Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul Kewirausahaan Ide Dan Peluang Usaha

Modul Kewirausahaan Ide Dan Peluang Usaha

Ratings: (0)|Views: 760 |Likes:
Published by Muhammad Faris

More info:

Published by: Muhammad Faris on Mar 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2013

pdf

text

original

 
Ide dan Peluang Usaha 
1
BAB IPENDAHULUAN
Menjadi seorang wirausaha memang belum menjadi pilihan banyak orang, apalagi bagiorang yang biasa bekerja kantoran.. Namun dalam kehidupan nyata, justru banyak orangmemulai kesuksesannya dari berwirausaha. Biasanya sesorang dihadapkan pada pilihan inikarna beberapa pertimbangan. Mungkin pekerjaan di kantor sudah tidak menarik lagi atauingin mengembangkan diri sesuai potensi. Bisa juga meningkatkan pemasukan sesuaidengan keinginan sendiri. Memulai wirausaha, seseorang bebas menetukan usaha danwaktunya sendiri. Dengan kemauan, pengetahuan, dan tekad, pilihan hidup menjadiwirausaha menguntungkan.Seseorang wirausahaan adalah orang yang mampu melakukan koordinasi, oganisasi, dan pengawasan. Orang tersebut harus memiliki pengetahuan yang luas tentang lingkunganusaha dan membuaat keputusan-keputusan tentang lingkungan usaha tersebut. Ia jugamengelola sejumlah modal dan menghadapi ketidakpastian untuk meraih keuntungan.Banyak peluang usaha yang bisa diraih, apakah itu wirausaha yang bermula dari hanyasekedar hobby atau memang dari awal berminat menekuninya. Apa pun jenisnya, menjadiwirausahawan harus memiliki kamauan, modal dan fasilitas, serta takti dan strategi bisnis.Untuk itu tulisan ini mencoba membuka cakrawala pemikiran yang lebih luas sekaligusmemotivasi pembaca dengan mengungkap pilihan usaha yang sesuai dengan minat dankemampuan setiap orang. Setelah membaca modul ini diharapkan dapat membuka wawasan bagi pembaca serta bisa menggali informasi tentang Peluang-Peluang Usaha lainya jugadapat meningkatkan kompetensinya dalam mendapatkan ide bisnis, mengelola danmenjalankan Peluang Usaha.Isi Modul ini terdiri dari : Kata Pengantar, Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab IIMenghasilkan Ide dan Peluang Bisnis, Bab III Awal dari Sebuah Ushaa, Bab IV RagamPeluang Usaha, Bab V. Langkah Memulai Usaha, Daftar Pustaka.Semoga modul ini dapat dipakai sebagai refrensi Guru-Guru untuk mengajar para anak didik (siswa SMK), agar para mampu memahami ide-ide dan peluang usaha yang adadisekitarnya, sehingga mampu menangkap dan menjalankan peluang usaha yang ada.
 
Ide dan Peluang Usaha 
2
BAB IIMENGHASILKAN IDE DANPELUANG BISNISA. Ide Bisnis
I. Apa itu ide Bisnis
Suatu ide usaha/bisnis yang bagus adalah penting, atau bahkan merupakan persyaratanuntuk usaha/bisnis yang sukses. Namun demikian ide bisnis yang bagus biasanya tidak langsung datang kepada pengusaha, tetapi merupakan hasil dari kerja keras dan upayadari pengusaha untuk membangkitkan, mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang.Ide usaha (bisnis) adalah respon seseorang, banyak orang, atau suatu organisasi untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan di suatulingkungan (pasar, masyarakat). Mencari sebuah ide bisnis yang bagus adalah langkahawal untuk mengubah keinginan dan kreatifitas pengusaha menjdi peluangusaha/bisnis.Ada dua hal penting yang harus dicatat dalam suatu ide bisnis bagus tersebut:1.
 
Walaupun merupakan persyarat, ide bisnis hanyalah suatu alat2.
 
Suatu ide diubah menjadi peluang bisnis yang menguntungkanDengan kata lain, tanpa mengurangi arti pentingnya, sebuah ide hanyalah alat yangharus dikembangkan, dan diubah menjadi peluang usaha/bisnis yang menguntungkan.
II.
 
Apa itu Kreatifitas
Kreatifitas adalah kemapuan untuk merancang, membentuk, membuat atau melakukansesuatu dengan cara yang baru atau lain. Kemampuan menimbulkan solusi yang kreatif untuk kebutuhan/masalah dan untuk memasarkan yang seringkali menandai perbedaanantara sukses dan kegagalan dalam bisnis. Hal ini juga membedakan antara bisnis yangtumbuhbpesat atau dinamis dengan perusahaan menengah biasa. Kenyataannya pengusaha yang sukses selalu kreatif dalam mengidentifikasi sebuah produk, jasa atau peluang usaha/bisnis yang baru.Agar kreatif, anda perlu membuka pikiran dan mata , anda sementara mempelajarisumber-sumber ide bisnis yang dijelaskan di bawah ini dan menerapkan tekniknya.
 
Ide dan Peluang Usaha 
3III. Sumber-Sumber Ide Bisnis
Terdapat jutaan pengusaha di dunia dan mereka membuktikan bahwa terdapat banyak sumber ide bisnis yang berpotensi. Beberapa sumber yang berguna akan dijabarkan di bawah ini :
1.
 
Hobi/Minat
Hobi adalah aktivitas favorit di waktu luang atau pekejaan. Banyak orang, dalammelakukan hobi atau minat, berhasil mendirikan bisnis. Sebagai contoh, jika Andamenyukai bermain dengan komputer, memasak, musik, perjalanan, olahraga, atau pertunjukkan, Anda dapat mengembangkannya menjadi sebuah bisnis. Misalnya, jika Anda menikmati perjalanan, pertunjukkan dan/atau memberikan pelayan, Anda bisa memasuki bidang pariwisata, dimana ini merupakan salah satu industriterbesar di dunia.
2.
 
Keterampilan dan Pengalaman Pribadi
Lebih dari separuh ide bisnis yang sukses berasal dari pengalaman bekerja dikantor/ tempat kerja. Sebagai contoh, seorang mekanik yang mempunyai pengalaman bekerja di bengkel besar yang akhirnya membuka bisnis reparasi mobilatau bisnis berjualan mobil bekas. Jadi, latarbelakang pengusaha memainkan peranan penting dalam keputusan untuk memasuki bisnis selain jenis usaha bisnisyang akan mereka ciptakan. Ketrampilan dan pengalaman Anda merupakan sumber yang paling penting, tidak hanya untuk menghasilkan ide tetapi juga untuk mendapat keuntungan.
3.
 
Waralaba
Waralaba adalah pengaturan dimana produsen atau distributor tunggal dari suatumerk dagang, produk atau jasa memberi hak eksklusif untuk distribusi lokal kepada pengencer mandiri/bebas sebagai ganti dari pamembayaran royalty dan pemenuhan prosedur operasi standar. Bisnis waralaba dapat mengambil beberapa bentuk, tetapisatu bentuk menarik adalah jenis yang menawarkan nama, citra, cara untuk melakukan bisnis dan prosedur operasional bisnis.Di tahun 1980 dan awal 1990 waralaba mengalami pertumbuhan yang sangat pesat,dan menjadi metode yang banyak digunakan untuk memasuki bisnis bagi jutaan bisnis yang didirikan di AS dan Eropa. Di AS, terdapat lebih dari 2000 tipe bisnis

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Pipi Jeje liked this
To Ny liked this
Rudi Harianto liked this
Aris Susanto liked this
Fayshal Moehlis liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->