Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Tpt OptimaLisasi Organ Target Tomat

Tugas Tpt OptimaLisasi Organ Target Tomat

Ratings: (0)|Views: 539|Likes:
Published by L:

More info:

Published by: L: on Mar 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/12/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Tomat adalah komoditas hortikultura yang penting, tetapi produksinya baik kuantitas dan kualitas masih rendah. Hal ini disebabkan antara lain tanah yangkeras, miskin unsur hara mikro serta hormon, pemupukan tidak berimbang,serangan hama dan penyakit, pengaruh cuaca dan iklim, serta teknis budidaya petani.Kata tomat berasal dari bahasa Aztek, salah satu suku Indian yaitu xitomateatau xitotomate. Tanaman tomat berasal dari negara Peru dan Ekuador, kemudianmenyebar ke seluruh Amerika, terutama ke wilayah yang beriklim tropik, sebagaigulma. Tomat ditanam di Indonesia sesudah kedatangan orang Belanda. Dengandemikian, tanaman tomat sudah tersebar ke seluruh dunia, baik di daerah tropik maupun subtropik.Sentra penanaman tomat di dunia adalah di Jepang, China, Taiwan,sedangkan di Indonesia adalah daerah Malang. Tanaman tomat termasuk tanamansemusim yang berumur sekitar 4 bulan.Klasifikasi tanaman tomat adalah sebagai berikut:Ordo:
Solanales
Famili:
Solanaceae
Genus:
 Lycopersicon (Lycopersicum)
Species:
 Lycopersicon esculentum Mill 
.Dari sekian banyak varietas tomat yang ada, yang banyak ditanam petaniadalah tomat varietas ratna, berlian, precious 206, kingkong dan intan. Sedangkandari hasil survei yang telah dilakukan di lapangan varietas yang digunakan adalahvarietas
 Artaloka
.
 
BAB IIPEMBAHASAN
Ada beberapa faktor pembatas yang dapat mempengaruhi hasil produksi(limiting factors) di Indonesia. Faktor pembatas itu meliputi faktor air, temperaturedan cahaya matahari. Faktor-faktor yang perlu dimaksimalkan untuk mendapatkanhasil yang optimal yaitu :
1.Faktor Air
a.Kelebihan air Pada saat kelebihan air, keadaan tanaman tomat akan menjadi kurang baik karena air dapat memadatkan tanah yang akan berdampak pada kemampuanakar untuk menyerap unsur hara yang terdapat didalam tanah. Untuk itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya yaitu :
Drainase diperbaiki
Tanam dengan gulud tunggal
Dilakukan pendangiran setelah hujan berlebihan
Memakai mulsa plastik hitam perak bila hujan berlebihan b. Kekurangan air Saat tanaman berada dalam kondisi tercekam dimana kadar airsampai padatitik minimum maka tanaman tidak akan dapat berfotosintesis dengan baik.Cara yang dapat digunakan untuk menanggulangi hal tersebut yaitu :
Pompanisasi
Penyiraman atau kocor 
Penggunaan mulsa plastik hitam perak, mulsa jerami atau mulsasekam padi.
 
Tanam Tanpa Olah Tanah (TOT), terutama ditanah gambut dan tanahirigasi saat MT III (Musim kemarau).
Hujan buatan
Pemupukan
Dengan pemupukan starter awal tanam, terutama pupuorganik/kompos dengan alkalitas tinggi ditambah pupuk yangmengandung amino acid dan Zn, akan menjamin terbentuknya Phytohormon terutama Auxin yang akan menstimulir ter-bentuknya akar yangluas di top soil, sehingga akibat kelebihan air dampaknya dapatdikurangi terutama timbulnya damping off dan kekurangan Oxygendalam tanah.
2.Faktor Temperatur
Temperatur harian termasuk temperatur siang dan malam selama 24 jam.Temperatur siang lebih tinggi dari temperatur malam. Aktivitas temperatur siang/sinar matahari untuk pembentukan makanan dalam jumlah yang besar,temperatur malam mempengaruhi peningkatan turgor sel untuk elongation dan pembentukan sel-sel baru yang didukung dengan absorbsi air tinggi dan transpirasirendah. Faktor temperatur siang dan malam yang optimal untuk tanaman tergantungvarietas tanaman yang ditanam.
a.Temperatur siang yang favorable (Optimum Temperatur Range).
Optimum Temperatur Range yaitu temperatur antara yang mampu meningkatkanPhotosintesa secara maximal dan respirasi yang normal sepanjang siklus hiduptanaman. Tanaman pertanian dan hortikultura di klasifikasi sbb:-Tanaman yang membutuhkan rentangan temperatur rendah untuk meningkatkanhasil secara optimal umpama tanaman Strawberry, Asparagus, lecthuce, kubis,wortel, green pea, kentang dll.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->