Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Salinan PTK UT

Salinan PTK UT

Ratings: (0)|Views: 267 |Likes:
Published by Siti Dini

More info:

Published by: Siti Dini on Mar 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2013

pdf

text

original

 
 
1.
 
 Pelaksanaan
 
Tindakan
Hari/ Tanggal : Senin, 20 Pebruari 2012Tema/ Sub. Tema : Pekerjaan/ Topi Koki
Pada tahap ini peneliti melaksanakan pembelajaran menggunakan Alat peragaVisual dengan menggunakan strategi menggambar Topi Koki dari bentuk dasar segiempat.Pembelajaran dilakukan selama 150 Menit, dengan tindakan berupa:a.
 
Pembukaan ( ± 30 Menit )Sebelum masuk kelas anak diajak baris; upacara; ikrar, setelah selesai anak diajak masuk ke kelas dan guru mengkondisikan anak duduk di karpet.
Do’a, Salam,
Absen, Berbagi Cerita, guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan, gurumengajak anak melihat media gambar dan benda aslinya yang akan dibahas sesuaidengan rancangan yang telah disusun, guru memperlihatkan media gambar TopiKoki serta topi aslinya yang akan dibahas pada hari itu, guru mengajak anak untuk mengamati gambar topi koki serta benda aslinya, guru menjelaskan/ menerangkanmedia dengan bercakap- cakap, guru mengajak anak untuk berjalan lurus sambilmembawa gelas diatas nampan, guru menjelaskan materi kegiatan yang akandiberikan kepada anak dengan media pembelajaran yang sudah di siapkan, gurumemberikan tugas kegiatan kepada anak.b.
 
Kegiatan Inti (± 60 Menit)Anak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dan salah satu kegiatannya yangberhubungan dengan judul penelitian yang akan dilaksanakan yaitu menggambarTopi Koki, menghubungkan kata dengan gambar, menghitung topi. Dan gurumengadakan pengamatan pada anak yang sedang mengerjakan kegiatan yang diteliti, Guru mengisi instrumen berupa lembar observasi yang di lakukan selamaproses pembelajaran berlangsung. Adapun yang diamati dalam kegiatanmeningkatkan Kreatifitas menggambar bebas ini adalah : Goresan anak dalammenggambar, Orsinalitas/ keaslian anak dalam menggambar/ tidak meniru kepadatemannya atau gambar lainnya, Ide, dan kreatifitas dalam menggambarc.
 
Kegiatan Penutup ( ± 30 Menit )
 
Anak diajak bernyanyi, Guru menutup kegiatan dengan memberikan kesimpulan danmengevaluasi kegiatan dalam satu hari. Dan tidak lupa pemberian
reward/ 
penghargaan atas keberhasilan siswa dalam menyelesaikan tugas.Setelah pelaksanaan KBM selesai guru/ peneliti merefleksi diri dalam kegiatanpada hari itu, dengan mengisi lembar intrumen yang sudah disediakan. Dan apakahkegiatan KBM pada hari itu sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan, kelemahan-kelemahan yang muncul agar guru dapat memperbaiki untuk kegiatan selanjutnya, laluguru membuat rancangan skenario perbaikan untuk kegiatan di hari berikutnya supayakegiatan yang belum tercapai bisa di perbaiki.
Hari/ Tanggal : Selasa, 21 Pebruari 2012Tema/ Sub. Tema : Pekerjaan/ Koki
Pada tahap ini peneliti melaksanakan pembelajaran menggunakan Alat peragaVisual dengan menggunakan strategi menggambar Koki dengan pensil.Pembelajaran dilakukan selama 150 Menit, dengan tindakan berupa:a.
 
Pembukaan ( ± 30 Menit )Sebelum masuk kelas anak diajak baris; ikrar, setelah selesai anak diajak masuk kekelas dan guru mengkondisikan anak duduk di karpet.
Do’a, Salam, Absen
, BerbagiCerita, guru mengkondisikan anak dengan membuat lingkaran, guru meminta anak satu persatu untuk melambungkan kantong biji ke guru, guru menjelaskan kegiatanyang akan dilakukan, Guru mengajak anak melihat media gambar dan benda aslinyayang akan dibahas sesuai dengan rancangan yang telah disusun, Gurumemperlihatkan media gambar Koki serta guru sejawat memakai baju koki sepertiaslinya sesuai dengan yang akan dibahas pada hari itu, Guru mengajak anak untuk mengamati gambar koki serta mengamati guru yang telah memakai baju koki, Gurumenjelaskan/ menerangkan media yang sesuai pembahasan hari itu yaitu tentangKoki dengan bercakap- cakap, Guru menjelaskan materi kegiatan yang akandiberikan kepada anak.dengan media pembelajaran yang sudah di siapkan, Gurumemberikan tugas kegiatan kepada anak.b.
 
Kegiatan Inti (± 60 Menit)Anak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dan salah satu kegiatannya yangberhubungan dengan judul penelitian yang akan dilaksanakan yaitu menggambarKoki, menjumlahkan gambar koki dan menulis angkanya, mengelompokkan katakoki. Dan guru/ peneliti di temani dengan teman sejawat mengadakan pengamatan
 
pada anak khususnya yang sedang mengerjakan kegiatan yang di teliti, Gurumengisi instrumen berupa lembar observasi yang di lakukan selama prosespembelajaran berlangsung. Adapun yang diamati dalam kegiatan meningkatkanKreatifitas menggambar bebas ini adalah : Goresan anak dalam menggambar,Orsinalitas/ keaslian anak dalam menggambar/ tidak meniru kepada temannya ataugambar lainnya, Ide, dan kreatifitas dalam menggambarc.
 
Kegiatan Penutup ( ± 30 Menit )Anak diajak 
mengucap ulang syair lagu “Koki”,
Guru menutup kegiatan denganmemberikan kesimpulan dan mengevaluasi kegiatan dalam satu hari. Dan tidak lupapemberian
reward/ 
penghargaan atas keberhasilan siswa dalam menyelesaikantugas.Setelah pelaksanaan KBM selesai guru/ peneliti merefleksi diri dalam kegiatanpada hari itu, dengan mengisi lembar intrumen yang sudah disediakan. Dan apakahkegiatan KBM pada hari itu sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan, kelemahan-kelemahan yang muncul agar guru dapat memperbaiki untuk kegiatan selanjutnya, laluguru membuat rancangan skenario perbaikan untuk kegiatan di hari berikutnya supayakegiatan yang belum tercapai bisa di perbaiki.
Hari/ Tanggal : Rabu, 22 Pebruari 2012Tema/ Sub. Tema : Pekerjaan/ Alat- alat Koki
Pada tahap ini peneliti melaksanakan pembelajaran menggunakan Alat peragaVisual dengan menggunakan strategi menggambar Alat- alat Koki dengan pensil.Pembelajaran dilakukan selama 150 Menit, dengan tindakan berupa:a.
 
Pembukaan ( ± 30 Menit )Sebelum masuk kelas anak diajak baris; ikrar, setelah selesai anak diajak masuk kekelas dan guru mengkondisikan anak duduk di karpet.
Do’a, Salam, Absen
, BerbagiCerita, guru mengkondisikan anak dengan berbaris kebelakang, guru meminta anak berjalan dengan berjinjit sambil membawa piring, guru mengkondisikan anak duduk di karpet, guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan, Guru mengajak anak melihat media gambar alat- alat memasak koki dan alat untuk memasak/ bendaaslinya yang akan dibahas sesuai dengan rancangan yang telah disusun, Gurumemperlihatkan media gambar alat- alat memasak Koki serta alat untuk memasak/ benda aslinya yang akan dibahas pada hari itu, Guru mengajak anak untuk mengamati gambar alat- alat memasak Koki serta alat untuk memasak/ benda

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Adi Subagio liked this
Kiki Kusuma liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->