Organoleptis (menggunakan panca indera), yang dianalisis biasanya berupabentuk, warna, bau.2.
 
Pemanasan dengan tabung pijar.3.
 
Reaksi nyala (flame test), dilakukan dengan menggunakan kawat Pt atau Nicr.Warna-warna yang terjadi pada reaksi nyala adalah sebagai berikut.Kation Warna NyalaKation Warna NyalaLi
+
 Na
+
 K
+
 Ba
2+
 Sr
2+
 Cu
2+
 Ca
2+
 MerahKuningUnguKuning hijauMerah bataHijau biruMerah kuning1.
 
Analisa kation dan anion. Setelah mempunyai gambaran/perkiraan awal makalangsung diidentifikasi dengan cara tube test, dengan menghasilkan reaksi yang khas(Pasirhanja, http://pasirhanja.blogspot.com). Klasifikasi kation yang paling umum didasarkan pada perbedaan kelarutan dari klorida,sulfida, dan karbonat kation tersebut. Kation diklasifikasikan dalam 5 golongan berdasarkansifat-sifat kation tersebut terhadap beberapa reagensia. (Vogel, 1990)Golongan-golongan kation memiliki ciri-ciri khas, yaitu:- Golongan I: membentuk endapan dengan asam klorida encer, ion-ion yang termasuk dalam golongan ini adalah timbal, raksa, dan perak.- Golongan II: membentuk endapan dengan hydrogen sulfide dalam suasana asammineral encer. Ion-ion yang termasuk dalam golongan ini adalah merkurium (II), tembaga,cadmium, bismuth, stibium, timah.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->